Cara Mengenali Pasangan yang Selingkuh

Dalam kamus mana pun, dalam keadaan bagaimana pun, dan ada masalah apapun, alasan seseorang melakukan perselingkuhan tidak dapat dibenarkan. Selingkuh adalah sikap berhianat kepada komitmen yang telah disepakati oleh pasangan, selingkuh juga merupakan sikap curang yang dapat merugikan diri sendiri, pasangan dan orang lain.

Selingkuh akan menjadi sebuah kebiasaan ketika seseorang menemukan lebih banyak kebahagiaan dari orang lain yang berbeda-beda. Bisa jadi ketika seseorang melakukan perselingkuhan sekali, dia akan merasakan candu untuk melakukan hal yang sama berulang kali.

Ketika pasangan berselingkuh, mungkin kamu dapat dengan mudah memaafkanya, tapi apakah akan segampang itu melupakannya ?. Kamu akan diselimuti rasa tidak percaya kepada pasangan, juga di hantui rasa sakit atas berhianatnya pasanganmu. Sampai kapan rasa tidak percaya dan rasa sakit itu menyerangmu, tidak ada satupun manusia yang tahu jawabannya.

Kamu juga pasti sudah tahu bila, kepercayaan yang sudah terhianati seperti kertas yang diremas yang tidak akan mulus lagi, seperti piring yang dipecahkan sendiri, yang tidak mungkin dapat dipakai lagi, juga seperti paku yang di tancapkan di dinding kemudian di cabut lagi, bekasnya tidak akan hilang sampai kamu merobohkan dinding itu.

Ketika dalam keadaan demikian, apakah kamu sadar pasanganmu memperoleh banyak keuntungan yang sebenarnya didapat dari cara yang salah, lalu saat dia menyadari itu salah, dia hanya bisa meminta maaf dan memperbaiki kesalahannya, dia tidak akan mengalami kehilangan kepercayaan sepertimu, dia juga tidak akan di hantui perasaan sakit yang tiada ujungnya seperti yang kamu rasakan.


Mau tahu tkamu-tkamu pasangan kamu telah berselingkuh ?. simak artikel berikut ini.

Perhatikan Perubahan Rutinitas yang Dilakukan Pasangan Kamu

Ketika seorang melakukan perubahan rutinitas, pasti ada sebuah penambahan atau pengurangan kegiatan, bisa juga karena perubahan waktu kegiatan. Namun ketika semua itu dilakukan dalam batas ketidak wajaran yang berulang, kamu perlu waspada. Karena bisa jadi pasanganmu telah berselingkuh.

Rutinitas yang di tambah adalah aktivitas diluar yang tidak ada hubungannya dengan keterlibatanmu, sedangkan yang di kurang adalah intensitas pertemuan atau interaksi denganmu. Sebelum terjadi, baiknya menanyakannya secara baik kepada pasangan. Desaklah dia untuk jujur, atau lakukan konfirmasi terhadap kebenaran penjelasanya lewat orang lain.
Dalam tahap ini yang perlu dilakukan adalah sabar, jangan gegabah memutuskan atau menuduh pasangan seingkuh. Cukup waspada saja.

Murung dan Lekas Marah

Pasangan kamu yang melakukan perselingkuhan hatinya tidak akan tenang bila dekat denganmu, dia cenderung akan menampakan sikap murung dan sangat sensitif sehingga masalah kecil akan menjadi besar lalu menimbulkan kemarahan yang berlebihan.

Bertanyalah tentag sebab semua itu, bisa jadi pasangan tidak berselingkuh namun memang sedang banyak masalah yang tidak bisa dia selesaikan sendiri. Tawarkan pundak untuk berbagi masalah tersebut, mintalah ia bercerita hal yang sebenarnya. Umumnya seorang yang berselingkuh enggan melakukannya. Dia akan tetap marah dan murung selama beberapa waktu.

Tentu kamu akan peka jika kemurungan itu disebabkan olehmu atau bukan. Jika sepertinya kemurungan di sebabkan oleh kamu dan dia mengatakan tidak, melainkan karena hal lain, saatnya untuk curiga bahwa dia telah memiliki selingkuhan.

Pertengkaran yang timbul dengan cara seperti di buat-buat bisa jadi mengindikasikan untuk pencitraanmu menjadi buruk, dan membuat dia lebih leluasa serta beralasan memutuskan hubungan denganmu.
Namun fase ini kamu belum berhak marah, karena belum terbukti, dan belum ada pengakuan yang pasti bahwa pasangan telah berselingkuh. Sabarlah untuk beberapa waktu kedepan.

Berhenti Bicara Tentang Kamu

Ketika pasangan berselingkuh bisa jadi karena alasan bosan, sudah tidak nyaman, dan atau memang sudah kebiasaan. Semua alasan itu terjadi kepadamu, dan sikap yang akan dia tunjukan adalah mulai berhenti membicarakan apapun tentang dirimu.

Ia akan cenderung menjadi pendiam, atau bagi peselingkuh yang handal, karena merasa belum siap kehilanganmu, dia akan lebih tertarik membicarakan hal lain denganmu.

Karna perbuatan perselingkuhan adalah perbuatan curang, maka dia akan melakukan cara licik apapun untuk dapat menutupi kecurangannya. Mungkin baginya memiliki dua kekasih lebih baik dan lebih menyenangkan, serta lebih menantang, jika tidak ketahuan.


Parfum


Tidak salah jika penyanyi Ayu Ting Ting mencurigai pasangannya yang berselingkuh, karena perbedaan aroma yang mencolok saat bertemu. Ini sama sekali bukan hal wajar yang perlu dimaklumi. Apalagi kalau saat pasanganmu berada didekatmu, kamu mencium aroma pria atau wanita lain dan bukan khas dirinya.
Seorang yang sering berdekatan dengan orang lain akan tertular bau yang sama dengan orang tersebut. masuk akal kan...
Seorang penjual ikan akan punya bau amis, penjual minyak wangi akan memlikiki bau harum, begitu juga dengan peselingkuh akan punya bau yang sama dengan selingkuhannya. Pertanyakan pada pasanganmu jika terjadi hal demikian. Apakah dia sekedar ganti parfum atau memang ada sesuatu yang lain.

Ingat pria cenderung menyukai parfum yang maskulin, dan wanita cenderung menyukai parfum yang berbau soft. Pria yang memakai parfum dengan bau feminm, atau wanita yang baunya maskulin saat berdekatan denganmu, itu sudah tidak wajar. Kecuali pasangan kamu merubah orientasi kesukaanya terhadap pasangan yang sejenis dengannya.


Perhatikan Perubahan Kepribadiannya, Termasuk Musik, Pandangan Politik, Isu-isu Sosial, Buku-buku Favorit, atau Film, dan Lain-lain

Ketika seseorang menghabiskan cukup waktu dengan orang lain, mereka mulai mengadopsi pemikiran mereka, atau setidaknya memahami mereka. Jika pacarmu tertarik pada hal-hal yang mereka benci sebelumnya, mungkin mereka sedang dipengaruhi oleh orang lain yang lebih sering berdekatan dengannya.

Pertanyakan mengapa terjadi perubahan sikap yang demikian. apa dan siapa yang melatar belakangi perubahan tersebut. tanyakan tanpa menyinggung. Kamu mungkin bisa lebih dulu antusias dengan pembicaraan yang dia mulai, sebelum mempertanyakan apa dan siapa yang melatar belakangi perubahan tersebut.


Rahasia

Apakah kekasihmu membolehkan kamu untuk menyentuh, atau melihat telepon, email dan media sosial yang  dia punya?

Jika sang pacar menyembunyikan semua itu darimu, atau menghapus semua pesan saat kamu mencoba melihatnya, artinya pacarmu sedang menyembunyikan suatu hal terhadapmu. Dia melakukan ini agar tidak ketahuan darimu.

Memang memeriksa barang-barang pribadi yang dimiliki pasangan kita saat sebelum menikah adalah suatu kelancangan. Namun apabila kalian memiliki komitmen untuk saling terbuka dengan pasangan kamu sejak awal, maka kamu berhak memepertanyakan komitmen kalian, saat salah satu ada yang melanggar.

Pertanyaan tentang tidak melanggar komitmen, justru dengan bertanya kamu telah mempertahankan komitmen yang kalian miliki.


Perhatikan Jika Mereka Meninggalkan Ruangan untuk Menerima Telepon


Perhatikan jika pasangan sedang menrima panggilan telefon atau pesan singkat saat dia ada di sampingmu. Jika saat kamu bertanya “itu siapa?” dan pasangan menjawab “tidak ada”, itu adalah kebohongan yang mutlak. Tidak mungkin telefon genggam berbunyi saat tidak ada panggilan  atau sms masuk. Kecuali pasangan memasang alarm yang saat itu waktunya berbunyi.

Perhatikan dengan baik keengganan pasangan untuk memberi tahu siapa yang sedang menghubunginya saat dia berdekatan denganmu. Perhatikan juga apakah dia menjadi marah saat kamu mendesaknya dengan pertanyaan itu.

Pertanyakan juga saat dia berada di dekatmu sedang asik bermain dengan telefon genggamnya. Apakah alasan itu yang membuat dia jarang menghubungimu? Sebuah penghianatan akan tertutup jika seorang yan menghianatimu sangat ahli dan seorang dengan gaya bahasa serta getstur tubuh yang bagus.

Namun jarang sekali ada orang yang berhianat pertama kali terhadap pasangannya. Saat terjadi seperti hal di atas, mereka akan cenderung panik, marah lantas mengeluarkan alasa-alasan yang
sebenarnya tidak masuk akal. Dan hal itu patut diselidiki lebih dalam.


Perhatikan Apakah Dia Sibuk Membersihkan Rumah atau Mobilnya Saat Kamu Tiba-tiba Datang dan Ingin Masuk

Jika terlihat gelagat aneh, kamu patut menanyakan dan memeriksa rumah atau mobilnya. Bisa jadi sebelum kamu ada orang lain masuk, yang tidak lain adalah selingkuhan pasanganmu. Saat dia tiba-tiba membersihkan itu, mungkin ia takut jika ada barang asing milik selingkuhannya tertinggal dalam rumah atau mobil mereka.


Saat Kamu Telah Mencurigai Seseorang Telah Menggoda Pasangan Kamu, Cobalah untuk Menanyakan Seseorang Itu pada Pasangan 

Pancing dengan pertanyaan sederhana contohnya “ aku kok curiga sama si “A” sih sayang, dia naksir kamu ya”. Dan ketika dia terlihat panik lantas memberikan jawaban yang konyol dengan menjelek-jelekan seorang itu, maka kamu pantas untuk mencurigainya.

Ketika seorang menceritakan keburukan atau kebaikan orang lain dengan detail, artinya dia sangat mengenal seorang tersebut. Bisa jadi sebagian besar waktunya di habiskan dengan seorang tersebut. masuk akal kan ...???

Dan ketika pasangan kamu memberikan jawaban dengan menjelek-jelekan seorang yang kamu curigai sebagai selingkuhannya, itu tidak lain hanya untuk meyakinkan bahwa sedang tidak terjadi apa apa, dan menjelaskan seolah dia sangat membenci seorang tersebut, agar kamu berhenti curiga.


Menangkap Pasangan Dalam Kebohongan

Dengan santai mintalah pasangan untuk menjawab pertanyaan yang membuatmu curiga, dan ingatlah jawaban dia. Beberapa hari kemudian tanyakan hal yang sama dengan nada dan kata-kata yang berbeda.

Saat dia menjawab dengan pokok jawaban yang berbeda artinya pasanganmu sudah membohongimu. Dan dia akan berbohong lagi untuk menutupi kebohongannya yang lain. Dia juga akan mulai marah ketika kamu menanyakan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang lain. Namun jawaban itu akan menjadi petunjuk besar bagaimana.


Perhatikan Tagihan Makanan yang Menunjukan Lebih dari Satu Orang


Bertanyalah pada pasangan. Dengan siapa dia melewatkan makan malamnya. Mengapa ada tagihan yang menerangkan lebih dari satu orang dan kurang dari tiga orang. Waspadalah jika kamu tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Atau ketika dia terbata-bata dalam menjawab pertanyan yang kamu lontarkan. Bisa jadi pasangan sedang mengarang cerita untuk mengelabuhimu.


Cari Tahu Apakah Pacar Memiliki Account Email Tambahan, atau Rekening Online Lainnya

Atau dia mulai mengubah password berbagai accountnya untuk membuat kamu tidak bisa mengecek account miliknya. Ketika pasangan kamu tidak memberi tahukanmu pasword accountnya yang baru, mungkin itu masih bisa di maklumi, tapi ketika dia mulai memprotek pesan atau chatingnya dengan seseorang, itu yang harus kamu waspadai.
Artinya dia sedang menyembunyikam sesuatu darimu.

Perhatikan Apakah Pasangan Bertindak Berbeda Kepadamu 

Ketika kamu berkumpul dengan mereka tanpa ada pasangan, cobalah untuk mendekati kelompok mereka dan menanyakan beberapa hal tentang pasanganmu. jika mereka terlihat, cemas, gelisah dan terkesan menutupi sesuatu, maka itu patut dicurigai.

Seorang tidak bisa menyembunyikan hal pribadi di depan teman-teman dekatnya. Sekalipun tentang kedekatanya dengan seorang lain yang bukan pacarnya. Meskipun awalnya seorang tersebut malu untuk menceritakan kepada teman-temannya, tapi itu tidak akan bertahan lama. Suatu ketika mereka pasti tau kebenarannya.


Dengarkan Bagaimana Pacar Menjelaskan Sesuatu


Ketika dia mengutarakan pertanyaan secara jelas mendetail dan rinci, dia mungkin sedang memproyeksikan sebuah pertanyaan kepadamu berdasarkan selingkuhannya. Dia mungkin sedang menciptakan sebuah cerita untuk menutupi sesuatu.

Perhatikan dengan detail cerita tersebut seperti nama,lokasi, waktu, dan lain-lain. Simpan jawaban-jawaban itu. Jangan menyimpulkan apapun, berperasaanlah dengan netral. Saat suatu hari kamu menemukan clue sebuah kejadian yang janggal hubungkan dengan jawaban yang kamu simpan. Kamu akan menemukan suatu yang mencengangkan.


Setelah Dia Menanyakan Hal yang Meproyeksikan Sesuatu Padamu, Berbalikah Bertanya

Bahaslah topik pembicaraan yang sama. Perhatikan jawaban-jawaban dia, kamu harus memahami kemana arah pembicaraannya. Mintalah ia untuk menyebutkan contoh proyeksiannya dengan seseorang. Misalnya “kalo hal kaya gitu temenmu ada yang nglakuin gak?”. Atau “temen kamu yang mana sih yang biasanya kaya gitu?”.

Ketika dia mengarahkan kesebuah nama, mulailah pembahasan yang lebih detail mengenai nama yang dia sebutkan. Pertanyaan-pertanyaan detail tentang orang tersebut akan membuat dia risih dan mungkin marah. Mungkin juga dia akan berkata “apakah kamu tidak percaya padaku?”. “apakah kamu fikir aku berbohong kepadamu?”.


Tanyakan Kepadanya

“Apakah aku seperti sedang menyindirmu menyembunyikan sesuatu?”. Dengan pertanyaan yang sederhana seperti itu pasangan kamu yang berselingkuh akan menunjukan cerita-cerita sebelumnya yang telah di proyeksikan kepadamu.

Namun cerita itu sudah tidak utuh, seorang yang panik tidak akan bercerita dengan detail dan jujur. Dia bahkan akan menambahi dengan kebohongan-kebohongan yang lain. pasangan kamu yang melakukan selingkuh lantas kewalahan sendiri untuk berbohong dan mengarang cerita palsu.


Sebutkan Salah Satu Nama yang Kamu Curigai 


Tanyakan tanpa perasaan emosi nama yang kamu curigai sebagai selingkuhan pasanganmu, untuk mengonfirmasi kebenarannya. Tunjukan semua bukti yang kamu punya, jika dia masih berkelit dan tidak mau mengakui, suruhlah dia untuk membuktikan jika dia tidak bersalah. Umpan balik seperti ini akan membuat pasanganmu yang berselingkuh kehabisan ide.
Dalam mengungkapkan kelelahanmu saat harus bersabar menghadapi kebohongannya, jangan pernah berbicara dengan mengeluarkan kata-kata kotor, dengan nada emosi atau air mata. 
Hal tersebut akan mengaburkan masalahmu, dan membuat semua pertanyaan menjadi tidak fokus. Kamu akan terfokus pada luapan emosi yang membelenggumu selama ini. kamu tidak akan mendapatkan jawaban yang kamu inginkan.

Bicaralah dengan elegan, tunjukan bahwa dirimu kuat. Dengan begitu kamu akan terlihat lebih pintar darinya. Rasa percaya diri dibutuhkan untuk mengungkap pasangan yang berselingkuh, karena dalam hal ini kamu adalah pihak yang benar. Dan kebenaran tidak akan takut dengan kesalahan. Bila perlu sebelum kamu berbicara dengan pasanganmu, tulislah poin-poin yang ingin kamu sampaikan.

Jangan sampai melenceng dari poin, justru itu akan menambah runyam hubunganmu. Jangan ragu untuk memberikan maaf kepada pasangan yang berselingkuh. Intospeksi dirilah mengapa dia melakukan hal itu, bicarakan mengenai alasan dia berselingkuh.

Putuskan apakah ingin melanjutkan hubungan atau tidak, pikirkan kata-kata ini “bila dia dengan mudah meninggalkan kamu, demi yang lain, dan meninggalkan yang lain demi kembali padamu, bukankah hal yang tidak mustahil bila hal itu terulang kembali.

Namun bila memutuskan untuk memperbaiki hubunganmu dengan pasangan yang berselingkuh, mintalah ia untuk segera mengakhiri hubungannya dengan selingkuhanya. Mintalah dia untuk mempertemukanmu dengannya. Bagaimanapun masalah perselingkuhan tidak hanya melibatkan dua orang yang saja, tapi sebagai kekasih yang sah juga terlibat dalam hal itu.

Maka selesaikanlah masalah itu dengan bertemu secara langsung dan bicaralah dengan kepala dingin. Buktikan kamu lebih baik dari selingkuhan kekasihmu, dengan cara berbicara layaknya orang dewasa. Dengan begitu pasanganmu mungkin akan berfikir jika kamu adalah seseorang yang pantas untuk di pertahankan.

Mintalah pasangan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya. Tantanglah untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius untuk  mengikat komitmen kalian untuk saling setia satu sama lain. dengan adanya komitmen yang jelas, orang lain juga akan segan menggangu hubungan kamu dengan kekasihmu.

Hal penting yang harus dilakukan saat menerima maaf dari kekasihmu yang berselingkuh adalah, jangan pernah melupakan kejadian itu, karena jika melupakanna kamu juga akan menghilangkan pelajaran dari peristiwa tersebut.
Jadikan masalah perselingkuhan sebagai motivasi untuk membina hubungan yang lebih sehat, terbuka dan lebih baik lagi dengan pasangan.
Setiap orang pernah berbuat salah dan setiap orang berhak memperoleh kesempatan kedua. Kesempatan itu hanya akan ada saat kamu memberikannya. Dan jadikan itu kesempatan terakhir, bila pasangan kamu melakukan lagi, jangan ragu untuk meninggalkannya.

Oleh: Puri Candradtya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni