Tips Agar Tetap Tenang Saat Cemburu

Cemburu adalah sejenis perasaan ketidak sukaan terhadap seseorang, ketika seseorang tersebut melakukan pekerjaan yang lain atau memperhatikan sesuatu yang lain. Cemburu dalam hubungan kadang disebut tanda cinta, perhatian, atau bumbu-bumbu percintaan.

Adakalanya seseorang cemburu dengan orang lain yang lebih di perhatikan pasangannya. Cemburu tidak mengenal siapapun, kapanpun, dimanapun. Cemburu itu adalah sebuah reflek perasaan, tidak bisa di cegah atau di buat-buat. Cemburu adalah hal yang alamiah, bisa di cegah dan bisa di obati.

Yang berbahaya adalah cemburu yang sifatnya berlebihan, tidak terkontrol dan berujung pada tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Kalau sudah sepeti itu, cemburu bukanlah tanda cinta atau perhatian pada pasangan kamu, itu sudah mengarah pada obsesi yang berlebihan dan bisa menjadi seorang dengan kelainan kejiwaan akibat kecemburuan yang sifatnya seperti itu.


Saat kamu cemburu mungkin kamu sedang merasakan sesuatu yang tidak enak. Marah, emosi, sedih atau kecewa. Kamu mungkin sedang takut untuk kehilangan seseorang yang disayangi.

Tapi apakah kamu ingat tentang ungkapan, semakin digenggam erat, air akan tumpah melalui celah jari tangan. Dan ketika menegadahkan tanganmu untuk mengambil air itu, kamu akan mendapatkannya dalam keadaan utuh.Aplikasikan terhadap rasa cemburumu dengan pasangan.
Ketika sedang cemburu dan melakukan hal-hal seperti seorang freak pada umumnya, kamu sebenarnya seperti mengekang pasangan untuk melakukan suatu hal. Seperti ingin mengambil air dengan menggenggamnya terlalu kuat. Kamu tidak akan mendapatkan yang diingkan.

Menghadapi rasa cemburu itu butuh ketenangan. Simak langkah-langkahnya ya....bagaimana cara tetap tenang saat kamu sedang cemburu.

Ambil Nafas Dalam-dalam

Langkah sederhana ini akan membantu kamu merasa tenang saat sedang dilanda kecemburuan kepada pasangan. Ambil nafas panjang dan dalam, kemudian keluarkan pelan-pelan saat mendengar atau melihat kejadian buruk yang memicu rasa cemburu dalam hatimu. Katakan dalam hati semua akan baik-baik saja.

Setelah kamu merasa rilexs barulah pikirkan sesuatu untuk mengatasi hal itu. Jaga amarah dan emosimu. Jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan. Karena keputusan yang di ambil dengan keadaan emosi, akan merugikan dirimu sendiri, berbeda dengan keputusan yang kamu ambil ketika sudah merasa tenang dan rilexs.
Setuju nggak kalau semua masalah yang diputuskan dengan keadaan stabil pasti akan berbuah baik? Yang pastinya nggak merugikan diri sendiri ya..  

Tersenyumlah 


Ini juga salah satu tindakan sederhana yang dapat merubah segala sesuatu menjadi lebih baik. tersenyum bisa mensugesti dirimu untuk tetap merasa tenang dan bahagia.


Sembunyikan Air Mata

Ketika kamu merasa cemburu dengan pasanganmu, jangan pernah meneteskan air mata di depannya. Air mata hanya akan membuatmu terlihat lemah. Justru sebaliknya sembunyikan air matamu, termasuk ketika harus pergi dari tempat dimana kamu melihat pasanganmu bermesraan dengan orang lain. Buatlah dirimu kuat dan tegar.

Kamu tidak akan bisa menyelesaikan apapun ketika menangis. Mendatangi mereka yang sedang berduaanpun akan sia-sia. Kamu hanya akan meluapkan emosi yang tak berarti tanpa menuju poin pembicaraan yang sebenarnya ingin kamu sampaikan. Dan ketika memergoki mereka di tempat umum, tindakan emosi ketika dilanda kecemburuan tidak etis jika dilihat banyak orang.

Ini bukan hanya akan mempermalukan pasangan dan selingkuhannya, tapi akan menjatuhkan imagemu sebagai perempuan. Ketika terlihat kamu lemah maka yang akan merasakan kebahagiaan bukan pasanganmu, melainkan selingkuhannya. Hal ini akan di jadikan peluang emas untuk semakin menggoda pasanganmu. Keadaan akan semakin buruk ketika hal itu terjadi.
Pulanglah untuk menenangkan pikiranu, tumpahkan air matamu pada sahabat atau bisa juga sendiri. Jangan terlihat lemah di hadapan siapapun. Tanyakan mengenai apa yang dilihat keesokan harinya, atau saat kamu benar-benar siap berbicara tanpa emosi dan air mata. Ini akan lebih baik ya...

Alihkan Dengan Kegiatan Lain


Saat kamu merasa cemburu dengan kegiatan pasangan yang membuatnya lupa untuk memperhatikanmu, maka carilah kegiatan lain untuk mengalihkan perasaan cemburu itu. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman, keluarga atau menyibukan diri dengan hal-hal yang membuatmu bahagia.

Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi lamamu, atau berkunjung ke tempat makanan yang baru, bisa juga memperhatikan kebun yang ada dirumahmu. Kecemburuan hanya akan menimbulkan pikiran buruk dan menguras fokus kamu.
Ingat bahwa kamu punya kegiatan yang memerlukan fokus darimu. Mungkin pasangan kamu sedang mengejar karirnya, dan itu tidak lain adalah sebagian usahanya untuk merancang masa depan bersamamu.

Atau mungkin juga dia sedang dengan dekat dengan bosnya dalam waktu yang lama karena harus menyelesaikan tugas ke luar kota, dan kebetulan bosnya adalah seorang lawan jenis yang menarik. Jangan terburu-buru menghakiminya, dia hanya melakukan pekerjaan dengan profesional.

Untuk membuat kamu tenang, maka lakukan hal yang sama, jangan sibuk menceburuinya, karena itu akan menghambat langkahnya. Akan lebih baik jika kamu juga fokus dengan pekerjaanmu, sebagai wujud dalam proses merencanakan masa depan bersamanya.


Cari Tahu Infomarsi Lain Lewat Temannya

Ketika pasanganmu mengajak teman perempuannya yang lain meghadiri sebuah pesta, dan dia tidak mengajakmu, kamu patut untuk cemburu. Tapi lihatlah situasi, tempatkan cemburumu dengan baik pada situasi dan kondisi yang tepat.

Kamu dapat meminta bantuan temanmu yang lain yang sedang berada dalam satu pesta tersebut untuk mengawasi pasanganmu. Tanyakan apa yang ia lihat saat itu, apakah terjadi hal-hal yang diluar batas yang dilakukan pasangan kamu dan temannya atau tidak.
Namun pastikan temanmu adalah teman yang jujur dan tidak pandai mendramatisir keadaan. Karena bisa saja temanmu melebih-lebihkan cerita tentang apa yang dia lihat. Maka pilihlah teman yang mampu menilai dan mengamati dengan benar tanpa kurang atau berlebihan.
Setelah kamu mendapati laporan yang tidak begitu menyenangkan tentang tingkah pasanganmu dengan temannya saat pesta dari temanmu tersebut, klarifikasi kebenarannya langsung dengan pasanganmu. Tentu kamu adalah yang paling mengenal pasangan kamu sendiri, saat dia jujur atau berbohong, kamu pasti sudah tau gelagat dan ciri-cirinya.

Cemburu memang tidak selalu butuh alasan. Kadang seseorang mencemburui suatu hal yang belum terjadi. Dan saat itu terjadi, dia akan membenarkan dengan penuh keyakinan apa yang pernah ia pikirkan sebelumnya.

Tidak ada salahnya kamu untuk melihat realita, dan akhirnya harus merasakan kecemburuan pada pasanganmu, tapi cobalah berfikir positif agar meminimalisir hal-hal buruk yang terjadi sesuai dengan fikiran kamu. Pikiran akan mensugesti suatu hal. Maka jika kamu menginginkan hal yang baik, tanamkan pikiran positif terhadap pasanganmu. Dengan begitu kamu akan menghadapi kecemburuan dengan tenang.


Bicarakan Kepada Temanmu Bahwa Kamu Telah Merasa Terancam ditinggalkan Oleh Kekasihmu


Hal ini akan membuat temanmu mengerti apa saja yang harus mereka lakukan. Hal apa yang harus di amati, dan laporan apa yang akan di suguhkan kepadamu. Pentingnya menyampaikan tujuan ketika kamu menyuruh temanmu untuk memata-matai kekasihmu dalam suatu acara adalah adalah agar dia tidak membicarakan maksudmu pegintaianmu terhadap pasangan kamu.

Hal itu akan membiarka pasangan kamu tidak merasa terintai atas keberadaan temanmu, dan tetap melakukan hal secara wajar dan bebas. Dengan kebebasan yang seolah-olah telah dimiliki pasanganmu dalam acar tersebut, maka dia akan menunjukkan tingkah yang sebenarnya.


Berfikirlah Sebelum Panik

Ketika seseorang terancam akan kehilangan pasangannya, pasti yang ia rasakan adalah cemburu. Bahkan bisa saja cemburu buta. Jangan lekas panik karena feeling yang belum kejadian. Semua masih bisa berubah dan jika sudah terjadi masih bisa di perbaiki.
Daripada kamu menyibukan diri dengan kepanikan yang tidak beralasan, lebih baik berpikir tentang kebenaran kejadian yang baru kamu pikirkan. 
Kadang ketika pasangan lebih ingin bersama orang lain, mungkin dia butuh hiburan yang benar-benar dapat menyegarkan pikirannya, itu tidak berarti dia punya komitmen dengan kamu, atau bukan berarti dia melupakanmu sebagai kekasihnya.

Pikirkan alasan kekasihmu melakukan hal demikian. jangan keburu panik, karena ketika panik, kamu akan menjadi posesif dan sensitif terhadap suatu hal. Panik akan menuntuk kamu untuk mensugesti pikiran menjadi buruk.


Setelah Melakukan Pengintaian, Buatlah Jadwal Untuk Bertemu Dengan Temanmu Tersebut


Mintalah dia bercerita dengan jelas, nyata, dan tidak menambah atau mengurangi inti cerita pengintaian tersebut. Jangan lakukan itu dirumah, hal ini mengantisipasi jika pasanganmu tiba-tiba datang kerumahmu. Dia pasti merasa kamu telah mengirim mata-mata saat dia mendatangai pesta kemarin.

Buatlah jadwal pertemuan di luar, di sebuah cafe atau taman yang tidak terjangkau oleh pasangan kamu. Persiapkan hatimu untuk mendengar dengan kemungkinan cerita yang tidak menyenangkan. Jangan tunjukan amarahmu terhadap temamu saat ditengah-tengah ceritanya. Hal ini akan merusak suasana, bisa jadi temanmu enggan melanjutkan cerita karena merasa tidak enak hati denganmu.

Pahami apa yang diceritakan temanmu tentang pengamatannya terhadap kekasihmu, buatlah pertanyaan-pertanyaan detail untuk meyakinkan dirimu sendiri. Seperti apa yang dia lakuakan, bagaimana gesturnya saat melakukan itu, apakah ada pembicaraan yang serius atau tatapan yang tidak wajar.

Buatlah temanmu bercerita tentang pengamatannya secara enjoy, jangan bebani dengan ekspresi perasaan cemburumu secara berlebihan. Karena hal yang dia ceritakan belum tentu sama dengan maksud yang terjadi saat kejadian. Jangan biarkan kamu menduga-duga, agar kamu berpikir netral


Berfikir Positif

Befikirlah positif sebelum kamu bertindak ceroboh atas kecemburuan yang melandamu. Ingat pasangan sudah memilihmu, artinya kamu lebih istimewa dari siapapun. Dengan menyadari hal itu apakah masih mencemburui pasanganmu?.

Ketika tidak yakin betapa istimewanya kamu, akan muncul rasa terhantui dengan perasaan ketakutan kehilangan yang tidak ada habisnya. Itu akan menyiksa dirimu sendiri, bukan hanya hatimu yang rusak karena pikiran yang belum tentu benar, tapi lama-kelamaan akan mengganggu kesehatanmu.
Didalan tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ketika kjiwaanmu bermasalah tubuhmu juga akan bereaksi buruk.
Yakinlah kamu adalah pilihan terbaik untuknya, jadi siapapun yang mengganggu pasanganmu pastilah tidak sebaik dirimu. Tanamkan sugesti positif itu dalam-dalam. Munculkan saat merasa cemburu yang tak berkesudahan.


Berikan Kepercayaan Penuh Padanya

Rasa saling percaya akan membuatmu tenang saat dilanda kecemburuan hebat terhadap pasangan. Berikan pasangan kebebasan melakukan apapun dengan siapapun. Namun demikian tetap kamu harus memantaunya dari kejauhan.

Jangan lepaskan dia tanpa perhatian, dan jangan lupakan kebiasaan-kebiasaan yang membuat dia nyaman. Dengan begitu, setiap pasangan ingin selingkuh atau bermain dengan orang lain, dia akan ingat siapa yang terbaik dan dia akan tahu kemana dia harus pulang.
Sudah menjadi ciri manusia, jika selalu menginginkan apapun yang terbaik baginya, dan bagi kehidupannya. Ketika kamu memantaskan diri untuk orang lain, maka kamu akan mendapatkan seorang yang benar-benar pantas untukmu.

Simak yang Ini Juga ya...

Ketika kamu memulai perkelahian dengan pasangan karena rasa cemburu yang belum tentu kejelasan dan kebenarannya ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi

Pasangan Akan Menilai Kamu Posesif

Dia akan tertekan dengan sikap cemburumu yang berlebihan. Ingat, pasangan kamu hidup bukan hanya untukmu dan dia sendiri, tapi dia juga butuh berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain, baik itu pekerjaan, pertemanan, atau keluarga.


Apa Jadinya Jika Kamu Cemburunya Berlebihan


Ketika kamu merasa cemburu yang berlebihan dan memancing perkelahian, kamu akan merasa malu ketika itu tidak terbukti. Kamu akan mendapatkan image posesif, sekaligus rasa malu. Itu sangat merugikanmu saat kamu sedang ingin serius membina hubungan dengan pasangan. Kamu bisa
membuat dia ilfil dengan sikapmu.


Rata-rata Pasangan Memang Senang Jika dicemburui

Tapi bila itu dilakukan secara wajar, sebagai bumbu-bumbu hubungan agar tidak hambar. Bisa juga dibuat bahan bercandaan untuk keisengan saja. Namun saat cemburu sampai memicu perkelahian, pasangan akan merasa terpojokan, dan seakan-akan kebebasanya terenggut, sehingga dia merasa tidak nyaman lagi denganmu.
Pasangan dengan intensitas ketidak nyaman yang tinggi akan berfikir untuk mencari kenyamanan di tempat yang baru. 

Kontrol Emosimu

Sekalipun pencemburu biasanya setia, tapi setia saja tidak cukup untuk menyamankan hubungan dengan pasangan. Kamu perlu mengontrol emosi saat sedang cemburu, agar tidak sering memicu perkelahian dengan pasangan.

Ketika melampiaskan emosi karena cemburumu terhadap seseorang yang diduga sebagai selingkuhan pasanganmu, itu sudah menunjukan bahwa kamu sangat tidak berkelas, karena itu tidak ada gunanya. Bisa jadi kamu telah salah menilai orang, itu hanya akan mempermalukan dirimu sendiri dan pasangan.


Kenapa Harus Tetap Tenang


Pentingnya menghadapi rasa cemburu dengan tenang adalah untuk menghindari perkelahian fisik yang biasanya terjadi karena kontrol emosi yang kurang.
Cemburu memanglah tanda sayang, tapi ketika kamu cemburu dan melampiaskan emosimu dengan menyakiti fisik pasanganmu, cemburu sudah bukan menjadi tanda sayang, melainkan tanda bahwa kamu sangat terobsesi dengan seseorang hingga menjadi sangat ketakutan untuk kehilangan dia. Hal itu akan membuat hubungan kamu tidak sehat kedepannya.
Jangan sampai kamu seperti gambar di atas, pastinya menakutkan. Jika sudah main tangan itu sudah tidak sehat.


yang Harus dilakukan Jika Dia Benar-benar Selingkuh

Dan ketika perselingkuhan telah resmi terjadi, tetaplah untuk tenang dan selesaikan permasalahan itu secara dewasa. Perselingkuhan terjadi bukan hanya karena faktor kesalahan dari pasangan, tetapi bisa juga ada yang salah dengan dirimu yang tidak pernah dia ungkapkan padamu. Bersikaplah saling terbuka satu sama lain, agar tidak menimbulkan kecurigaan dan rasa cemburu yang berlebihan.

Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni