25 Hal yang Mungkin Dibahas Oleh Jokowi dan Mark Zuckerberg

Siapa sih yang nggak tahu Facebook? Kamu? Kamu? Kamu? Wah…kalau kamu sampai nggak tahu itu kebangetan! Secara Facebook saat ini menjadi media sosial terbesar di dunia, meskipun udah ada Twitter, Instagram, Kaskus, Google+, Flickr, Tumblr dan lain-lain.

Facebook adalah media sosial yang memiliki pengguna terbesar sedunia. Pada September 2012 saja pengguna Facebook sudah mencapai 1 miliar. Penggunaan Facebook sendiri tidak ribet. Hanya sekedar mendaftar, ikuti instruksi sederhana, maka seseorang bisa memiliki akun Facebook. Kemudahan dalam membuat dan mengoperasikan akun inilah yang membuat banyak orang masih setia menggunakan Facebook.

Wah…kita bakalan masuk pada bagian yang menarik, kalau kamu termasuk salah satu pengguna Facebook, harusnya kamu tahu dong siapa juragannya? Masak sih, kamu nggunain barangnya tapi nggak tau siapa yang punya? Kalau kamu masih belum tahu, juragan Facebook adalah salah satu manusia terkreatif di dunia yaitu Mark Zuckerberg. Kalau kamu ingin tahu profil tentang Mark Zuckerberg, bisa baca-baca di link ini.

Belakangan ini nama dan foto Mark banyak beredar di media baik cetak maupun online. Kenapa? Karena si Juragan Facebook ini berkunjung ke Indonesia.

Jokowi dan Mark Zuckerberg di Tanah Abang - Facebook

Wow…. Jangan-jangan ada salah satu dari kamu yang udah ketemu terus minta foto selfie bareng Mark? Jelasnya, Mark datang ke Indonesia buat menghadiri acara ‘Internet.org Developer Workshop’ tanggal 13 Oktober 2014 kemarin.

Nah, dalam kunjungan ke Indonesia ini, Mark juga dijadwalkan akan bertemu dengan presiden terpilih, Jokowi. Masih belum jelas apa yang hendak dibahas dalam pertemuan kedua belah pihak. Maka dari itu, kami memberikan gambaran tentang kemungkinan-kemungkinan apa saja yang dibahas dalam pertemuan antara Jokowi dan Mark Zuckerberg.

1. Mark dilobi menjadi menteri di kabinet Jokowi, jadi menteri kominfo



Seperti yang udah kita tahu, Jokowi sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan nama-nama menteri yang akan bekerjasama dengannya untuk membangun Indonesia. Dalam proses perekrutan menteri tersebut, Jokowi memperbolehkan siapa saja untuk mendaftar menjadi menteri. Nah, siapa tahu Mark Zuckerberg ditelepon oleh Jokowi untuk datang ke Indonesia, dan mendaftar jadi Menteri Komunikasi dan Informasi?

Kan tadi sudah dijelasin, Mark Zuckerberg mungkin pindah kenegaraan jadi warga negara Indonesia, lalu memindah kantor Facebook ke Jakarta. Dengan begitu, ia sudah memiliki hak untuk mendaftar jadi menteri di kabinet Jokowi. Keren kan, kalau menteri Kominfo Indonesia itu sekelas Mark Zuckerberg?

2. Memperkenalkan internet.org


 

Inilah tujuan utama dari Mark Zuckerberg datang ke Indonesia, yaitu memperkenalkan internet.org. Mark ingin orang-orang yang belum terkoneksi dengan internet, bisa merasakan bagaimana internet bisa mempermudah hidup mereka.


3. Mengajak Jokowi jadi pemilik saham di Facebook


Nah, ini juga bisa dibahas dalam pertemuan dengan Mark. Bagaimana Jokowi bisa menjadi kaya raya dan sukses dengan menjadi salah satu pemilik saham di Facebook. Jokowi kan sebelum terjun di dunia politik, sudah berpengalaman menjadi entrepreneur, tentu Mark tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang potensi memiliki saham.


4. Memblokir akun Koalisi Merah Putih


Ada pepatah mengatakan, Jika Anda disukai banyak orang, Anda adalah seorang pemimpin. Jika Anda disukai dan dibenci banyak orang, Anda adalah pemimpin besar. Itulah yang terjadi dengan Jokowi. Saat dirinya menjabat sebagai Presiden saat ini, banyak sekali akun di facebook yang sering membully Jokowi. Nah, salah satunya yang sering membully adalah akun-akun yang berasal dari para oposisi, dan tentunya dari Koalisi Merah Putih. Untuk itu, Jokowi minta kepada Mark untuk memblokir akun-akun yang sering digunakan untuk membully dirinya.


5. Memblokir akun Fahri Hamzah


Kalau kamu mengikuti dunia perpolitikan pasti tahu siapa Fahri Hamzah, dia adalah Wakil Sekjen dari partai oposisinya Jokowi. Adanya oposisi memang bikin suasana tambah panas dan nambah-nambahin pikiran. Sekalem-kalemnya Jokowi, kalau denger kicauan burung yang bunyinya mirip kaleng roti yang dipukulin pake sendok sama anak PAUD pasti bakalan enek juga. Nah, mungkin Jokowi lelah untuk terus-terusan kalem, dia minta ke Mark untuk blokir akunnya Fahri Hamzah.


6. Memblokir akun Prabowo Subianto


Siapa sih yang mau kesaing di dunia ini? Secara Prabowo itu lebih kaya, lebih ganas, lebih garang, lebih laki, lebih tegas, lebi lantang, Prabowo punya apa saja, cuman satu sih yang nggak punya, tentunya kalian tahu kalau Prabowo nggak punya Istri. Nah, untuk mengurangi daya saing dan daya kicau dari kompetitornya, Jokowi berharap dan memohon kepada Mark agar akun-akun Facebook yang berbau Prabowo and everything about him harus diblokir, buat ngurang-ngurangin pikiran.


7. Kampanye kreatif


Jokowi bisa jadi Presiden juga karena bantuan Facebook. Dalam berkampanye, Jokowi juga menggunakan Facebook sebagai media untuk mengenalkan siapa dirinya dan merangkul para pengguna Facebook untuk mendukungnya. Tentunya pada masa kampanye kemarin kamu banyak menemui video-video, meme-meme, gambar-gambar, dan kata-kata yang diunggah di Facebook dan berisikan ajakan untuk memilih Jokowi. Karena itu, mungkin Jokowi mengucapkan terimakasih kepada Mark karena jejaring sosial ciptaannya telah berhasil membawa Jokowi jadi Presiden.


8. Mengajak Mark Bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat atau PDIP


Kursi ketua MPR-RI dan DPR-RI dipegang oleh orang-orang dari Koalisi Merah Putih, sedangkan Koalisi Indonesia Hebat cuman dikasih kursi DPD-RI saja. Mungkin karena Jokowi merasa kalah dalam hal ini, jadi untuk mengangkat popularitasnya dia ingin mengajak Mark Zuckerberg untuk bergabung dengan KIH atau PDIP.


9. Mengundang Mark Saat Pelantikan Presiden nantinya


Berhubung Jokowi belum resmi dilantik jadi Presiden RI dan baru akan resmi menjabat mulai 20 Oktober 2014 nanti, Jokowi akan meminta Mark untuk datang ke acara pelantikannya. Kemudian Mark akan dimintai sambutan, testimoni dan pendapatnya tentang acara tersebut. Mungkin itu akan menjadi acara yang paling tak terlupakan untuk Mark. Sehingga Mark bisa nulis status di Facebooknya “Keren gila, seumur-umur baru kali ini Gw kasih sambutan di acara pelantikan presiden, apalagi Presidennya sekeren Jokowi”.


10. Meminta Facebook untuk membantu perkembangan perekonomian Indonesia, terutama UKM


Perekonomian di Indonesia memang belum sebaik negara-negara tetangga. Masih banyak sektor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Pemerintah Indonesia juga sedang gencar-gencarnya memperhatikan hal ini. Dengan bantuan Mark dan Facebook, Jokowi berharap perekonomian Indonesia akan melampaui negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, dan Singapura.


11. Pajak Akses Internet dan Facebook



Isu tentang bagi pengguna Facebook akan dikenakan biaya apakah sudah sampai ke telinga kalian? Wah…kalau sampai harus bayar uang bulanan hanya untuk akses Facebook bisa-bisa kamu jadi kurus kering tuh kantongnya. Secara gitu lho… sehari aja nggak update status kan bisa meriang ituh jari-jarinya. Apalagi buat para kaum facebooker yang menjorok ke alayers, kan mereka nanti bisa mati gaya. Kalau nggak ada mereka, Facebook jadi nggak nomor satu lagi. Kalian pasti tahu bahwa peran alayers Indonesia sangat vital dalam menjadikan Facebook sebagai jejaring sosial nomor satu dunia. Maka dari itu, Jokowi berusaha menjelaskan kepada Mark agar akses Facebook tetap gratis di masa yang akan datang.


12. Mark menyampaikan ucapan selamat karena terpilih jadi presiden berkat kampanye di Facebook


Mark Zuckerberg ingin ketemu Jokowi mungkin hanya sekedar menyampaikan ucapan selamat karena Jokowi terpilih sebagai Presiden Indonesia. Dalam pertemuannya Mark mengucapkan ‘ Selamat Anda telah beruntung terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia yang ke 7’.


13. Mark menyampaikan siap mendukung pemerintahan Jokowi


Dalam pertemuan tersebut, Mark juga akan mendukung pemerintahan pada era Jokowi dengan penuh semangat dan keyakinan bahwa Jokowi pasti bisa mewujudkan Indonesia Hebat. Mark akan memberikan dukungan dengan mengkampanyekan Indonesia melalui akun Facebook pribadinya.

Atau,... sekedar nyumbang ... J.A.K.E.T


14. Mark ingin belajar blusukan dari Jokowi


Sudah tidak asing bahwa Jokowi terkenal dengan gaya blusukannya di kampung-kampung. Mungkin Mark tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang sistem kampanye Jokowi ini. Ia ingin belajar dengan “Master Blusukan” agar dapat digunakan untuk mempromosikan Facebooknya di daerah-daerah terpencil.


15. Mark ingin pindah kantor facebook ke Jakarta


Melihat jumlah pengguna Facebook di Indonesia yang begitu banyak dan hampir merata, Mark berencana memindah kantornya ke Jakarta. Dalam agenda pertemuannya Mark akan membahas strategi pembangunan kantor, pemilihan lokasi, sewa atau harga tanahnya, arsitektur bangunannya, siapa kontraktornya, pemilihan kuli bangunannya (kuli khusus yang punya Facebook aja), dan lain-lain. Mark juga meminta Jokowi untuk menjadi mandor atau pengawas dalam pembangunan kantor Facebook, agar terbebas dari aksi suap dan korupsi.


16. Mark mau buka lapak di Tanah Abang

Dalam kunjungan ke Indonesia kemarin Mark menyempatkan diri untuk melihat potensi bisnis di Tanah Abang. Dalam perbincangannya dengan Jokowi, Mark pasti memohon ijin kepada Jokowi untuk buka lapak di Tanah Abang, mungkin Mark pikir disana untungnya lumayan. Jadi Mark meminta Jokowi untuk menemaninya berkeliling dan mencari-cari mana tempat yang pas untuk buka lapak.


17. Menghapus grup-grup Facebook Jokowi Haters


Jokowi juga manusia biasa, pastilah memiliki sahabat yang selalu menyukainya dan musuh yang selalu membencinya. Apalagi sekarang Jokowi sudah jadi Presiden, tentunya banyak juga yang tidak terlalu suka terhadap Jokowi. Nah, biar Jokowi aman dan merasa nyaman serta jauh dari bullying, Jokowi meminta kepada Mark untuk menghapus group-group Facebook yang dirasa akan membahayakan pemerintahan Jokowi.


18. Mau nge-test bahasa Inggrisnya Jokowi


Juragan Facebook ini ingin bertemu Jokowi hanya sekedar iseng saja karena ingin mengetes kemampuan bahasa Inggris seorang Presiden. Gimana mau ngomong di depan umum dan dunia internasional kalau bahasa Inggrisnya masih kayak anak SD. Atau mungkin lebih pintar anak SD daripada Jokowi?


19. Tes TOEFL untuk anggota dewan

Sebenarnya Mark Zuckerberg tidak hanya dijadwalkan ketemu sama Jokowi saja, masih ada banyak pejabat yang harus ditemui dalam agenda tournya di Indonesia. Mark ingin minta ijin kepada Jokowi untuk melakukan tes TOEFL pada pejabat Indonesia. Hasilnya nanti bakalan jadi syarat utama kalau para pejabat pengen buat akun Facebook. Skor TOEFL minimal untuk pejabat 600. Kayak mau kuliah di luar negeri aja ya?


20. Memberi tips kepada Jokowi 'bagaimana menjadi orang terkaya, tanpa korupsi'



Mark Zuckerberg tidak perlu menjadi pejabat untuk bisa kaya dan terkenal. Untuk sukses tidak perlu melakukan kampanye, nyebar duit, blusukan, dan melakukan pencitraan, bahkan harus korupsi. Dalam agenda pertemuan itu Mark ingin menyampaikan beberapa tips suksesnya agar Jokowi bisa kaya dan sukses tanpa menjadi Presiden dan melakukan korupsi. Cukup bikin Facebook udah bisa kaya, tapi kira-kira Jokowi mau bikin apa ya? Warung bubur kayak Norman Kamaru? Kayaknya nggak banget deh.


21. Mark penasaran dengan arti kata 'Shame On You'

Kemarin waktu lagi anget-angetnya bahas sistem Pilkada muncullah istilah ‘Shame on You’. Mungkin Mark bingung apa artinya kalimat itu, secara kalau arti yang benar dalam bahasa Inggris “Malu pada Anda”, tapi kalau menurut orang Indonesia sih artinya “Malu-Maluin”. Ternyata Mark juga bingung dengan bahasa Inggris, gimana mau ngadain Tes TOEFL ya?


22. Membahas supaya facebook membuat aplikasi 'Jodoh Finder ver 1.0'

Mungkin Pak Jokowi telah mendengarkan keluh kesah para jomblowan dan jomblowati Indonesia yang mereka tak kunjung mendapatkan pasangan. Dengan ini Jokowi akan mengajukan permintaan untuk membuat ruang biro jodoh dalam Facebook. Facebook akan berperan penting dalam memenuhi hajat hidup banyak orang.


23. Ada tombol khusus untuk menghubungi Jokowi di FB

Supaya tidak berasa ada gap antara pemerintah (Jokowi) dengan masyarakat, maka Mark Zuckerberg diminta untuk menambahkan tombol khusus dimana masyarakat bisa menghubungi Jokowi secara personal dengan mudah. Jadi kapan aja masyarakt pengen menghubungi, bisa dilakukan setiap saat.


24. Mark minta diajarin baca Al-Fatihah


Ketika Mark datang ke Indonesia, dia di pesawat duduk dengan seorang muslim yang sedang baca Al-Quran. Kebetulan lagi baca Al-Fatihah, mungkin menurut Mark itu terdengar Indah. Ditambah waktu keliling Indonesia, mampir deh di masjid Istiqlal dan melihat orang Sholat jama’ah. Nah, berdasarkan hal ini, Mark pengen belajar Al-Fatihah dan minta agar Jokowi yang mengajarinya. Keren kan kalau belajar Al-Fatihah sama Presiden?


25. Mark ingin dikenalkan ke Ahok

Apakah Jokowi sudah melupakan Ahok yang dulu pernah mendampingi dalam hari-harinya menjadi Gubernur? Ahok terkenal dengan ketegasan dan kejujurannya, mungkin inilah yang membuat Mark tertarik, dan meminta Jokowi untuk mengenalkan dirinya dengan Ahok.


BONUS:

26. Mark bertanya tentang Candi Borobudur kepada Jokowi

Hari pertama ke Indonesia Mark sudah langsung menikmati sunrise di Candi Borobudur. Nah, kalau pagi-pagi kan masih jarang ada orang, guide pun masih belum bangun. Kemudian Mark ingin menghilangkan rasa penasarannya terhadap Candi Borobudur dengan bertanya langsung kepada Presiden Jokowi. Apakah Jokowi mampu mengatasi rasa penasarannya Mark?


27. Mark ingin selfie dengan Jokowi


Kalau misalkan kalian bertemu dengan orang terkenal, pastilah kamu ngebet banget pengen foto, mungkin selfie. Nah, itulah yang dirasakan oleh Mark, dia ingin sekali foto selfie bareng Jokowi untuk dijadikan pforil picture dan sampul di akun Facebooknya.


28. Jokowi pengen bikin Video Viral

Jokowi itu juga memiliki sifat kalau ingin narsis seperti artis-artis di Youtube. Dalam pertemuan itu Jokowi ingin membuat video viral bersama Mark Zuckerberg agar Jokowi juga bisa jadi artis di Youtube dengan 5 juta view per minggu.


29. Jokowi pengen Mark jadi menantunya


Siapa sih orang tua yang nggak pengen punya menantu terkenal, pinter, dan kaya? Jokowi itu juga manusia, orang tua, dan memiliki putri yang cantik. Mungkin ia berencana menikahkan putrinya dengan Mark.


30. Membangun Indonesia yang lebih baik dengan Facebook


Jokowi akan menambahkan Facebook kedalam program kerjanya sebagai salah satu alat untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. Dengan ini, Jokowi sedang merancang resep kusus bersama Mark. Mungkin salah satu cara yang paling dekat adalah memasukkan pelajaran mengenai Facebook dalam kurikulum pendidikan. Materi pertamanya adalah: "Bagaimana Menjadi Keren Tanpa Foto dan Username Alay"


Wah banyak banget ya kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di dalam pertemuan dua orang penting ini. Ya, semoga dalam pertemuan itu, memiliki maksud untuk membangun Indonesia untuk menjadi lebih baik.

Nah, sekarang apa pendapatmu?

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni