Jangan Nge-blog Sebelum Tahu 7 Hal Ini!

Nge-blog (Blogging) adalah salah satu cara yang kreatif untuk mengekspresikan perasaan seseorang. Selain itu, blogging juga bisa menjangkau pelanggan potensial, sekaligus meningkatkan keterampilan komunikasi. 

Nge-blog via pixabay.com

Apapun alasanmu, apakah kamu blogging untuk mendapat keuntungan atau hanya melakukannya sebagai kegiatan yang menyenangkan, blog memberikanmu kekuatan untuk berkomunikasi dan berekspresi dengan orang di seluruh dunia hanya lewat beberapa klik mouse.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mulai mempublikasikan blog menakjubkan milikmu, penting bagimu untuk mengetahui tujuh tips blogging di bawah ini:


Kuasai satu hal yang kamu sukai, dan mulailah menulis tentang hal itu

Kuasai, dan tulislah! via pixabay.com

Apakah kamu seorang fotografer profesional yang ingin menjangkau klien potensial? Cobalah mulai mengumpulkan foto-foto terbaik hasil jepretanmu dari setiap pertunjukan, festival seni, pemandangan atau apapun. Tempatkan foto-foto tersebut dalam sebuah posting blog, dan ceritakan sebuah kisah menarik tentang foto-foto tersebut.

Mengapa menurutmu foto-foto tersebut begitu berkesan untukmu dan mungkin penting diketahui banyak orang. Pastikan untuk berterima kasih kepada orang-orang dibalik foto tersebut untuk menunjukkanbetapa kamu sangat senangbekerja dengan mereka.

Karena mengungkapkan rasa syukur pada klienmu akan mendorong para klien potensial memberikan kesempatan padamu untuk bekerja bersama dengan mereka lagi suatu hari

Atau apakah kamu misalnya adalahseorang penulis independen yang ingin lebih mempromosikan buku hasil karyamu? Buatlah sebuah blog dan mulailah menulis tentang ide-ide terkait karya-karyamu selama ini. Tidak ada salahnya juga untuk sesekali berbagi "preview bab" dari salah satu karyamu.

Blog juga akan sangat berguna termasuk bagi kamu yang sekarang sedang berjuang dengan isu-isu yang universal seperti anti bullying, memulai hidup sehat, penurunan berat badan atau bahkan sebuah hubungan yang penuh kekerasan? Ekspresikan perasaanmu pada blog untuk ditunjukan kepada orang-orang yang berjuang dengan hal yang sama. 

Berikan kepada mereka cerita untuk menginspirasi usaha-usaha mereka. Tawarkan mereka langkah-langkah, tips tindakan dan bimbingan agar memudahkan mereka meraih apa yang juga mereka inginkan. Akan sangat menyenangkan tentunya bagi setiap usahadalam perjuangan yang kamu lakukanjika hal tersebut terhubung secara emosionaldengan para pembaca blogmu.

Mengekspresikan diri sendiri bisa jadi terapi, namun membantu orang lain akan memberikan kepuasan tersendiri untuk setiap tujuan yang ingin kamu raih.


Tentukan siapa yang akan jadi pembaca blogmu

Siapa pembaca blogmu? via pixabay.com



Tentukan kemana blogmu akan mengarah.  Apakah itu untuk pembaca umum tanpa mengenal batas usia atau yang lainnya. 


Siapa yang akan membaca tulisanku?

Tentukan pembaca blogmu via pixabay.com

Jika tidak tahu jenis pembaca seperti apa yang diharap untuk terlibat dalam blogmu, maka kamu mungkin hanya akan mendapatidirimu tampil untuk kerumunan yang bahkan tidak pernah ada. Dengan kata lain kamu tidak punya sasaran yang jadi pembaca blogmu. 

Tentukan untuk siapa blogmu dibuat. Ingatlah bahwa remaja, mahasiswa, orang tua sibuk, dan pemilik usaha semua berbicara dalam gaya bahasa yang berbeda.Kamu perlu mempelajari bagaimana orang-orang berkomunikasi, sehingga bisa berfikir secara masuk akal bagaimana caramu menjangkau orang-orang tersebut. 

Jika tidak tahu siapa calon pembaca blogmu, kamu tidak akan tahu penggunaan bahasa yang tepat dan komunikatif dalam setiap tulisanmu. Hal tersebutmembuatmu tidak terhubung dengan mereka pada tingkat emosional dan jika tidak dapat terhubung dengan pembaca pada tingkat emosional, maka tidak ada yang akan peduli tentang blogmu.


Bagaimana aku bisa menjangkau mereka?

Buat grup di sosial media via pixabay.com

Setelah mengetahui siapa pembaca blogmu, kamu juga perlu mencari tahu di mana mereka berada. Jika targetmu adalah para profesional yang sibuk, bergabunglah dengan beberapa kelompok jaringan di LinkedIn dan berbagi artikel-artikel blogmu di sana. 

Jika kamu menulis untuk orang tua yang sibuk, bergabunglah dengan forum parenting untuk bertemu dengan orang lain dari hati ke hati, sekaligus menyertakan link ke blog dalam profilmu.

Jika tujuanmu adalah untuk membantu orang menurunkan berat badan, ada lahan tak berujung bernama Facebook dengan grup-grup pendukung penurunan berat badan di sana yang mungkin menemukan bahwa artikel di blogmu bermanfaat bagi mereka. (pastikankamu meminta izin pada admin kelompok apakah kamu boleh berbagi artikel di halaman mereka).


Apa yang membuat mereka begitu istimewa?

Istimewa via pixabay.com

Mulailah mengidentifikasi karakteristik calon pembacamu. Apakah ada kata-kata atau frase yang mereka gunakan untuk menggambarkan hal-hal tertentu dan bagaimana dunia yang terkait dengan mereka?

Apakah mereka lebih memilih tulisan berbasis tindakan yang singkat dan taktis, atau mereka lebih suka membaca cerita pribadi yang menggambarkan setiap poin yang kamu sampaikan?

Jika tidak tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini tidak apa-apa, tidak ada salahnya bereksperimen dengan banyak gaya dan format di setiap postingan blogmu. Perhatikan hasil terbaik yang kamu dapatkan untuk merumuskan formula tulisan yang tepat.


Buat tampilan blogmu semenarik mungkin
Tidak peduli seberapa hebatkamu dalam menuliskan sesuatu, usahamu bisa saja sia-sia jika tidak menempatkan unsur-unsur yang tepat dalam tampilan blogmu. Tampilan blog nyarissama pentingnya dengan konten itu sendiri. Jika desain web terlihat tidak menarik seperti tata letak blog tidak ramah pada user dan mustahil untuk menavigasi seluruh konten dengan mudah, konten penuh dengan salah ketik atau typo.  

Atau yang lebih parah lagi blogmu berjalan lambat karena kelebihan beban konten, bukan tidak mungkin lagi orang akan meninggalkan blogmu dan pergi ke situs lain yang lebih nyaman dan menarik. 

Apapun tujuanmu membuatnya, jalankan blogmu seolah-olah itu adalah sebuah bisnis dan kamu adalah seorang CEO nya.


Perbanyak membaca

Perbanyak membaca via pixabay.com

Jika jarang membaca atau bahkan malas membaca apapun untuk memperkaya pengetahuan, maka tidak usah sesumbar bahwa tulisanmu bakalan ‘nendang’!Para penulis terbaik tahu bahwa membaca sangat penting untuk proses kreatif mereka dalam membuat sebuah karya. 

Kamu mungkin sudah merasa hebat dalam sebuah hal, tanpa sumber literasi yang cukup tidak akanmemiliki tulisan yang berbobot. Membaca juga sangat bermanfaat untuk memperkaya rujukanmu dalam membuat tulisan yang baik dan komunikatif.


Jangan ragu minta bantuan pada orang lain

Jangan mau bertanya via pixabay.com

Sebagai manusia, sangat wajar untuk memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu mungkin saja sangat mahir dalam beberapa hal, namun tetap ada hal yang sama sekali tidakdikuasai. Jika merasa cukup mampu melakukan sesuatu pada blogmu, lakukan hal tersebut dengan benar. Tetapi jika kamu tidak dapat melakukannya dengan benar, cobalah mempekerjakan seseorang yang bisa.

Kamu bisa belajar dari kisah berikut,“Aku payah dalambeberapa hal, terutama desain grafis dan HTML atau coding. Saat aku mencoba untuk merancang sebuah logo, tata letak blog, atau desain yang menarik untuk background dan heading, mereka akan terlihat seperti omong kosong. 

Tapi kamu tahu itu bukan masalah yang besar buatku, karena sekarang aku dapat membayar profesional yang bisa melakukan hal-hal tersebut untukku. Jika inginmenjalankan blogmu dengan anggaran minimal jangan khawatir, cobalah terlusuri daftar orang yang mampu dan mau disitus penyedia pekerja freelancer. “


Jangan cepat menghentikan apa yang sudah kamu lakukan

Jangan menyerah via adityafachril.blogspor.com

Buatlah dirimu nyaman dengan fakta bahwa orang tidak akan secara ajaib menemukan blogmu segera setelah kamu mengklik "Publish." Semua perlu waktu, blogmu tidak akan jadi bombastis hanya dalam waktu singkat. Sabar memang sangat susah, tapi percayalah bahwa konsistensi adalah satu-satunya kunci yang akan membuka pintu menuju kesuksesan. 

Pikirkan cara-cara untuk memetik hasil dari blogmu di masa depan, bahkan keuntungan dari segi financial sekalipun. Namun perlu diingat bahwa dimasa-masa awal kamu mungkin tidak akan melihat keuntungan apapun dari blogmu untuk waktu yang lama.

Tapi jangan terlalu terjebak dalam pikiran-pikiran negatif dulu. Pikirkan hal-hal menyenangkan seperti peningkatan pendapatan, tapi jangan biarkan dirimu dikonsumsi dengan hal tersebut. Jika kamu seorang blogger pemula maka tujuan utamamu di awal adalah membangun kebiasaan menulis setiap hari dan menawarkan nilai luar biasa untuk para pembaca blogmu.

Berikut adalah delapan pertanyaan yang akan membantumu menarik dan mempertahankan minat pembaca untuk mampir:

Apa yang bisa membuat pembacamu tertawa?
Apakah yang biasanya pembaca pikirkan sehari-hari?
Apa sajakah ciri-ciri umum yang kamu miliki ketika berbagi dengan pembaca?
Apa artinya "sukses" bagi orang-orang yang menjadi pembacamu?
Hambatanapa yang biasanya mencegah pembaca dalam mencapai tujuan?
Kata dan frase apa yang biasanya digunakan pembaca untuk menggambarkan ‘dunia’ mereka?
Apa sumber masalah dan stres yang dialami pembacamu, bagaimana kamu dapat membantu meringankan beban mereka?
Cerita apa yang biasanya disampaikan pembaca tentang kehidupan, dan bagaimana kamu bisa mendapatkan cerita yang lebih baik?

Mengumpulkan kontak dari para pembaca blogmu dengan layanan promosi email adalah salah satu cara cerdas untuk kemajuan blogmu suatu hari nanti. Hal ini memungkinkanmu untuk memberitahu para pembaca tetap blogmu tentang artikel terbaru (dan meningkatkan lalu lintas).
Kamu juga akan dapat memberitahu mereka tentang promosi dan atau peluncuran produk setelah mengetahui bagaimana cara untuk menguangkan blog milikmu.


Menjangkau rekan-rekan blogger lain yang berkecimpung di bidang yang sama denganmu
Kini saatnya membangun jaringan dengan sesama penulis blog. Salah satu cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas ke blog milikmu adalah dengan menulis postingan tamu di blog orang lain. Tapi jangan keburu senang dulu,kamu mungkin perlu mengakrabkan diri, dengan nongkrong dan ikut kumpul-kumpul dengan sesama blogger sebelum kamu menuai keberhasilan. 

Setelah kamu merasa cukup mengakrabkan diri dengan blogger lain, cobalah tinggalkan komentar bijaksana pada satu dua postingan baru mereka. Jangan lupa berinteraksi dengan mereka di media sosial, dan mungkin berbagi salah satu postingan menarik dari blog orang lainpada teman-temanmu. 
Setelah melakukan sedikit interaksi (kami sarankan kamu meluangkan setidaknya tiga minggu untuk hal ini), kirimi mereka email yang berisi undangan untuk menulis posting tamu di blogmu. 

Jika kamu menerapkan langkah-langkah dunia nyata dengan baik, mereka dapat mengenali keberadaanmu dan akan melakukannya dengan senang hati. Berikut ini kami punya contoh script email yang bisa kamu kirimkan kepada rekan-rekan sesama blogger. Silahkan dicopy-paste atau kamu juga boleh mengeditnya sesuai dengan kebutuhanmu.

“Hello! Ini adalah (Namamu) yang punya (judul blogmu). Saya menemukan blog Anda beberapa hari atau minggu atau bulan yang lalu, dan sangat menikmati bagian (Judul postingan favoritmu di blognya) yang kamu tulis. Saya sangatmenyukai bagaimana Anda (tuliskan pujian dan masukkan yang positif). Saya juga ngeblog di bidang (Masukkan bidang yang kamu tekuni), dan ingin mohon kesediaan apakah kamu bisa menuliskan posting tamu di blog saya? 

Berikut ini adalah beberapa ide untuk blog yang tentunya saya akan sangat senang jika anda mau menuliskannya untuk saya. Jika ingin melihat contoh dari beberapa hal yang pernah saya lakukan, Anda dapat melihatnya di (Masukkan Link blogmu Di Sini). Terima kasih atas perhatian, waktu dan kesediaannya. Semoga hari anda menyenangkan.”

Itu tadi hal-hal yang sebaiknya kamu tahu sebelum nulis blog. Kami harap tujuh tips blogging di atas bisa membantumu untuk membuat blog yang lebih kreatif, bermanfaat, serta sesuai dengan tujuan awal yang sudah ditetapkan sebelum membuat blog. 

Tetap konsisten dengan apa yang kamu lakukan, tetap gembira, semangat dan selamat nge-blog ya!


Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni