Cara mendapatkan Lelaki yang Cocok untuk Kamu

Dongeng mengajarkan gadis-gadis kecil bahwa mereka harus mencium beberapa katak sebelum akhirnya bertemu pangeran mereka. Berhentilah mencium katak dan tentukan sendiri takdirmu dengan tips-tips berikut untuk menemukan lelaki yang tepat untukmu.

Tentukan Apa yang Kamu Inginkan


Ketahui terlebih dahulu tentang dirimu sendiri

Tidak mungkin menentukan lelaki macam apa yang tepat untukmu hingga kamu mengambil langkah mundur dan memutuskan apa yang penting untukmu.
  • Buatlah daftar untuk memisahkan apa aspek paling penting dalam hidupmu dan kepribadianmu. Daftar ini termasuk hobimu, orang-orang, target, dan idealisme.
  • Tentukan target-target masa depanmu. Jika kamu ingin menikah dalam 5 tahun ke depan, hal ini penting bahwa lelaki yang kamu kencani memiliki target yang sama denganmu.

Identifikasi perlakuan apa yang paling penting yang kamu inginkan dari pasanganmu

Hal ini bisa bermacam-macam, misalnya keinginan emosional, profesional, dan bahkan fisik, namun pastikan kamu tidak terlalu terobsesi dengan penampilan pasanganmu.

  • Tentukan karakter utama pasangan yang penting dan kamu inginkan, misalnya kamu ingin pasangan yang baik, lucu, energik, easy-going, atau optimis.
  • Pertimbangkan tentang pekerjaan. Tanyakan kepada dirimu sendiri tentang pekerjaan suami masa depanmu, pekerjaan profesional seperti apakah yang kamu inginkan yang dilakukan suami masa depanmu, apakah ia tipe pekerja kantoran yang nyaman duduk di belakang meja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, atau dia seorang pengusaha yang berisiko keliling dunia sepanjang tahun?
  • Pikirkan juga tentang keyakinan yang kamu inginkan dengan pasanganmu. Sebagai contoh, mungkin sangat penting bahwa kamu dan pasanganmu berbagi pandangan agama atau politik yang sama, dan hal ini dapat mempengaruhi di mana kamu bisa mencari calon pasangan masa depan.
  • Bayangkan penampilan lelaki seperti apa yang diinginkan, tapi harus realistis. Sangat penting untuk secara fisik tertarik pada seorang lelaki, tapi jangan terjebak dalam mencari kesempurnaan, karena sangat mudah untuk menemukan kesalahan atau kecacatan fisik pada orang jika kamu mencari-cari kesalahan itu, sehingga yang pertama fokuslah pada kepribadiannya.

Belajar dari hubungan masa lalumu

Pikirkanlah tentang masalah-masalah yang muncul dalam hubungan masa lalu yang mungkin menyebabkan hubunganmu rusak dan jangan biarkan sejarah terulang.

Tanya pada diri sendiri

Tanyakan pada dirimu perilaku seperti apa yang dimiliki mantan pacarmu yang membuatmu jengkel semasa pacaran dulu, bahkan mungkin perilaku yang membuat kalian akhirnya harus mengakhiri hubungan kalian. Perilaku ini bisa jadi perilaku sederhana atau kebiasaan yang memiliki efek negatif pada hubungan kalian.
Hindari kencan dengan lelaki yang kepribadiannya terlihat negatif, kencan dengan preman pasar, misalnya.
Saat pacaran hal apa yang tidak diinginkan

Lalu pikirkan hal seperti apa yang tidak kamu inginkan jika kalian pacaran. Terkadang akan muncul hal-hal baru yang ingin kita lakukan dengan pasangan yang berbeda dari hubungan masa lalu. Hal positif tentu saja.

Pikirkan tentang perilaku-perilaku negatif yang mungkin telah kamu timbulkan dalam situasi tertentu di masa lalu dan buatlah komitmen untuk lebih mengontol diri sendiri dengan anggun dan hormat dalam hubungan berikutnya.


Tahu di mana Tempat untuk Mencari Lelaki yang Kamu Inginkan

Buka matamu untuk melihat sekitarmu

Menggambar lelaki idealmu jauh lebih mudah daripada menemukan dia, tapi mencari di tempat yang tepat akan menempatkanmu di jalur yang benar. Bisa jadi kamu akan menemukannya di tempat kamu biasa hang out. Misalnya, jika kamu suka pergi ke toko buku, bisa jadi kalian dipertemukan di sana.
  • Lihatlah kembali daftarmu yang dibuat sebelumnya untuk mengidentifikasi hobi seperti apa yang kamu inginkan dari lelaki pujaanmu untuk dibagi. Misalnya, kamu orang atletik dan ingin pacarmu melewatkan waktu untuk berjalan 10 mil denganmu setiap akhir pekan, menghabiskan waktu ekstra di gym atau bahkan karaoke bersama.
  • Jika itu berbagi keyakinan merupakan hal yang paling penting bagimu, kamu bisa juga mencari pasangan yang potensial dalam komunitas tertentu seperti kelompok spiritual atau agama atau pertemuan-pertemuan politik.

Pertimbangkan untuk melakukan kencan buta


Hal ini mungkin terdengar konyol bahkan tampaknya menakutkan untuk sebagian besar orang, tapi kadang-kadang teman-temanmu benar-benar tahu apa yang terbaik untukmu.

Bicara ke temanmu dan beritahu mereka tentang lelaki seperti apa yang kamu cari. Kemungkinan mereka tahu seseorang yang cocok dengan gambaranmu.

Jika memang tidak cocok dengan pilihan temanmu, jangan merasa harus menjawab “ya” pada seseorang yang benar-benar tidak tertarik untuk kencan denganmu, walaupun kamu sudah meminta bantuan dan merepotkan temanmu untuk mencarikan lelaki idamanmu.


Kencan online

Cek situs kencan online dan layanan perjodohan. Ini bisa dikatakan lebih konyol daripada kencan buta, atau bisa jadi lebih menakutkan bagi orang-orang yang dibesarkan tanpa melibatkan internet dalam setiap aspek kehidupan mereka. Dumay alias dunia maya telah menjadi tempat umum untuk menemukan calon pasangan. Apa yang perlu kamu lakukan?
  • Mengatur profil di website kencan seperti match.com atau eHarmony.com dan melihat apakah kamu menemukan lelaki-lelaki dengan minat yang sama.
  • Bisa juga menyewa mak comblang. Kalau kamu benar-benar mengalami kesulitan menemukan Mr Right dan memiliki dana, kamu bisa menyewa seorang profesional/spesialis masalah cinta untuk menemukan lelaki potensial. Gila banget, kan?

Main Mata

Pasang wajah menggoda. Lirikan cepat dan tersenyum pada orang yang membuatmu tertarik. Biasanya, hal ini disebut dengan flirting. 


Memulai percakapan dengan dia

Jangan takut untuk memulai percakapan jika ia tidak mulai bicara denganmu duluan.
Dalam kata-kata bijak dari Nelly Furtado, chivalry is dead, but you're still kinda cute. Jangan biarkan lelaki itu pergi tanpa percakapan. 
Menanyakan satu pertanyaan atau membuat komentar cerdas tentang apa yang dia lakukan untuk memecahkan keheningan. Misalnya, mengomentari tentang kekalahannya yang telak saat main game dengan temannya.

Bahasa tubuh sama pentingnya dengan setiap kata yang kamu katakan. Tunjukkan padanya bahwa kamu tertarik dengan mempertahankan kontak mata, bersandar sedikit ke depan, bermain dengan rambutmu dan berkedip padanya sambil tersenyum malu-malu. Oke. Ini genit banget.


Terbuka untuk Menerima Tawaran Kencan

Kencan itu sulit. Tapi, itu benar-benar bisa menyenangkan jika kamu mendekati dengan cara yang benar.

  • Jadilah diri sendiri ketika kamu kencan. Meskipun kita sering memiliki kecenderungan untuk menyembunyikan sifat unik kita atau menyembunyikan obsesi seorang kutu buku penggila Star Wars pada kencan pertama, hindari untuk menyamarkan diri dengan mengatakan hal yang berbeda dengan karakter atau kepribadianmu.

    Ketika pertama kali bertemu seseorang, kamu mungkin tergoda untuk jadi seseorang yang bukan dirimu, misalnya berusaha berpenampilan sebaik mungkin. Memang tak salah jika ingin memberikan kesan yang baik, tetapi jika berlebihan mungkin bisa membuat lelaki itu mundur.
  • Jangan terlalu serius dan menganggap hal ini sebagai beban. Jangan merasa tertekan dan biarkan kepribadianmu terlihat. Kalau bercanda dan meringankan suasana hati, kamu akan mendorong pasangan kencanmu untuk bersikap lebih terbuka dan melakukan hal yang sama padamu.
  • Jangan mencoba untuk memaksakan suatu hubungan. Jika kamu belum merasakan percikan setelah beberapa kali kencan, biarkan saja. Katakan langsung kepada kencanmu dengan mengatakan padanya bahwa kamu hanya tidak merasakan getaran romantis dan tunjukkan bahwa kamu dan dia tetap berteman.


Mengetahui Dia yang Sebenarnya

Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman. Dalam rangka untuk benar-benar mengenal seorang lelaki, kamu harus mengenal orang-orang yang menghabiskan waktu dengannya.

Hati-hati untuk tidak bingung antara tindakan teman-temannya dengan tindakannya. Sangat penting untuk melihat bagaimana lelaki bertindak di sekitar teman-temannya, tetapi menyamakan perilakunya dengan perilaku teman-temannya.
Berusaha untuk mengenal keluarganya dan melihat dari mana ia berasal

Bawa dia untuk melakukan kegiatan yang ingin kamu lakukan, dan pastikan kamu dapat mentolerir hal-hal yang hanya suka dia lakukan.

  • Jika kamu akan bersama dengan lelaki dengan jangka panjang, pastikan bahwa ia dapat mentolerir kegiatanmu ketika melakukan hal-hal yang menarik bagimu, sekalipun jika itu berarti dia harus duduk dan nonton sinetron maupun ftv di televisi.
  • Pastikan kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang menarik baginya namun mungkin tidak menarik bagi kamu. Kompromi diperlukan untuk hubungan yang sehat, dan kadang-kadang kamu cuma harus membiarkan pasanganmu memonopoli televisi dengan video game favoritnya selama beberapa jam.


Amati perilakunya ketika situasi stres atau menantang

Pastikan ia mampu berbicara dengan tenang tentang masalah yang timbul dalam hubungan kalian. Argumen kecil pasti terjadi dalam suatu hubungan jangka panjang, dan penting bagi seorang lelaki untuk membicarakan denganmu jika ada sesuatu yang salah agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Perhatikan bagaimana dia mengatasi berita yang membuatnya stres. Hidup ini tidak selamanya seindah pelangi dan secerah mentari, dan situasi yang menimbulkan stres pasti akan muncul. Hal yang paling penting adalah, pasanganmu setidaknya mendukungmu dalam masa-masa sulit dan melakukan pendekatan masalah secara rasional.

Lihat bagaimana pasanganmu bertindak ketika ada masalah-masalah kecil terjadi. Misalnya, jika kamu terjebak dalam macet panjang saat kalian ada janji ketemuan dan akhirnya batal, apakah dia marah selama berhari-hari atau apakah ia mencoba untuk memperbaiki situasi? Kamu harus memastikan pasangan hidupmu dapat menangani situasi malah bukannya marah.


Peringatan!
  • Menjadi terlalu terikat dengan pasangan dapat memungkinkan untuk persahabatan memudar. Berusahalah untuk tetap menjaga persahabatan dengan teman-temanmu dan hang out bersama mereka sesering dulu.
  • Bertemu di ruang publik untuk kencan pertamamu, terutama jika kamu menggunakan layanan kencan online atau memilih untuk pergi kencan buta.
  • Jangan terburu-buru ke dalam hubungan apapun, sekalipun jika kamu merasa seperti kamu telah menemukan orang yang kamu inginkan.
  • Jangan terobsesi dengan daftar sifat-sifat yang diinginkan yang telah kamu buat sebelumnya. Gunakan hanya sebagai panduan, bukan checklist yang benar-benar harus dicapai.

Beberapa Tips Lain

Punya Kehidupan Sendiri


Hubungan yang dipaksakan, dramatis, dan posesif sering merupakan ekspresi dari perasaan yang sangat membutuhkan lelaki di dalam kehidupanmu. Sebaiknya, ikuti target yang telah kamu buat, kembangkan minat dan hobi, miliki kehidupan yang menarik, lakukan hal-hal yang membawamu keluar dari lingkaran rutin, dan jangan bersikap berlebihan.

Pelahan belajarlah membangun jaringan pertemanan, agar teman kencanmu bukan satu-satunya orang yang ada di dalam kehidupanmu.


Santai & Tenang

Sebagian besar lelaki tidak suka wanita yang agresif, posesif, liar, manja, dan lainnya. Belajarlah
lebih santai dan bersenang-senang. Jadi, jaga perilakumu. Bila harus berpacaran dengan wanita yang membuat hidupnya makin sulit, pasti akan membuat lelaki tak berminat.

Jika kamu melakukan segala hal dengan tulus, lelaki akan menghargainya. Ingat, sebagian besar lelaki, terutama yang baik, mencari seseorang yang bisa membuatnya nyaman, bukan yang selalu membuatnya kesal dan ingin marah.


Menyadari Perbedaan Komunikasi

Lelaki sering tak bisa menangkap pesan samar-samar yang dikirimkan wanita melalui bahasa tubuhnya. Jangan menyalahkannya, karena memang begitulah lelaki. Bahasa tubuh yang samar-samar seperti senyuman yang membuat lelaki tak yakin, apakah kamu sungguh-sungguh menyukainya. Mereka tak bisa berasumsi, senyuman berarti kamu tertarik padanya.


Sehat mental dan minat

Penelitian psikologis menunjukkan, seseorang mencari pasangan untuk mengisi kekosongan psikologis. Terkadang kekosongan ini tak sehat, misalnya wanita hanya mencari seorang lelaki hanya untuk menggoda dan merasa dibutuhkan. Lihat dirimu dan tanyakan mengapa sangat menginginkan lelaki, bersikaplah jujur pada diri sendiri.

Wanita yang bermasalah hanya akan menarik lelaki yang juga bermasalah, dan lelaki yang baik dan sejati tak ingin punya pasangan yang memiliki masalah lebih besar darinya. Jika kamu menginginkan hubungan yang sehat dengan lelaki sejati, pastikan keadaan mental dan minat kamu juga sehat.


Jangan Mempermainkan

Tak seorang pun senang dipermainkan. Mempermainkan berarti mengelabui dan akan menyakiti orang yang percaya padamu. Jangan bermain dengan perasaan. Lelaki yang baik akan menghormati, bahkan mengejarmu. Jika kamu tak serius, hanya akan membuat lelaki baik pergi meninggalkanmu.
Jika kamu menyukai seorang lelaki, jangan bersikap seolah tak menyukainya. 
Katakan saja terus terang. Memang ada lelaki yang senang tantangan, tetapi lelaki baik akan menghargai diri dan harapanmu, dan akan pergi jika terus dipaksa. Ingat, lelaki berkomunikasi secara langsung.


Perlakukan dengan Baik

Ini merupakan hal paling penting! Lelaki tak senang berada bersama wanita yang meremehkannya, dan lelaki baik tak akan membutuhkan waktu lama untuk meninggalkan wanita seperti ini. Jadi, jangan takut untuk membantu lelaki menaikkan harga dirinya.
Lelaki sama seperti wanita, sering merasa tidak aman. Jika lelaki berada bersama teman-temannya atau keluarganya, tunjukkan kamu menghargai dan bangga terhadap dirinya. Percayalah, kamu akan memenangkan cinta dan hormatnya.

Pujilah, Tapi Jangan Berlebihan


Lelaki baik tidak nekat dalam mencari wanita. Mereka senang bertemu wanita yang juga baik. Lelaki baik akan menghargai pujian atas daya tarik yang dimilikinya. Bagaimanapun juga, jangan memuji dengan cara berlebihan. Jika ia belum tertarik kepadamu, jangan nekat. Karena semakin kamu nekat, ia akan semakin tak tertarik. Sebaiknya, jadilah diri sendiri.


Hormati diri Kamu

Jika kamu mengatakan tidak, ia harus berhenti. Jika ia tak berhenti, sebaiknya tinggalkan. Jangan ragu-ragu untuk mengatakan ‘tidak’. Jangan bersikap melawan moral kamu untuk mencoba mempertahankannya. Jika kamu merasa perlu meninggalkannya, berarti ia bukan lelaki yang baik atau cocok untuk kamu secara spesifik.

Kamu pun tak boleh ragu-ragu untuk mengatakan ‘ya’. Jika Kamu merasa waktunya tepat, percaya dengan keberuntungan, yakinlah lelaki idamanmu akan muncul.


Ikuti Aturan Emas

Artinya, terapkan aturan yang kamu buat secara pribadi untuk orang lain, termasuk untuk dia dan untuk diri sendiri. Lelaki sejati pasti memerhatikan hal ini, namun mereka tak mengatakannya. Perlakukanlah dirinya dengan hormat dan menghargai.

Siapa tahu, jika tahu kamu menginginkan lelaki yang baik dan sejati, mungkin ada di antara mereka yang memenuhi kriteria lalu memperkenalkan diri ke kamu.


Jangan posesif

Artinya, jangan perlihatkan kepada teman kencanmu bahwa kamu selalu ingin berada di dekatnya. Lelaki memerlukan ruang dan tak ingin kamu mengikuti ke mana pun mereka pergi, karena kamu dan dia juga punya kehidupan masing-masing.

Oleh: Eka Prasetyani

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni