Tips Ampuh Menghilangkan Stress

Manusia tentu memiliki berbagai masalah dalam hidupnya. Tapi, masalah pun bisa berbeda-beda. Kadang dalam hitungan menit bisa langsung diselesaikan. Namun, sering masalah-masalah tersebut sangat sulit sekali untuk dihindari atau ditemukan solusinya.

Stress via pixabay.com

Masalah tersebut seperti masalah keluarga, percintaan, persahabatan, finansial ataupun masalah-masalah yang terkait dengan pekerjaan kamu sehari-hari. Stress itu merupakan puncaknya dari berbagai tekanan yang ada dalam masalah tersebut.

Kalau sudah begitu, pasti kamu akan bertanya-tanya ada gak sih tips untuk bisa menghilangkan stress tersebut? Tentu saja ada dong! 

Jika stress ini dibiarkan maka akan sangat berpengaruh dalam diri kamu. Berikut adalah gejala dari stress:


Dari Sisi Cognitif:
  • Masalah daya ingat
  • Tidak mampu berkonsentrasi
  • Cemas atau pikirannya mulai kemana-mana
  • Selalu saja khawatir
  • Yang dipikirkan dengan yang dilihat itu banyak negatifnya

Dari Sisi Emosi

  • Moody
  • Gampang marah
  • Tidak bisa relaks
  • Merasa terkekang
  • Feel alone (merasa sendiri, kesepian dan terisolasi)
  • Depresi atau tidak bahagia

Dari Sisi Fisik

  • Sakit dan nyeri
  • Diare atau justru susah untuk BAB
  • Sakit di dada dan detak jantung cepat
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sering terkena demam

D. Dari Segi Perilaku

  • Makan menjadi tak terkendali (makan banyak) atau justru makannya berkurang
  • Terlalu banyak tidur atau justru susah tidur
  • Sering menunda-nunda atau menolak suatu tanggung jawab
  • Mengisolasi diri dari orang lain
  • Menggunakan rokok, alcohol agar bisa relaks
  • Kebiasaan yang mencerminkan kegelisahan (seperti menggigit jari kuku, mondar-mandir tanpa henti, dll)


Banyak orang yang stress tapi mereka tidak menyadarinya karena sudah dianggap biasa. Kamu sama sekali tidak menyadarinya dan seolah-olah kamu berada di jalan tol bebas hambatan yang langsung bisa melangkah sejauh apapun itu. Inilah yang disebut dengan hidden stress (stress yang tersembunyi). Mereka mengalami gejala-gejala di atas tapi mereka merasa hal tersebut adalah hal yang biasa dan waja-wajar saja.

Nah, setelah mengetahui gejala-gejala stress, alangkah baiknya jika mengetahui penyebab-penyebab stress tersebut. Apa sih penyebab stress? Penyebab stress bisa karena faktor internal maupun eksternal.

a. Secara umum dari faktor internal adalah :

Ketidakmampuan untuk menerima ketidakpastian
Sikap pesimis
Self Talk (cara berbicara pada dirinya sendiri) yang negatif
Ekspektasi (pengharapan) yang tidak realistis
Perfeksionis, terlalu menuntut semuanya serba sempurna
Tidak adanya ketegasan

b. Sebab dari faktor eksternal

Perubahan hidup yang besar
Pekerjaan
Relasi yang tidak bagus
Masalah finansial
Terlalu sibuk
Masalah anak atau keluarga (bagi yang sudah menikah)

Stress bagi tiap orang itu tidak sama. Misalnya suatu masalah bagi si A bisa menyebabkan stress, tapi bagi si B hal itu tidak menimbulkan stress. Jad, tergantung orang yang melaluinya.


Ada banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh stress, di antaranya adalah :

Masalah di hati
Masalah pencernaan
Susah tidur atau insomnia
Depresi
Obesitas
Penyakit auto imun

Teman-teman semua. Sebenarnya banyak sekali tips maupun cara yang dapat kamu lakukan agar bisa menghilangkan stress tersebut. Apa saja sih itu? Nah, berikut ini saya akan mengupas berbagai tips ampuh untuk menghilangkan stress tersebut. Berikut ini merupakan cara ampuh atau solusi menghilangkan stress dalam kehidupan sehari-hari ataupun pada masalah pekerjaan kamu dengan mudah.

Check this out and don’t go anywhere guys!


Lakukan Kegiatan yang Menyehatkan

Olahraga via pixabay.com

Seperti contohnya adalah dengan berolahraga. Kamu bisa berolahraga dengan cara berjalan kaki atau berlari-lari santai. Aktivitas tersebut ternyata mampu membuat kamu merasa lebih rileks dan dapat juga menurunkan tekanan darah serta menghasilkan hormone endorphin yang dapat menghilangkan stress tersebut. Tapi ternyata bukan hanya berolahraga saja yang dapat membantu menghilangkan stress tersebut.


Reframing

Refreaming via pixabay.com

Maknai ulang apa yang telah terjadi dengan positif


Atur standar kamu

Buat standar diri via pixabay.com

Buatlah standar yang mudah dicapai dan tidak usah terlalu muluk-muluk. Sesuai kemampuan kamu saja.


Lakukanlah pemijatan tubuh (body massage)

Lakukan pijat tubuh via pixabay.com

Pemijatan baik sekali untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Setelah melakukan pemijatan, kamu akan mengalami perbaikan pada kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan keletihan anda menjadi lebih baik.


Lakukanlah hobi kamu seperti memancing, mendaki gunung atau apapun itu yang kamu senangi

Lakkukan hal yang digemari via pixabay.com

Kamu juga bisa melakukan petualangan yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya seperti misalnya berarung jeram. Melakukan kegiatan seperti ini ternyata dapat menghilangkan pikiran-pikiran yang menyebabkan si stress tersebut datang.


Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress

Air mineral minuman ampuh pemghilang stress via pixabay.com

Tapi pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan si stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang dapat menyebabkan relax saat itu (hanya saat iru lho ya), tetapi setelah efek alcohol hilang, stress akan membangunkan kamu d itengah malam. Maka dari itu jangan lah minum-minuman yang beralkohol. Dengan kamu banyak minum air putih, akan membantu memulihkan tubuh kamu dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.


Lakukanlah meditasi

Lakukan meditasi via www.huffingtonpost.com

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang ampuh untuk mengatasi si stress adalah dengan cara meditasi. Dengan kamu bermeditasi akan sangat membantu membersihkan pikiran kamu dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan melakukan istirahat atau beristirahat selama 1 jam. Meskipun kamu hanya melakukan meditasi selama 2 menit, itu tetap akan sangat membantu kamu dalam melupakan hal-hal yang menyebabkan stress dan mengurangi si stress tersebut.


Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskan dengan mengkonsumsi berbagai dan banyak makanan

Makan terlalu banyak dapat memicu stress via http://runnow.eu

Perlu kamu ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah, letih dan membuat mood kamu menjadi jelek.


Jika tubuh kamu sedang lelah dan letih, tidak mudah bagi kamu dalam mengendalikan stress

Tidur yang cukup via www.huffingtonpost.com
Tidak cukup tidur juga akan mempengaruhi keseluruhan hari kamu dan biasanya kamu akan mengalami hari yang buruk dikarenakan kuranf tidur sehingga menyebabkan kamu tidak berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang sebenarnya. Maka dari itu, tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 7 jam sehari.


Janganlah menunda-nunda pekerjaan sehingga semakin dan semakin menumpuk nantinya.

Jangan menumpuk pekerjaan via pixabay.com

Salah satu penyebab stress yaitu terkait dengan masalah pekerjaan yang sangat menumpuk. Jika kamu tidak menunda-nunda pekerjaan yang dapat kamu selesaikan terlebih dahulu, tentu kamu tidak ada kata pekerjaan yang menumpuk. Nah dengan begitu stress kemungkinan besar tidak akan menimpa kamu.


Lakukanlah yoga

Lakukan Yoga via ventureyogastudio.com
Ketika kamu mempunyai wantu luang atau waktu kosong, alangkah baiknya jika kamu meluangkan sedikit waktu kamu untuk melakukan yoga (yoga di sini bukan nama orang lho!). Ada beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian dada dan pundak sehingga dapat melepaskan beban mental maupun pikiran. Postur ini dapat membantu melepaskan tekanan emosional serta dapat menghilangkan pikiran negatif.


Bernafas dalam-dalam

Bernafaslah dengan dalam via breatheheartfully.com

Bernafas dalam-dalam dapat mengurangi beban atau masalah yang sedang kamu alami dan dapat membuat dirimu rileks. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan buanglah secara perlahan. Lakukanlah hal tersebut berulang kali. Hal ini dikarenakan pada saat tubuh mengalami stress, maka kamu akan condong bernafas lebih cepat dari biasanya.


Mendengarkan musik

Dengarkan musik via www.hungryforchange.tv

Dengan kamu mendengarkan musik, itu merupakan salah satu cara yang ampuh dan mudah untuk kamu lakukan dalam menghilangkan stress. Dengarkanlah lagu-lagu kesayangan kamu yang dapat membuat dirimu menjadi lebih nyaman dan santai. Dengan mendengarkan musik juga berdampak baik untuk otak kamu.


Tertawa

Tertawalah via pixabay.com

Berani katakan 'tidak'

Berani katakan 'tidak' via blog.knightsbridge.com

Tips berikutnya untuk mengilangkan stress adalah kamu harus memiliki keberanian untuk mengatakan tidak terhadap sebuah pekerjaan baru yang dibebankan kepada kamu yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan kamu yang sekarang ini. Misalnya saja dalam pekerjaan kamu sekarang sebagai administrator, tapi kamu dibebani pekerjaan untuk mengerjakan pekerjaannya packing. Langsung katakana tidak, karena ini akan mengakibatkan pikiran kamu menjadi tidak focus dan menjadi terbelah dua antara pekerjaanmu sekarang dan pekerjaan yang dibebankan kepadamu tersebut, sehingga nantinya akan bisa menyebabkan stress itu muncul


Belajar menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang kamu alami

Menerima diri apa adanya via www.dntstore.com

Baik itu terkait dengan nikmat dan segala cobaan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada diri kamu.


Berpikir positif 

Berpikirlah positif via www.successconsciousness.com

Selalu memiliki perasaan untuk berfikir positif atau positive thingking terhadap segala masalah yang menimpa diri kamu, serta berusaha untuk mengambil pelajaran dari masalah-masalah tersebut. Sehingga ke depannya kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya.


Luangkan waktu untuk menghibur diri

Menghibur diri dengan games via tl-dr.ca

Menghibur diri sendiri itu merupakan salah satu tips yang ampuh untuk menghilangkan stress tersebut. Luangkanlah waktu sebentar di padatnya aktivitas yang kamu jalani dengan menghibur diri sendiri. Kamu bisa menghibur diri sendiri dengan berbagai hiburan yang kamu sukai seperti games, mendengarkan music yang kamu sukai, menonton film yang biasa kamu sukai juga atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menghibur kamu.


Berusahalah fokus pada sebuah pekerjaan yang ada di hadapan kamu

Fokus via www.lifehack.org

Melakukan pekerjaan banyak dengan waktu yang bersamaan dapat juga menimbulkan stress. Oleh karena itu, selesaikanlah satu pekerjaan terlebih dahulu kemudian berpaling untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Ini juga merupakan cara ampuh untuk menghilangkan stress pada diri kamu.


Rencanakan dengan baik aktivitas kamu, apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas

Buat perencanaan via careers.mines.edu

Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya untuk jangka panjang saja,tapi juga untuk jangka pendek juga (rencana bulanan, rencana harian).


Refleksi diri 

Refleksi dan introspeksi diri via pixabay.com

Pastinya kamu di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerjamu. Cobalah ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang sedang kamu hadapi sekarang ini.


Terbuka 

Bersikap terbuka via pixabay.com

Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, seperti dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesame rekan-rekan pada tempat kerja tersebut.


Jangan malu bertanya

Jangan malu bertanya via funnado.com

Pastikan kamu mengerti dengan tugas-tugas dan tanggung jawab kamu dan janganlah ragu-ragu untuk bertanya.


Istirahatkan diri 

Istirahat sejenak dari rutinitas via pixabay.com

Lakukanlah beberapa kali break untuk beberapa menit selama kamu bekerja. Agar kamu bisa merefresh kembali otak yang telah tercurahkan untuk bekerja.


Toleransi 

Bertoleransi via www.nomblog.com

Ingatlah bahwa masing-masing orang itu mempunyai kepribadian yang unik. Contohnya beberapa orang membutuhkan waktu yang lebih untuk menyelesaikan pekerjaannya, sementara orang lain justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan.


Bagi kesibukan 
Jika kamu seorang boss, maka delegasikan sebagian tanggung jawab kamu kepada anak buah kamu agar tidak menjadi beban pada kamu sebagai boss. 


Luangkan waktu rekreasi bersama 

Rekreasi bersama via www.centervilleut.net

Pertahankan semangat tim kamu, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil saat perusahaan menang tender, berolahraga atau berekreasi bersama.


Sediakan lingkungan kerja yang baik 

Sediakan lingkungan kerja yang nyaman via pixabay.com

Minimalkanlah gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu. Misalnya karena cuaca yang sangat panas terus AC tidak berfungsi, sedangkan pekerjaan menumpuk maka kamu bisa saja mengalami stress yang begitu tiba-tiba.


Lakukan Hipoterapi

Hipoterapi via http://sahabat-sehati.com

Terakhir, jika cara-cara diatas tidak berhasil, maka kamu perlu tindakan lebih lanjut sebagai cara mengatasi dan menghilangkan stress. Caranya adalah dengan melakukan terapi hipoterapi. Hipoterapi ini bukan sesuatu yang sering muncul dan dilihat di layar kaca, ini sangat jauh berbeda dengan dengan yang ada di televisi. Di sini kamu tetap sada dan punya kontrol atas diri kamu sendiri. Kamu dapat berbicara, mendengar, dan bergerak selama proses terapi tersebut. Jadi, bukan kamu yang dikontrol. Kamu tetap berkuasa penuh atas diri kamu sendiri. 

Dengan hipoterapi ini semua sumber stress dibuang, semua hal yang tidak membuatmu nyaman  akan dibuang dan bagi si pasien terapi akan diberikan sugesti positif untuk lebih semangat dan lebih merasa mampu. Tidak hanya sugesti positif tapi juga mencari akar masalah dari stress yang terjadi pada diri kamu. Bisa juga menyelesaikan konflik batin kamu.


Ternyata ada banyak tips untuk menghilangkan stress, bukan? Jika kamu mau mempraktikkannya maka setidaknya stress kamu akan perlahan-lahan bisa menghilang.

Saya pernah mendengar bahwa untuk menghilangkan stress itu harus dimulai dengan niat. Jika kamu berniat untuk menghilangkan stress, maka bulatkan tekad kamu untuk berusaha menghindarinya sebelum si stress datang menghampiri. Jika stress sudah datang menghampiri, maka berusahalah mencari tahu dengan detail apa saja sih yang menyebabkan si stress itu menghampiri. Jika sudah ketemu penyebabnya, maka lakukanlah tips-tips atau cara-cara tersebut di atas. Oiya, jangan juga lupa untuk menjaga kesehatan juga agar kamu bisa terhindar dari hal-hal yang dapat membuat kamu stress.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni