Cara Menemukan Inner Beauty dalam Diri Kamu

Tidak ada seorangpun wanita yang tidak ingin dinilai cantik. Pada dasarnya, kecantikan biasanya dinilai dari fisik. Memiliki tubuh yang tinggi semampai, kulit yang halus, tubuh yang ramping dan langsing, rambut yang panjang, serta mata yang indah. Namun, bukankah penilaian fisik tersebut ternilai relatif bagi setiap orang? Jadi, apa sih yang menjadi tolak ukur kecantikan seorang wanita itu?

Sebagian orang mengatakan, bahwa inner beauty atau kecantikan yang berasal dari dalam diri adalah tolak ukurnya. Adapun indikator inner beauty bisa dikatakan muncul dari perilaku, sikap, attitude, kecerdasan, pola pikir, dan lain sebagainya yang berasal dari dalam diri seorang perempuan.

Tapi, adakah tips atau cara-cara khusus untuk memancarkan inner beauty dari dalam diri kamu? Sehingga, yang terlihat tidak hanya sebatas fisik saja, tapi juga didukung dengan inner beauty yang aura positifnya bisa dirasakan oleh siapapun yang mengenal kamu. Mau tau rahasianya? Pada ulasan kali ini, Nilni akan sedikit membocorkan kepada kamu semua.

Tersenyum


Memancarkan inner beauty pada dasarnya bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Tersenyum adalah salah satunya. Memancarkan senyuman kepada siapapun di sekelilingmu, akan menambah aura positif yang terbentuk dari dirimu. Orang-orang di sekelilingpun akan menilai bahwa kamu adalah pribadi yang ramah, murah senyum dan easy going. 

Dengan tersenyum, orang lain akan memiliki kesan yang positif dan memiliki keinginan untuk mengenalmu. Bahkan, menurut penelitian dari University of Illinois, senyuman dapat membawa kamu menuju kehidupan yang lebih panjang. Sederhana tapi berharganya luar biasa, ya?

Lagipula, senyum itu gratis, kok. Dan tidak ada orang yang tersenyum justru jadi bertambah jelek. Senyuman akan meningkatkan kecantikkan dalam diri dan memberi kesan tersendiri untuk orang- orang yang kamu ajak senyum.
Eits, tapi senyumnya menandakan senyuman ramah, ya. Jangan senyum-senyum sendiri juga, nanti dikira… ya udahlah ya.

Tunjukkan Sikap Kepemimpinanmu

Emansipasi wanita! Ya, entah menjadi pemimpin atau tidak, seorang wanita juga harus memiliki rasa tanggung jawab dan memimpin. Paling tidak, bisa memimpin dirinya sendiri. Bersikap tegas namun tenang, lemah lembut namun bisa diandalkan. Dengan adanya sikap kepemimpinan, kamu juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri.
Jika menemukan orang yang menilai buruk dan mencoba menjatuhkanmu, tak perlu takut! Karena kamu adalah kamu, dan usahakan bijak untuk menyikapi itu.

Tampil Natural dan Alami

Less is more! Tidak semua yang berlebihan itu sedap dipandang mata. Ya, wanita memang diciptakan untuk erat dengan segala pernak-pernik yang bisa menghiasi tubuhnya. Alat make up, aksesoris yang bisa dipakai dengan berbagai jenis dan bentuk, ragam model baju dengan segala situasi dan kondisi yang tepat, dan lain sebagainya.

Tapi, untuk tampil cantik, kamu tidak perlu memaksimalkan semuanya. Jadilah diri sendiri yang apa adanya. Pastikan bahwa kamu bisa mengkombinasikannya dengan baik dan tepat, sesuai dengan tempat dan waktu dimana kamu akan datang. Jadikan segala sesuatu itu tidak menjadikan kamu terlihat tidak natural dan justru malah berlebihan.

Jika memang benar-benar dituntut harus menggunakan make up, gunakanlah sedikit maskara dan polesan bedak yang tipis. Pancarkan kecantikan kulitmu yang alami. Kamupun tidak perlu usaha mati-matian untuk memalsukan bagian tubuh seperti bulu mata, bedak yang terlalu tebal, lensa mata dengan warna yang mencolok, dan lain sebagainya.
Karena Tuhan telah menciptakanmu dengan sempurna dan dengan bentuk yang indah! Jadi, pancarkan kecantikan kamu secara alami, ya!

Be Yourself


Bagi beberapa orang, menjadi diri sendiri sangat sulit dilakukan. Namun kuncinya, cara untuk menjadi diri sendiri adalah dengan mencintai diri sendiri. Pastikan kamu mensyukuri dan menyukai apa yang kamu peroleh hingga saat ini.

Cintai apa yang didapatkan, dan dapatkan apa yang kamu cintai. Sadarlah bahwa dirimu memiliki sejuta kebahagiaan yang bisa menjadikan diri merasa beruntung. Hingga akhirnya, perasaan bangga terhadap apa adanya dirimu dan kamu bisa menjadi diri kamu sendiri dalam kesempatan apapun di depan siapapun.


Tetapkan Apa yang Menjadi Gaya Kamu

Perempuan atau wanita, erat kaitannya dengan trend mode yang berkembang pada masa kini. Tapi, bukan berarti untuk menjadi cantik, kamu harus mengikuti trend mode yang berkembang saat ini dengan merk-merk mahal.
Ingat, cantik tidak harus mahal. 
Apabila membeli barang mewah nan berkelas itu melampaui kapasitas, ada baiknya jangan memaksakannya. Tentukan apa yang menjadi ciri khas kamu dalam berpakaian dan mengenakan sesuatu, tanpa harus dibuat rumit akan harga selangit.

 Pastikan tetap memperbanyak referensimu mengenai mode yang berkembang saat ini. Pilih yang sesuai dengan kemampuan, serta sesuai dengan bentuk badan kamu. Karena nggak semua model baju ataupun aksesoris harus dikenakan, kan? Jadi, bijak dalam menentukan gaya berpakaianmu, ya!


Syukuri Diri Kamu, Apapun Keadaannya

Ini erat kaitannya dengan mencintai diri kamu apa adanya. Tapi memang, ketika kita ingin menyebarkan semangat positif ke orang lain, tentu harus membentuk semangat positif untuk diri sendiri terlebih dahulu.
Nah, salah satu cara untuk membentuk semangat positif pada diri kita, adalah dengan mencintai diri sendiri apa adanya. Menerima segala kekurangan yang ada pada diri kita, dan mencoba untuk terus memaksimalkan potensi yang ada untuk menutupi kekurangan yang ada.
Bentuk badanmu tidak ideal? Kulitmu berjerawat? Tinggi badanmu kurang ideal? Ah, itu persoalan biasa. Mungkin hal ini adalah yang cukup sulit bagi beberapa individu, mengingat yang diperhatikan adalah soal fisik. Wanita yang cerdas, tentu tidak akan membiarkan dirinya tidak terawat.

Bagaimanapun wujud dan bentuk tubuhnya, ia pasti akan berusaha untuk membuat tubuhnya menjadi ideal dan menarik untuk dipandang. Tetapi, kita tidak bisa selamanya memandang kecantikan hanya dari fisik saja.  Kecantikan fisik akan lebih indah dipandang apabila diseimbangkan dengan inner beauty.


Tetap Percaya Diri


Percaya diri artinya kamu percaya pada kemampuanmu, kelebihanmu dan apa adanya dirimu. Tidak perlu malu, minder ataupun pesimis dengan apa yang dimiliki. Banyak yang bilang, jika persoalan mengenai percaya diri ini mudah diucapkan, tetapi sulit dilakukan. Tapi, kata sulit hanya akan kamu temui jika tidak berusaha untuk selalu mencobanya.

Latihlah kepercayaan diri kamu dengan terus mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimiliki. Latihlah pula attitude dan bagaimana cara bersikap dengan orang lain. Sikap akan menjadi suatu penilaian tersendiri dari orang lain terhadapmu.
Semakin bagus attitude yang dimiliki, semakin baik pula tanggapan orang lain terhadapmu. Dan tanggapan tersebut yang dapat membuat kamu lebih percaya diri.
Ikutilah berbagai macam kegiatan yang dapat membuat diri menjadi lebih berkembang dan matang. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin besar juga peluang untuk terus memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi. Bila rasa percaya diri sudah didapati, jangan lupa pertahankan hal itu. Bila hilang setitik saja, kamu harus memulai usaha membangun percaya diri dari awal lagi.


Atur Pola Makan Sehat Dalam Hidupmu

Pola hidup sehat menjadi kunci inti dalam menjaga kebugaran tubuh. Bugarnya tubuh juga berpengaruh banyak dalam membangkitkan mood kamu. Semakin bagus mood, semakin berpeluang pula jiwa positif tumbuh dalam diri.
Jika jiwa positif terus terbentuk, maka kamu akan dapat berperilaku baik dan berpikir positif kapanpun dan dimanapun, sehingga inner beauty yang ada di dalam diri lebih terpancar. 
Makanan yang tidak sehat, apalagi dengan waktu yang tidak teratur, akan memperburuk kondisi kamu baik fisik maupun psikis. Pada fisik, kulit akan mendapatkan nutrisi yang buruk sehingga ada kemungkinan untuk rusak, baik berjerawat, berminyak ataupun kasar.

Sementara pada psikis, misalnya, kamu akan lebih mudah lapar, sulit mengontrol emosi, dan lain sebagainya yang menyebabkan inner beauty justru tidak lagi terlihat.


Selalu Berpikir Positif dan Jangan Menyerah!

Apapun yang kamu hadapi dalam hidup, ada baiknya tidak disesalkan dan tidak meneluh. Mengeluh, hanya akan membuat kamu dinilai sebagai pribadi yang payah, tidak cerdas dan tidak bisa berpikiran luas. Pastikan selalu menumbuhkan pikiran yang positif dalam pikiranmu. Pikiran yang positif, tentu akan menghasilkan sesuatu yang positif juga, bukan?
Seburuk apapun peristiwa yang dialami, kamu harus tetap lapang dada menerimanya. Yakinlah bahwa di balik setiap peristiwa itu tersimpan hikmah yang luar biasa manfaatnya untuk hidup kamu ke depan. Jangan pernah menyerah, karena semangat yang tinggi dan didukung dengan pikiran yang open minded juga bisa menunjukkan bahwa kamu adalah perempuan yang berkepribadian istimewa, lho!

Jagalah Kesehatan


Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, juga menjadi salah satu cara untuk memancarkan inner beauty. Seringlah berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Lakukan berbagai macam latihan olahraga yang kamu sukai dan mewakili kepribadianmu.

Bersepeda, lari pagi, yoga ataupun zumba, adalah beberapa contoh olahraga yang cukup digemari oleh wanita. Yakinlah bahwa ketika orang lain melihatmu memiliki usaha untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, orang lain akan menilai bahwa kamu adalah orang yang peduli dan pandai merawat diri.
Usaha dalam menjaga kesehatan tubuh itu akan menjadikan inner beauty lebih terpancar karena kepedulian kamu terhadap diri sendiri.

Tetapkan Target dan Tujuan Untuk Diri Sendiri

Ketika menetapkan target, secara tidak langsung tentu kamu memiliki motivasi tersendiri untuk berusaha meraih target dan impianmu. Usaha-usaha dalam mencapai target dan impian tentu akan dilakukan dengan semaksimal mungkin.
Maksimalnya usahamu itu tentu akan membuat diri menjadi lebih bermanfaat, produktif dan bertanggung jawab. 
Dari usaha tersebut, akan timbul sikap dan pikiran positif yang pada akhirnya akan memancarkan inner beauty. Orang-orang tentu akan menghargai usahamu, dan menilai bahwa kamu adalah perempuan yang tidak hanya cantik dan menarik, melainkan juga perempuan yang tangguh, pekerja keras dan pantang menyerah.


Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Menyendiri adalah salah satu cara untuk menemukan inner beauty yang ada di dalam diri. Menyendiri tidak harus di tempat yang asing dan sepi. Cukup lakukan hal ini di dalam kamar, sambil memandang diri di depan cermin. Pandangi dan renungi dirimu sedalam-dalamnya, carilah apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari diri kamu.

Jangan lupa, limpahkan rasa syukur atas apa adanya dirimu saat ini. Dengan mensyukuri segala yang ada, kamu akan merasa memiliki banyak kelebihan yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Kelebihan itulah yang nantinya bisa menunjukkan kecantikan dari dalam diri kepada orang lain.


Jadilah Orang yang Supel dan Mudah Bergaul


Menjadi orang yang ramah, supel dan mudah bergaul dengan kalangan manapun, merupakan hal yang cukup sulit, lho. Tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk menjadi ramah, cepat akrab dengan teman sebaya, mungkin cukup mudah. Namun lain halnya apabila kamu dituntut untuk menjadi orang yang fleksibel, bisa bergaul dan membaur dengan siapapun yang kamu hadapi, tak peduli apapun latar belakangnya.

Apabila kamu adalah wanita yang memiliki kelebihan easy going dan fleksibel dalam bergaul dengan siapapun, kamu adalah wanita yang beruntung! Pertahankan sikap supel dan ramah yang kamu miliki itu, karena itu adalah kelebihanmu yang luar biasa.

Eits, tapi kemampuan menjadi supel dan fleksibel dalam bergaul itu bisa dilatih kok. Jadi, jangan khawatir apalagi minder untuk kamu yang masih sering memiliki kendala dalam bergaul ataupun memulai pembicaraan dengan orang lain, khususnya orang baru.

Nah, sikap supel, ramah dan mudah bergaul ini pastinya akan menunjukkan kecantikkan dari dalam diri, dong. Kamu akan dinilai sebagai pribadi yang humble, rendah hati dan mau berteman dengan siapa saja.


Jadilah Pribadi yang Sederhana

Perempuan dengan kepribadian yang sederhana, tidak terlalu neko-neko dan tidak berlebihan dalam segala hal, biasanya lebih disukai oleh banyak pria, lho. Ya, dengan menjadi sederhana, kamu akan menjadikan diri tampil apa adanya, tidak palsu, dan terlihat humble.

Kesederhanaan itulah yang akan menjadikan diri kamu terlihat lebih cantik tidak hanya dari fisik, tetapi juga dari psikis ataupun hati kamu.

Nah, itu dia 13 cara yang dirangkum Nilni untuk kalian perempuan yang sudah membaca artikel ini. Semoga setelahnya, inner beauty kamu bisa terus terpancar ke siapapun di sekelilingmu, ya!
Jangan lupa juga, kembangkan terus potensi dan kelebihan yang kamu punya untuk memaksimalkan kecantikanmu dari luar dan dalam.

Jika dua-duanya telah terpancar, maka tidak ada lagi yang perlu diragukan dari diri kamu sebagai seorang perempuan. Terus jaga dan asah attitude untuk selalu bersikap bijaksana dalam menyikapi segala suasana, situasi dan kondisi. Karena attitude adalah kuncinya! Jadi, tunggu apalagi? Tidak perlu bingung untuk menemukan inner beauty dalam diri kamu, kan? Pasti kamu bisa menemukan dan memancarkannya!

Oleh: Intantya Putri

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni