Jurus Membangun Personal Branding Lewat Media Sosial

Personal branding, apa yang kamu tahu tentangnya? Mungkin udah sering dengar istilah itu, atau mungkin juga belum pernah dengar sama sekali. Tapi tahukah kamu kalau personal branding itu berhubungan erat dengan kesuksesan seseorang? Oke-oke, kayaknya udah nggak sabar pengen tahu apa itu personal branding. 

Personal Branding via trainerlaris.com

Mari kita bedah dari kata-kata yang jadi penyusunnya yaitu ‘personal’ dan ‘branding’. ‘Personal’ bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan pribadi seseorang, dan ‘branding’ adalah kata yang sering dihubung-hubungkan dengan sebuah produk.

Biar nggak makin bingung, ini kata Wikipedia soal definisi Personal branding: "Personal branding adalah proses dimana orang-orang dan karir mereka berlaku layaknya sebuah produk. Sementara teknik untuk memanajemen produk tersebut berwujud sebagai perbaikan diri.

Konsep personal branding menunjukkan bahwa kesuksesan datang dari cara kita mengemas diri kita.” Personal branding berlaku layaknyasemacam “aura” dari dalam diri sesorang. Bukan Aura Kasih ya…, kalau dia urusannya udah beda. Aura adalah sebuah citra yang dibangun oleh seseorang untuk ditujukan dan diapresiasi oleh orang lain yang ada di sekitarnya.


Waktu telah bergulir, jaman telah berubah dan begitupun bentuk interaksi antar manusia. Gelombang media sosial melanda kehidupan kita yang pada akhirnya menuntut setiap orang meningkatkan cara-cara dan pendekatan guna membangun personal branding. Kini penilaian orang lain terhadap pribadi sesorang juga didasarkan pada perilaku mereka di media sosial.

Tidak peduli apa jenis bidang karir yang ditekuni atau sedang dirintis, kehadiranmu diberbagai platform media sosial amatlah penting untuk menyebarkan pesan pada orang lain tentang siapa dirimu. Kalau kamu merasa aktivitas berbagi, menyukai atau mengikuti sesuatu di media sosial tidak terlalu penting maka siap-siap saja untuk duduk dan menikmati ribuan bahkan orang di luar sana yang berhasil mendapatkan perhatian dari orang lain di sekitarnya.

Tenang saja, belum ada kata terlambat untuk memulainya. Kamu hanya perlu membaca beberapa tips dan langkah berikut untuk kemudian mempraktekannya guna membangun personal branding mu. Ada 4 platform media sosial populer saat ini yaitu Twitter, Facebook, Google+, dan Pinterest.

Kami akan bagikan jurus jitu dalam keempat platform tersebut dan bersiaplah mendapatkan personal branding yang bagus dan menjadi pribadi yang hebat di mata orang lain.


Twitter

Twitter adalah sebuah platform hebat yang bisa digunakan untuk membangun personal branding mu. Kini kita nggak lagi bergantung sepenuhnya pada situs-situs untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Lautan informasi yang terbentang luas cuma ada di ujung jarimu. 

Ingat bahwa segala informasi yang berbentuk rekomendasi, ulasan, uji coba produk, survey dan pelatihan bisa saja muncul di media sosial atau hasil dari sebuah mesin pencari atau search engine. Yang perlu dilakukan hanyalah mulai memilah dan membedah informasi-informasi tersebut dan menemukan bilah informasi yang cocok untuk membawamu menuju kesuksesan


Twitter adalah sebuah platform media sosial yang berbentuk micro-blogging. Di sini kamu akan mendapatkan arus informasi bejibun yang umumnya mencakup tulisan, gambar dan link. Twitter kini digunakan oleh jutaan orang dan rata-rata ada 58 juta tweet yang diposting setiap harinya.

Arus informasinya lebih aktual daripada Facebook, hampir selalu ada hal baru yang bakal kamu temui di sini. Poin utama Twitter adalah keterlibatanmu selaku pengguna, dan berikut ini tips yang bisa kamu ikuti untuk membangun personal branding lewat twitter:


Memasang gambar header yang catchy

Sebelum kamu mulai “men-follow” calon-calon orang yang berpengaruh untuk kehidupan karir profesionalmu dimasa depan, pertama-tama buatlah tampilan profilmu terlihat ‘layak’. Profilmu adalah wakil dari sisi profesionalmujadi pasang gambar diri yang benar-benar menunjukkan hal tersebut. 

Ini artinya nggak boleh ada sisi ‘gila-gilaan’, pose aneh, kehidupan pribadi apalagi foto hewan peliharaan. Sertakan biografi singkatmu dan yakinkan siapapun yang membacanya akan mengenal siapa dirimu, apa kelebihanmu dan apa yang kamu lakukan.


Baru-baru ini, Twitter meluncurkan tampilan baru untuk profil para penggunanya yang mencakupgambar sampul atau cover. Biar profil twittermu makin terlihat professional dan ‘nendang’, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu ikuti:


Konsisten dengan gambar yang digunakan untuk foto sampul. 

Hal ini berarti kamu harus menggunakan foto sampul yang sama untuk profilmu di media sosial lain yang diikuti.

Simple but superior

Yang sederhana kadang lebih ampuh, begitu juga dengan foto sampul. Usahakan memasang gambar yang sederhana dan to the point. Jangan pasang gambar berlebihan atau jenis gambar yang ramai dan saling bertumpuk.

Libatkan aktivitasmu dalam foto sampul. 
Jika kamu sedang mengerjakan beberapa hal, memiliki halaman situs untuk portofolio atau sedang melakukan survey cobalah buat desain gambar sampul yang akan menuntun seseorang melihat apa yang kamu lakukan.

Mengubahnya secara berkala

Ubah gambar sampul sesuai dengan tema-tema aktual yang terjadi di sekitarmu. Apa yang sedang hangat dibicarakan masyarakat, atau kamu sedang mengalami kemajuan dalam karirmu. Hal ini bikin kamu kelihatan sebagai seorang yang dinamis.

Kualitas vs Kuantitas

Sekarang saatnya mulai memposting ‘kicauan’mu atau tweet. Nggak perlu terlalu sering nge-tweet kalau kamu hanya memposting hal yang kurang bermanfaat bagi orang banyak. Kualitas postingan adalah hal yang utama untuk personal branding. 

Jangan sembarangan mention orang kalau mereka tidak berhubungan langsung dengan apa yang kamu posting. Halaman Twitter mu harus punya jenis posting yang berhubungan dengan bidang yang kamu tekuni. 


Berikut ini kami punya beberapa saran tentang jenis tulisan untuk dibagikan:

- Beri link ke posting blog internal atau eksternal yang berkaitan dengan bidangmu.
- Berbagi informasi tentang acara seminar, workshop atau apapun yang relevan.
- Beritahu pada orang lain apa yang sedang kamu kerjakan seperti proyek atau artikel baru.
- Minta pendapat masyarakat terhadap kualitas layanan, produk atau jasa tertentu.
- Berbagi tweet favorit, seperti testimonial dari orang lain tentang layanan atau produkmu.
- Kutipan yang inspiratif dan mencerminkan kepribadianmu.
- Memposting gambar produk bikinanmu.
- Foto dari dari peristiwa atau kegiatan yang kamu menghadiri.

Sertakan foto dan link untuk setiap tweet karena akan meningkatkan peluang untukdi retweet orang lain. Sejak awal Twitter hanya memungkinkan penggunanya untuk menulis 140 karakter, tapi kini kamu bisa menggunakan pemangkas TweetURL link seperti Bitly yang bisa memberikan ruangtambahan untuk. 

Perhatikan tren ‘trending topic’ atau hal yang sering dibicarakan di jagad Twitter lalu kamu bisa mencoba untuk memposting hal-hal yang berhubungan dengan mereka. Jangan lupa sertakan hashtag yang relevan ya.


Facebook

Facebook via http://www.theinvestigators.co.nz

Pengguna Facebook sekarang nggak lagi didominasi kaum muda, jangan salah orang-orang yang lebih tua juga udah mulai main Facebook. Cara kerja Facebook mungkin akan sedikit berbeda dengan Twitter. Di Facebook, link bukan jaminan bahwa postinganmu bakalan populer. 

EdgeRank, algoritma yang digunakan untuk menentukan konten yang diposting di Facebook akan ditampilkan kepada pengguna dalam jangka waktu tertentudan menempatkan prioritas untuk item tertentu atas item lainnya. 

Pengen selangkah di depan dalam membangun personal branding lewat Facebook? Ada beberapa cara untuk meningkatkan popularitas dan mendapatkan ledakan maksimaluntuk konten yang kamu posting yaitu: 

Ajakan untuk orang lain melakukan sesuatu

Aturan di Twitter masih bisa kamu terapkan untuk postinganmu di Facebook, yaitu kamu perlu mencantumkan link dan gambar kreatif untuk disertakan bersama postinganmu. Keunggulan Facebook dibandingkan Twitter adalah ruang menulis yang jauh lebih luas. 

Kamu bisa mengeksplorasi konten postinganmu agar nampak lebih persuasif. Kalau bahasa Inggrisnya sih “Call-to-Action (CTA)”. CTAdapat juga berarti ajakan atau instruksi yang ditujukan pada para pembaca postinganmu untuk segera merespon postinganmu sesuai dengan apa yang kamu mau.

CTA umumnya digunakan pada pada banner iklan atau halaman situs agar dapat secara efektif menangkap perhatian penonton. Tetapi kadang CTA juga bisa kita temukan dalam e-mail promosi dan tentunya postingan di jejaring sosial. Nah, berikut adalah beberapa contoh CTA:

- Download Free E-Book kami sekarang!
- Daftar sekarang untuk mendapatkan diskon 50%! Penawaran berlaku sampai dengan 7 Mei.
- Berbagi dengan teman-teman lain
- Klik tombol di bawah ini!
- Berlangganan sekarang!
- Dapatkan rahasia sekarang!
- Pelajari tips dari para ahli. Daftarkan dirimu hari ini!
- Dapatkan uji coba gratis! Dan masih banyak lagi contoh lain yang bisa kamu kembangkan sendiri


Sponsored Posts

Pernah nggak mengalami postingan yang kamu anggap penting untuk diketahui orang banyak justru nggak tampil di Beranda? EdgeRank memberi peringkat atas konten di Facebook untuk menampilkannya di beranda berdasarkan minat orang lain atas postingan tersebut.

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk hanya menampilkan jenis konten yang paling relevan bagi masyarakat. Artinya sekuat apapun argumenmu untuk menyatakan bahwa postinganmu mengandung hal penting yang layak diketahui orang banyak, mereka tidak bisa saja tidak akan muncul di beranda orang lain jika orang lain berfikir sebaliknya.

Kamu bisa saja berusaha keras untuk menaikkan traffic postinganmu dengan memolesnya sedemikian rupa. Tetapi jika ada cara yang lebih mudah kenapa nggakkan? Jangan lupa bahwa salah satu sumber daya manajemen adalah, uang! Manfaatlah kekuatan yang dimiliki uang dalam kehidupan ini. Jika kamu memiliki jenis posting penting yang penting diketahui oleh masyarakat, jangan pelit-pelit amatlah untuk menyisihkan anggaran.

Kamu bisa mensponsori postinganmu guna memastikan masyarakat melihat apa yang dibagikan. Dalam praktek penggunaan layanan sponsored post, kamu bahkan bisa memilih target pasarmu sendiri, waktu tayang dan anggaran. 

Tapi tentu saja jangan mentang-mentang postinganmu sudah pasti tampil kamu jadi seenaknya. Tetap perhatikan elemen penting seperti link dan gambar agar orang lain tidak mengabaikan apa yang sudah susah-susah kamu usahakan.


Tips Ekstra

Join group

Bergabung dengan grup Facebook yang berkaitan dengan bidang mu untuk menambah jaringan dan mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Gunakan hashtags

Meskipun banyak ahli pemasaran yang skeptis apakah hashtags membuat perbedaan di Facebook, kami percaya bahwa jika banyak perusahaan dan individu ternama menggunakannya maka begitu pula dengan kita.

Mengatur penjadwalan mengenai waktu dan jenis konten yang bisa kamu tuliskan setiap hari 

Cobalah untuk menyesuaikannya berdasarkan tema. Misalnya hari Senin adalah jadwalmu untuk memposting “Quote of the Day” dan hari Kamis adalah saatnya kamu mempostingTips Marketing Tips yang bermanfaat.


Google +

Google via www.extremetech.com
Kamu mungkin tidak akan menyangka bahwa banyak yang berpendapat, Google sebagai mesin pencari terpopuler saat ini menyederhanakan fitur back link dan optimalisasi sebuah halaman web dengan menerapkan tombol “+1” untuk setiap postingan.

Search Engine Optimization atau optimalisasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran lewat sosial media mulai berjalan beriringan, terutama sejak diperkenalkannya Google + pada tahun 2011. Tombol ajaib “+1” berfungsi untukmembantu meranking halaman-halaman yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian atas kata kunci tertentu.

Situs yang muncul dengan label “+1” di sampingnya akan mudah ditemukan dan dikunjungi oleh para pengguna internet. Oleh karena itu sebagai seorang professional yang hendak membangun personal branding ada baiknya kamu mulai aktif di Google+ guna meningkatkan upaya kampanye SEO dan meningkatkan jumlah kunjungan situs.

“Google+ Local Business” untuk Personal Branding

Banyak dari kamu yang pernah mendengar tentang “Google Places” dan “Google+ Local Business”. Jangan bingung karena ada perbedaan mendasar antara keduanya. Google Places sejatinya merupakan informasi bahwa sebuah mesin pencari menerima dan memanfaatkan daftar bisnis yang kamu buat. Sebuah mesin pencari mungkin sudah bisa dipastikan akan memuat situs bisnismu dalam hasil pencarian. 

Dalam hal ini, Google Places memungkinkanmu mengatur materi lain yang dimiliki Google selaku mesin pencari dan menampilkannya pada orang lain terkait bisnismu.

Sedangkan “Google+ Local Business” adalah segala hal terkait aspek sosial dalam pencarian. Ini adalah soal bagaimana kamu terhubung dengan klien, pelanggan, rekan ataupun orang-orang yang berkaitan dengan bidang karirmu dengan menempatkan mereka dalam lingkaran. 

Saat kamu diminta untuk mengisi data dalam profilmu, mereka meminta informasi rinci mengenai informasi kontak termasuk alamat tempatmu bekerja. Alamat ini yang kemudian digunakan untuk memisahkan halaman lokal dari hasil pencarian yang tidak relevan, dan menciptakan pengalaman menggunakan mesin pencari yang lebih nyaman.

Pada halaman ini, pelangganmu dapat memberikan ulasan dan gambar produk atau jasa yang ditawarkanberkaitan dengan prospek masa depan mereka. Sekali lagi semakin banyak ulasan yang kamu dapatkan maka semakin tinggi peringkat yang didapatkan. 

Sebuah halaman pribadi yang tidak lengkap akan terlihat tidak profesional dan para pengunjung kemungkinan besar akan pindah ke perusahaan atau profesional yang menawarkan informasi rinci tentang produk mereka. 

Ayo, ini adalah kesempatan emas untuk membuat halaman bisnis sendiri untuk layanan profesionalmu dan meningkatkan personal branding.


Google Hangouts

Google Hangout via thefusejoplin.com 

Mengadakan pertemuan bulanan, di mana klien atau rekan dapat berbagi ide-ide, kekhawatiran, atau pujian mereka adalah cara terbaik untuk menjalin interaksi profesional dan mempelajari lebih lanjut tentang target pasar. Ini juga merupakan cara ampuh untuk membiarkan orang lain tahu siapa dirimu.

“Google Hangouts” adalah cara yang bagus untuk membuat konten unik, sementara kamu mempromosikan diri atau karirmu. Satu-satunya yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan Google Hangouts adalah bahwa siapa saja bisa bergabung dalam pertemuan ini setiap saat sehingga penting untukmengawasi setiap pendatang baru saat pertemuan berlangsung.


Pinterest

Pinterest via www.acquisio.com

Familiarkah kamu dengan media sosial yang satu ini? Tahukah kamu bahwa 80% dari pengguna Pinterest adalah perempuan dan sejak April 2014, ada lebih dari 500 ribuakun bisnis di Pinterest? Platform ini selamatiga tahun beroprasi untuk menyederhanakan cara orang mengkategorikan dan menyimpan gambar serta infografis secara online. 

Jika belum menggunakannya maka mulailah untuk mempelajaricara penggunaanmedia sosial yang satu ini dan menjadikannya salah satu titik tolak untuk membangun personal brandingdan mengembangkan bidang karir yang ditekuni. 

Perusahaan dan profesional yang menjual produk dapat benar-benar memanfaatkan upaya pemasaran melalui Pinterest dengan segmentasi pelanggan dan personalisasi tinkat lanjut. Namun, satu hal yang pasti dan perlu diketahui adalah bahwa Pinterest tidak dapat digunakan untuk secara langsung berdampak pada strategi SEO.

Tapi Pinterest adalah cara hebat untuk mengarahkan orang lain ke halaman web, promosi produk, kontes dan postingan artikel.


Persiapan matang

Oke sekarang saatnya mulai menggunakan Pinterest. Untuk memulainya kamu bisa gunakan e-mail yang sama dengan yang digunakan untuk Twitter jadi mereka bisa saling terkoneksi. Dengan begitu kamu bisa berbagi “Pin” (istilah untuk postingan di Pinterest di mana kamu mengupload gambar sendiri atau berbagi gambar milik orang lain) secara otomatis ke timeline Twitter.

Kalau sudah memiliki perusahaanmu sendiri, ubah akun pribadimu ke dalam akun bisnis dengan menuju ke halaman “Pinterest for Business”, klik “convert dan lakukan verifikasi situs bisnismu.Mulailah dengan membuat papan atauboard seputar tema tertentu seperti SEO, daftar property terbaru di kotamu atau tren fashion bulan ini. 

Mulailah men-follow para pengguna yang memiliki minat yang sama denganmu atau yang terkail serta orang-orang yang kemungkinan layak untuk kamu jadikan target pasar. Lakukan beberapa riset untuk menentukan apa yang orang lain sering “Pin” untuk mendapatkan gambaran tentang jenis “board” yang perlu kamu buat dan kembangkan.

Keaslian konten dan interaksi sangat dijunjung tinggi oleh para Pinners. Jadi jangan pernah mengambil jalan pintas yang mudah dengan hanya kembali membagikan konten milik pesaingmu, karena kamu hanya akan nampak konyol dan usaha peningkatan personal brandingmu nggak akan berhasil.

Berikan para audiens sesuatu yang berharga untuk dilihat dibaca dan dan dibagikan.Berusahalah sedikit untuk membuat hal menarik yang benar-benar orisinil. Hal pertama yang orang lihat di Pinterest adalah gambar.

Jadi, tolong jangan menggunakan kamera dua megapiksel untuk mengambil gambar produkmu atau kamu hanya akan jadi bahan tertawaan orang lain di Pinterest.

Jenis “Pin” yang bisa kamu lakukan

Di bawah ini adalah daftar beberapa contoh dari jenis papan yang bisa kamu buat lewat profil Pinterest mu. Selanjutnya gunakan imajinasi. Pokoknya kunci terpenting adalah mempersonalisasi papan serta, memberikan informasi yang berharga bagi orang lain.

- Galeri untuk Video
- Panduan untuk melakukan sesuatu atau menyelesaikan berbagai hal.
- Keterlibatanmu dan rekan-rekanmu di masyarakat.
- Katalog produk 
- Panduan tentang cara menggunakan sesuatu, terutama yang berkaitan dengan produkmu.
- Bagaimana cara seorang pemimpin.
- Ide tau pemikiran tentang topik tertentu.
- Pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup.
- Tren, fashion, pemasaran, desain dan wisata.
- Kontes


Kesimpulan

Jangan pernah melarikan diri dari kenyataan bahwa para calon klien akan meneliti personal branding yang kamu tawarkan dari atas ke bawah sebelum mulai mempertimbangkan untuk menghubungimu. Jadi, cara-cara di atas akan membawamu untuk terlihat menonjol dan memiliki profil media sosial yang siap untuk pemeriksaan dan mendapat penilaian baik.


Mempromosikan personal branding lewat media sosial sangat mirip dengan membangun sebuah pertemuan untuk bisnis. Jadi harus selalu ingat bahwa kamu dan karirmu adalah sebuah produk untuk yang perlu dilindungi dan dikembangkan. Foto selfie, gambar kucing dan foto saat berpesta dengan teman-temanmu tidak akan pernah cukup. 

Tunjukkan pada orang lainbahwa kamu memiliki pengalaman dan kapabilitas mengesankan pada profil media sosial mu. Satu hal yang paling penting adalah nikmati apa yang kamu lakukan dan jangan ragu untuk mendapatkan inspirasi dari orang lain. Serta jangan lupakan untuk menjaga image mu di dunia nyata, karena interaksi nyata dan langsung dengan orang-orang sangatlah penting untuk personal branding


Semoga tips di atas membantumu dan selamat karena kamu udah selangkah di depan dalam rangka membangun personal branding. Setelah segala usaha dilakukan, kamu hanya perlu menunggu hasil terbaik yang akan kamu terima.

Oleh: Satrio Dharma Rizki

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni