Cara Menambah Tinggi Badan dalam Waktu Singkat

Pada dasarnya, tinggi badan ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan. Tapi, tinggi badan juga dipengaruhi oleh lingkungan, lho. Lingkungan yang dimaksud adalah bagaimana pola hidup kamu, kebiasaan, dan cara yang bisa diterapkan untuk membuat tubuh menjadi lebih tinggi. Faktor genetik dan faktor lingkungan tentu berkesinambungan, dan kamu harus memaksimalkan usahamu apabila ingin menambah tinggi badan kamu.

Tak ada kata untuk terlambat. Dalam pertumbuhan, bertambahnya tinggi badan memang dibatasi oleh usia tertentu. Tapi, nggak ada salahnya jugakan kalau kamu selalu berusaha untuk latihan guna menambah tinggi badan. Jadi, sebelum masa pertumbuhan habis, yuk giat beraktivitas yang bisa menambah tinggi badanmu agar ideal!

Pada ulasan kali ini, Nilni.com akan share ke kamu semua mengenai cara untuk menambah tinggi badan. Ups, tapi diperlu ingat, bahwa nggak ada keberhasilan yang instan. Untuk mencapai target tinggi badan yang diharapkan, tentu harus ada usaha yaitu melatih dan menjaga tubuh secara rutin dan teratur.


Berikut cara menambah tinggi badan yang sudah dirangkum oleh Nilni.com. Selamat menyimak!

Pastikan Dulu Berapa Tinggi Badanmu

Kamu tentu harus punya acuan, apakah tinggi dan berat badanmu sudah ideal atau belum memasuki kategori ideal. Nah, tentu kamu harus menghitungnya terlebih dahulu. Caranya, hitung tinggi badan saat ini menggunakan alat pengukur, baik dalam bilangan inci ataupun sentimeter (cm).

Setelah menemukan berapa tinggi badanmu, tambahkan dengan tinggi badan ibumu. Hasilnya, tambahkan lagi dengan tinggi badan ayah. Hasil dari penjumlahan tersebut, kamu harus menghitungnya lagi.

Apabila kamu adalah anak laki-laki, tambahkan 5 inci atau 13 cm. Dan apabila anak perempuan, kurangi 5 inci atau 13 cm. Hasilnya, dibagi dua. Hasil dari penghitungan tersebut adalah prediksi berapa seharusnya tinggi badan kamu.

Penghitungan ini tidak bersifat mutlak, tetapi paling tidak  hasil penghitungan ini dapat menjadi acuan untuk menentukan target tinggi badan apakah sudah mencukupi atau belum.


Hindari Faktor-faktor yang Menghambat Pertumbuhan

Bila meninggikan badan terdapat beberapa faktor yang melatarbelakanginya, maka dalam pertumbuhan juga terdapat faktor yang dapat menghambat dirimu. Faktor tersebut biasanya berasal dari gaya hidup, aktivitas maupun kebiasaan.

Meminum alkohol dan mengkonsumsi obat-obatan adalah salah satu bentuk faktor yang menghambat pertumbuhan. Contoh lain yang lebih sederhana, kurang minum susu dan kurang asupan gizi bagi tubuh kamu juga dapat menghambat pertumbuhan diri, lho.
Susu atau keju telah terbukti mengandung kalsium yang tinggi. Pilih susu yang mengandung kaslsium tinggi.

Kurangi Kafein


Mitos mengatakan, kafein berbahaya bagi pertumbuhan karena dapat menghambat terjadinya pertumbuhan seseorang. Tapi berdasarkan studi ilmiah, kafein tidak memiliki pengaruh untuk kelangsungan pertumbuhan. Hanya saja, kafein memiliki fungsi penuh yaitu menjaga kamu dari rasa kantuk dan lelah.

Nah, terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga tidak baik karena akan mengurangi jam tidur. Berkurangnya jam tidur lah yang sebetulnya menghambat pertumbuhan dari diri sendiri.


Tidurlah yang Cukup

Sesibuk apapun manusia, tentu membutuhkan waktu untuk beristirahat. Kebutuhan untuk tidur adalah yang utama dalam mengistirahatkan badan. Nah, ternyata, mencukupi kebutuhan tidur kamu juga bisa mempengaruhi tinggi badan, lho. Ketika badan kamu istirahatkan agar tidak lelah, tubuh juga mengalami pertumbuhan.
Eits, tapi bukan berarti, semakin sering tidur, maka semakin bertambah tinggi, ya. Yang dimaksud meninggikan badan dengan tidur yang cukup ialah, kamu bisa menjaga kondisi badan agar selalu fit.
Ketika badan dalam kondisi bugar dan segar, pertumbuhan pada diri kamu pun lebih mudah berproses. Oh ya, saat tidur, hormon pertumbuhan manusia (HGH) itu diproduksi secara alami dalam tubuh kita, lho. Semakin nyenyak tidur, semakin banyak pula hormon HGH yang diproduksi dalam tubuh. Hormon HGH ini diproduksi di kelenjar hipofisis.

Penelitian menyebutkan bahwa pertumbuhan remaja dan praremaja membutuhkan waktu tidur antara 8,5 dan 11 jam tidur setiap malam. Ketika tidur, proses pertumbuhan terjadi dan jaringan-jaringan di tubuh mengalami regenerasi. Jadi, buatlah kondisi tidur senyaman mungkin. Tidurlah yang cukup dan nikmati istirahatmu.


Kurangi rokok

Pada dasarnya merokok tidak hanya menghambat pertumbuhan kamu, tetapi juga memang berbahaya bagi kesehatan, khususnya paru-paru. Memang, korelasi antara tinggi badan seseorang dengan kebiasaan merokok tidak begitu diperhatikan.

Tapi paling tidak, kamu bisa menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh dengan tidak merokok. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa badan yang bugar dan sehat akan memperlancar proses pertumbuhan. Termasuk diantaranya tinggi badan. Catet nih!

Eh tapi, ada sebuah penelitian dari Columbia University, kalau anak-anak yang merokok atau terkena perokok pasif lebih pendek dibandingkan anak-anak yang tidak merokok atau non-perokok pasif. Ada zat yang terdapat di dalam rokok, yang menghambat pertumbuhan kamu adalah zat anabolic steroid.

Ya, zat ini lah yang akan menghambat pertumbuhan tulang khususnya pada usia anak-anak dan remaja. Selain menghambat pertumbuhan tulang, zat ini juga berbahaya bagi organ tubuh lainnya, lho. Penurunan jumlah dan kualitas sperma, mengurangi kesehatan payudara, meningkatkan tekanan darah, hingga membuatmu berpotensi serangan jantung, adalah beberapa contohnya.


Atur Pola Makan dengan baik dan benar

Untuk tumbuh menjadi tinggi, kamu harus mengatur pola makan juga, lho. Yup, kamu harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi. Perhatikan dengan jelas tentang vitamin, mineral dan gizi-gizi lainnya yang akan diserap ke tubuhmu.
Kalsium serta mineral adalah zat yang terpenting untuk membantu pertumbuhan badan kamu menjadi lebih tinggi.
Bersama poin ini, Nilni.com akan memberikan sedikit saran untuk kamu yang ingin bertambah tinggi mengenai pengaturan pola makan. Ssst, Nilni.com akan bocorkan rahasianya!

Sarapan Dengan Tepat

Ketika sarapan, makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan kalori. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung dua zat tersebut, tubuh kamu akan mendapatkan banyak energi dan berada dalam posisi stabil untuk pertumbuhan.


Konsumsi Kalsium

Konsumsi banyak makanan atau minuman yang mengandung banyak kalsium. Susu dan sayur-sayuran hijau adalah beberapa contohnya. Kalsium berguna untuk meningkatkan pertumbuhan tulang, serta membantu mencegah osteoporosis.


Vitamin D

Perbanyak makanan yang mengandung vitamin D. Beberapa contoh makanan yang mengandung banyak vitamin D antara lain ikan, jamur, ataupun cukup kamu lakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Vitamin D ini sangat penting dalam masa pertumbuhan, khususnya dalam usia anak-anak. Apabila kebutuhan vitamin D tidak tercukupi, biasanya pertumbuhan menjadi tinggi akan terhambat, dan berat badan akan lebih mudah bertambah khususnya bagi perempuan.


Konsumsi Ikan 

Banyak mengkonsumsi ikan, karena ikan banyak mengandung protein serta vitamin D. Jika kamu tidak suka ikan, gantilah dengan suplemen minyak ikan murni, baik yang berbentuk tablet ataupun sirup yang sudah diberi perisa rasa manis. Mudah, bukan?


Konsumsi banyak protein

Makanan berprotein yang bisa kamu nikmati berasal dari daging, telur, tahu, tempe ataupun kacang- kacangan. Baik protein hewani ataupun nabati, zat protein mampu memberikan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan kamu. Setidaknya, setiap makan, kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, ya.


Jangan Lupa Zinc atau Zat Besi


Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc atau zat besi. Kamu bisa mendapatkannya melalui makanan seperti cokelat, telur, kacang polong, asparagus, dan suplemen penambah zat besi dalam tubuh. Kurangnya zinc pada tubuh kamu, juga bisa menyebabkan pertumbuhan kamu terhambat.


Makanlah Dengan Jadwal yang Teratur

Rasanya percuma, apabila sudah menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi, namun kamu tetap memakai aturan makan yang berantakan. Idealnya, dalam sehari makan tiga kali. Sarapan, makan siang, dan makan malam harus kamu penuhi setiap harinya, dengan jam yang ideal pula.

Untuk itu, ada baiknya menjadwal jam makanmu secara rutin dan rinci, agar tidak terhindar dari agenda telat makan. Selain menghambat pertumbuhan, makan telat ataupun tidak teratur juga bisa menyebabkan penyakit-penyakit lain muncul pada tubuh, lho. Maag atau asam lambung adalah salah satunya.


Jagalah Kekebalan Tubuh Kamu

Seperti yang diketahui, bahwa tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh, yang membuat kita tetap tumbuh dan berkembang dengan baik serta jauh dari penyakit. Nah, sistem kekebalan tubuh inilah yang harus dijaga. Apabila sistem kekebalan tubuh kamu terganggu, tentu proses pertumbuhan ikut terganggu.

Sistem kekebalan tubuh ini harus dijaga sejak sedini mungkin. Sejak anak-anak, mungkin kita sudah diarahkan untuk menjaga kekebalan tubuh, antara lain dengan melakukan imunisasi rutin. Ketika tumbuh dewasa, menjaga sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin khususnya vitamin C ataupun makanan-makanan yang mengandung vitamin C.

Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk, lemon, tomat dan anggur. Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu langkah yang tepat dalam menjaga kekebalan tubuh. Cara menjaga sistem kekebalan tubuh yang lain, bisa dilakukan dengan memakan makanan yang segar dan sehat.
Menghindari junk food serta makanan olahan dan berlemak tinggi, juga merupakan salah satu langkahnya. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan alami seperti sayur dan buah, jika kamu ingin sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Latihlah Tubuh Kamu, Seringlah Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu kebutuhan utama untuk menjaga kebugaran sehingga pertumbuhan dalam tubuh kamu menjadi lancar. Termasuk tumbuh menjadi tinggi! Tapi berolahraga tidak akan berpengaruh bagi pertumbuhan ketika usia kamu sudah melewati batas usia pertumbuhan.
Namun apabila memang menyukai aktivitas berolahraga seperti berenang, bersepeda, berlari, yoga dan lain sebagainya, tidak ada salahnya!
Teruslah jaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Lengkapi latihan-latihanmu itu dengan pola makan yang tepat dan waktu tidur yang cukup. Meskipun tidak bertambah tinggi, paling tidak postur tubuh kamu dapat terjaga menjadi selalu indah, sekalipun usia terus bertambah.


Tumbuhkan Kepercayaan Diri Kamu

Yes, ini adalah langkah terakhir namun yang paling utama. Tumbuhkan kepercayaan diri dalam dirimu, dan pastikan kamu mensyukuri semua yang telah Tuhan berikan. Memiliki tubuh yang tinggi mungkin sangat bagus, namun bagi yang tidak memilikinya bukan berarti harus minder, kan?

Gali terus potensi yang ada dalam diri, sehingga kamu dapat menemukan kelebihan yang ada dalam diri kamu. Kelebihan itu nantinya bisa menutupi kekurangan yang ada di dalam diri.


Jika Tinggi Badan Kamu Memang Bermasalah, Segeralah Konsultasi ke Dokter

Apabila kamu memiliki masalah dalam pertumbuhan dan tinggi badan, jangan ragu pula untuk mengunjungi dokter ataupun tenaga medis professional lainnya. Dokter akan lebih detail dalam meninjau proses perkembangan kamu, seperti dari segi hormon, gaya hidup, pola makan, ataupun genetik.

Konsultasikan masalah pertumbuhan atau perkembangan tubuhmu, dan pastikan kamu melakukan apa yang disarankan oleh dokter. Biasanya, dokter juga akan memberikan suplemen ataupun obat untuk memperlancar pertumbuhan dan tinggi badan.


Terapkan Pola Hidup Sehat


Pola hidup sehat pasti erat kaitannya dengan proses pertumbuhan dalam diri kamu. Semakin sehat dan bugar tubuh, semakin lancar pula proses pertumbuhan dalam dirimu. Untuk menerapkan pola hidup sehat, langkahnya sederhana. Lakukan olahraga rutin setiap pagi, terapkan pola makan yang teratur, konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, serta atur gaya hidup dan pola istirahat yang cukup. Mudah, bukan?

Kurangi hal-hal yang merugikan kesehatan kamu, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi junk food atau makanan instant siap saji dalam waktu yang sering, hingga terlalu lelah dan jarang istirahat. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah, lebih mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh berkurang.
Jika hal itu terjadi, proses pertumbuhan akan terhambat. Dan impianmu untuk terus menambah tinggi badan, akan terkikis sedikit demi sedikit.

Banyak Mengkonsumsi Susu

Bila pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk menambah tinggi badan kamu harus mengkonsumsi banyak kalsium, pada poin kali ini Nilni.com akan menjelaskan lebih spesifik mengenai tingkat konsumsi susu. Ya, susu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang. Hal ini dikarenakan susu mengandung banyak kalsium.
Kalsium sangat penting terhadap regenerasi dan pertumbuhan tulang untuk menjadi lebih kuat, lebih besar dan lebih memanjang. Rutinlah mengkonsumsi atau meminum susu setiap hari.
Tidak ada batasan tertentu dalam mengkonsumsi susu, peraturan dosis misalnya. Jadi, selagi memang kamu menyukainya, konsumsilah sesukamu. Apapun rasanya, pastikan bahwa susu yang diminum benar-benar susu yang berpengaruh banyak bagi pertumbuhan dan baik untuk kondisi dirimu.

Demikian tips ataupun cara-cara dari Nilni.com untuk kamu dalam menambah tinggi badan. Tentunya, semua harus dilakukan dengan sabar dalam menunggu waktunya, serta harus dilakukan dengan usaha yang maksimal. Mau mempraktekkannya? Harus dong! Selamat mencoba!

Oleh: Intantya Putri

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni