Tips Cepat Menghilangkan Bau Badan

Pernahkah kamu mengalami bau badan? Saat udara panas terus kamu kringetan, ketiak basah pasti suatu hal yang paling membuatmu tidak nyaman bukan? Apalagi sedang dekat dengan seseorang yang ditaksir. Haduh tidak... kenapa bisa begitu?

Bau badan? via sefrian92.blogspot.com

Terus apa sih bau badan itu? Apa penyebab bau badan? Bau badan adalah masalah serius khususnya bagi perempuan. Apa jadinya kalau kita sedang berkumpul dengan teman terus mereka kabur karena tidak kuat dengan bau badan kita. Selain risih masalah bau badan adalah hal yang sangat memalukan. 

Sebenarnya bau badah ditimbulkan oleh keringat yang terinfeksi bakteri. Yang berbau sepeti asam adalah asam propionat atau asam propanoat yang mengandung bau asam seperti cuka, asam ini merupakan hasil uraian keringat oleh propioni bacteria yang merupakan salah satu jenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia ketika usia remaja dan dewasa. 

Menjaga kebersihan badan adalah hal yang paling utama untuk kamu lakukan agar tidak terjangkit bau badan.

Bau badan dapat dikurangi atau dihilangkan asal kamu menjaga kebersihan diri, karena jika menjaga diri maka tidak ada bakteri yang berkembang yang membuat bua badan dan kamupun bisa tampil percaya diri dengan penuh semangat. 

Teman-teman kamupun akan merasa nyaman duduk didekat kamu. Beberapa tips di bawah ini semoga dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah bau badan:


Mandi 

Mandi via pixabay.com

Mandi adalah hal yang paling menyegarkan. Dengan mandi juga maka kamu akan merasa nyaman dan wangi. Jika sudah mulai berkeringat karena panasnya suhu udara, cobalah untuk mandi kalau perlu sedia selalu sabun mandi dan handuk kecil ditas. Sehingga ketika sudah mulai tidak nyaman bisa mandi di kampus atau kamar mandi umum.

Namun, penting untuk menggunakan sabun atau deodoran antibakteri ketika mandi, bukan hanya membilasnya dengan air. Ketika mandi, fokuskan pada ketiak dan kaki, karena mereka adalah dua daerah bau badan terbesar.


Terapkan mandi secara teratur

Mandi dengan teratur via pixabay.com

Seperti disebutkan di atas, mandi dapat membantu untuk menyingkirkan bau badan dengan cepat. Memastikan untuk mandi setiap hari dapat membantu untuk membuat kamu merasa bersih dan segar saat melakukan kegiatan sehari-hari. 

Ketika mandi pastikan untuk menggunakan exfoliant (exfoliant adalah produk untuk mengelupas kulit mati seperti scrub) beberapa kali seminggu. Hal ini dapat membantu untuk membersihkan kotoran, kulit mati, dan bakteri, yang semuanya dapat berperan dalam menciptakan bau badan. Kamu dapat membeli exfoliant di apotek setempat, atau dapat membuat exfoliant alami sendiri. 


Mandi pakai sabun anti bakteri 

Gunakan sabun anti bakteri via sampulremaja.blogspot.com

Agar bakteri penyebab bau badan mati dan badan kamupun akan segar beraktifitas seharian. Saat mandi, itu adalah suatu keharusan untuk menggunakan sabun mandi antibakteri untuk mengurangi jumlah bakteri dikulit dan menghindari bau badan. 

Pastikan untuk membaca daftar bahan sebelum membeli sabun, terutama jika memiliki kulit sensitif. Hal ini untuk memastikan bahwa kulit tidak akan terganggu oleh sabun yang kamu beli. Jika terjadi iritasi pada kulit, beralihlah ke sabun antibakteri ringan.


Gunakan antiperspirant

via prevention.com

Antiperspirant membentuk blok menggunakan bahan kimia tertentu (seperti aluminium) terhadap berkeringat dan keringat, yang membantu untuk menghilangkan bau badan. Gunakan antiperspirant ini untuk aktifitasmu sepanjang hari, tetapi mungkin kamu perlu mengajukan permohonan kembali, terutama jika sudah melakukan sesuatu seperti berolahraga. 

Dan gunakan kembali setelah kamu berolahraga atau beraktifitas berat yang membuatmu berkeringat. Tidak seperti deodoran, antiperspiran sebenarnya menghilangkan keringat, sementara deodoran hanya topeng bau. 

Telah ada banyak pembicaraan tentang apakah antiperspirant yang mengandung aluminium kanker penyebab payudara, atau Alzheimer, tetapi penelitian medis tidak pernah terbukti adanya hubungan antara antiperspirant dan penyebab kanker (antara kanker payudara dan parabens), jadi aman untuk digunakan.


Gunakan deodoran

Gunakan deodoran via alibaba.com

Gunakan deodoran untuk menutupi bau badan dengan cepat. Berkeringat tidaklah buruk untuk kamu kecuali jika secara berlebihan dan menunjukkan masalah yang lebih besar sehingga kamu tidak ingin menghilangkannya sama sekali. 

Berkeringat adalah proses metabolisme dan membantu menurunkan suhu tubuh jika tubuh kamu terlalu panas. Deodoran hanya menutupi bau, tidak menghilangkan bau badan sepenuhnya, sementara tidak menyingkirkan kelembaban itu sendiri.

Beberapa deodoran bertahan lebih lama daripada yang lain. Jika mencari perbaikan cepat untuk masalah bau badan, gunakan deodoran yang tepat buat kamu dan baca aturan pakai.


Gunakan campuran hidrogen peroksida

Gunakan Hidrogen Peroksida via amazine.co 

Jika kamu berada di rumah dan tidak memiliki deodorant antiperspirant ditangan, cobalah mencampur satu sendok teh 3% hidrogen peroksida dengan satu cangkir air. Aduk campuran bersama-sama, dan kemudian celupkan waslap dalam larutan. Gosok lap basah di bawah ketiak untuk meringankan apapun bau badan yang mungkin kamu miliki.


Gunakan Sanitizer

Gunakan sanitizer via artstalks.tumblr.com 

Gosok pada ketiak jika kamu berada di tempat yang benar-benar ketat dan harus menghilangkan bau badan secepat mungkin, kamu dapat menggunakan pembersih tangan untuk menyingkirkan bau. 

Untuk menggunakan pembersih tangan sebagai bantuan dari bau badan. Menyemprotkan sejumlah kecil pembersih tangan ke tangan. Lalu gunakan tangan untuk menggosok sanitizer pada ketiak. Sanitizer ini akan membantu untuk melawan bakteri yang menyebabkan bau badan kamu tercium.


Gunakan kertas minyak blotting

Gunakan kertas minyak via myownlifemyself.blogspot.com

Jika kamu berkeringat berat dan takut bau badan mulai tercium, gunakan tinta minyak untuk menyeka keringat. Kertas ini sangat efektif dalam menyerap kelembaban, sehingga menggosok salah satu koran di bawah ketiak atau di manapun kamu berkeringat untuk mencegah diri dari awal sampai bau.


Batu tawas

Batu tawas via achive.kaskus.co.id

Gosokkan batu tawas di daerah pusat bau badan seperti ketiak dan kaki. Alum atau bati tawas merupakan mineral yang mengandung sifat yang dapat membantu untuk melawan bakteri yang membuat bau badan. 

Untuk menggunakan batu tawas, kamu bisa mengoleskannya pada ketiak sejauh dengan cara yang sama ketika menggunakan deodoran. Jika kamu berkeringat, pertimbangkan mencuci batu setelah menerapkannya pada kulit. 

Jadi jangan lupa dicuci kembali jika sudah di pakai ya guys... agar tidak menjadi tempat berkembang bakteri.

Lumpur

Lulur lumpur via www.jmggroup.co.id

Menghilangkan bau badan dengan lupur adalah cara yang dilakukan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. Untuk jaman sekarang mungkin kamu akan merasa kotor atau gimana. Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba, atau mungkin sedang berpetualang untuk tinggal di daerah perbatasan dan biasanya sangat minim ada toko-toko penjual deodora. 

Intinya semua ilmu yang dipunya nantinya akan bermanfaat. Caranya gosokkan lumpur di daerah stinkiest tubuh. Jika kamu berada di luar dan di alam tidak memiliki deodorant antiperspirant ditangan, coba untuk menggosok beberapa lumpur di ketiak atau kaki dan membiarkan lumpur kering. Setelah kering, bilas dengan air bersih. 

Tujuan melakukan hal ini adalah untuk mengeringkan dan menghilangkan kulit mati dan keringat tua yang mungkin menyebabkan bau badan, sama seperti masker lumpur bekerja. 

Gunakan spritz

Spritz cuka via pixabay.com
Jika kamu tidak suka menggunakan produk yang dibeli di toko, cobalah menggunakan beberapa solusi alami untuk mengatasi masalah bau badan dengan cepat. Cuka merupakan antiseptik alami yang dapat membantu membunuh bakteri atau jamur di daerah masalah seperti kaki atau ketiak. 

Spritz beberapa sari putih atau apel pada bidang-bidang dan kemudian bersihkan kulit keringmu. Kamu juga bisa mencairkan vodka dengan air dan spritz pada ketiak. Hal ini terkenal digambarkan oleh Joan Rivers sebagai "broadway trik lama" yang dia sendiri menggunakan. 

Jika cuka tidak cocok buat kulit, kamu dapat mencoba sterilisasi alam lainnya seperti minyak pohon teh atau witch hazel, yang keduanya memiliki efek yang sama dengan yang cuka. 

Jus lemon

Minum jus lemon via pixabay.com

Jus lemon yang menyegarkan juga bisa untuk menghilangkan bau badan caranya gunakan jus lemon yang diencerkan. Jus lemon dianggap agen antibakteri dan antijamur alami. Karena itu, dapat digunakan menghilangkan bau badan dengan cepat. 

Untuk menerapkan jus lemon ke ketiak atau kaki, kamu dapat menuangkan jus lemon ke kain lap yang bersih, atau menggosok irisan lemon ke area masalah. Namun, kamu mungkin perlu bereksperimen dengan berapa banyak lemon jus yang dimasukkan pada kulit. 

Jus lemon sangat asam, yang berarti bahwa hal itu dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi. Jika menemukan bahwa hal ini terjadi, mencuci jus lemon dan tunggu beberapa jam sebelum menerapkan jumlah yang lebih kecil jus lemon ke daerah. 

Kamu juga dapat mencoba menipiskan jus lemon dengan air. Mengenali jenis kulitsangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pakai pelembab

Gunakan pelemban via health.kompas.com

Memakai pelembab adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kulit tidak lembab berlebihan, karena jika kulit lembab maka tubuh tidak akan mengeluarkan keringat berlebih. Jaga kulit kamu tetap kering, kering disini artinya tidak berkeringat berlebih. 

Bakteri akan cepat berkembang di lingkungan dengan banyak kelembaban, makanan untuk dimakan, kehangatan, dan tingkat yang tepat dari pH dan konsentrasi natrium, yang semuanya dapat ditemukan dalam lipatan kulit lembab. 

Karena itu, penting untuk mengeringkan kulit ketika lembab, apakah kelembaban tersebut dari mandi atau berkeringat. Gunakan handuk atau blotting kertas minyak untuk menyeka keringat dan kelembaban lainnya. 

Setelah mandi, pertimbangkan menerapkan bubuk ke daerah-daerah seperti ketiak agar tidak terjadi kelembaban berlebih. Minum air yang cukup juga akan menjada kulit lembab secara alami.

Cukur ketiak kamu secara teratur

Cukur ketiak dengan taratur via pixabay.com

Hal ini dapat berlaku untuk pria dan wanita, meskipun wanita lebih sering mencukur ketiak mereka. Menyingkirkan rambut di ketiak dapat membantu mengurangi jumlah bau badan yang dimiliki karena rambut menyerap bau dengan mudah.

Jika kamu memiliki rambut ketiak sedikit atau tipis, akan ada sedikit kesempatan bahwa bau badan yang diserap. Jangan lupa ya guys cukur ketiak paling tidak 1 minggu sekali agar bau badan tidak menyerangmu. 

Kenakan kain yang mudah menyerap keringat

Pakaian yang menyerap keringat via pixabay.com

Ada bahan sintetis tertentu yang tidak bernapas dengan baik kecuali mereka telah dirancang khusus untuk tujuan tertentu seperti campuran polyester. Jika kamu benar-benar khawatir tentang bau badan pakailah pakaian dari kain seperti kapas, wol, atau sutra karena mereka menyerap kelembaban dan memiliki lebih memiliki kemampuan bernapas, yang berarti kamu kemungkinan besar akan berkeringat lebih sedikit dan membuat bau badan kurang. 

Kamu juga bisa memakai katun atau kaos sutra di bawah pakaian kamu untuk menyerap keringat dan kelembaban tubuh kamu sehingga bau badan kamu tidak meresap ke dalam lapisan luar pakaian.


Cuci pakaian

Rajin cuci pakaian via pixabay.com

Apa jadinya jika pakaian yang sudah kamu pakai terus dipakai lagi? Pasti bau bukan? Cuci pakaian secara teratur dapat menghilangkan keringat yang tertempel di baju. Seperti disebutkan di atas, bau badan bisa meresap ke dalam pakaian kamu. 

Jika kamu berkeringat berat dikemeja dan memungkinkan kemeja kering tanpa mencucinya, ada kesempatan yang sangat baik bahwa baju yang akan bau dihari berikutnya. Cobalah untuk mencuci pakaian setiap kali kamu berkeringat di dalamnya untuk menjaga mereka, dan diri kamu sendiri agar harum.


Makan makanan yang sehat

Makanan sehat via pixabay.com

Makanan yang kamu makan adalah penyebab dari masalah yang dihadapi entah itu bau badan atau bau wangi. Jika makan pete maka akan bau pete, jika makan daun kemangi maka akan bau wangi. Intinya semua tergantung dari apa yang dimakan. 

Cobalah untuk makan makanan yang sehat. Jika kamu mengalami masalah dengan bau badan, cobalah untuk menghindari makanan tertentu, dan juga asupan lain yang menyebabkan bau badan juga. 

Makanan ini termasuk makanan yang harus dihindari adalah jumlah daging merah, bawang putih dan bawang merah, makanan pedas, dan makanan berat olahan yang mengandung jumlah gula yang tinggi. Semua makanan ini bisa membuat bau badan kamu lebih parah. 

Kamu juga harus menghindari minuman berkafein seperti yang dapat menambah bau badan. Beberapa makanan yang dapat dimakan adalah sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan mentah dan biji-bijian, minyak sehat (minyak zaitun, salmon, alpukat, dan lain-lain), dan fitonutrien yang membersihkan bagian dalam seperti peterseli, ketumbar, seledri, permen, sage, rosemary , thyme, dan oregano.


Meningkatkan kesehatan usus

Cuka apel untuk kesehatan usus via cukaapel.org

Beberapa kasus intens bau badan dapat disebabkan oleh masalah dengan usus. Usus mungkin tidak dapat sepenuhnya mencerna makanan tertentu, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan bau badan. 

Kamu dapat mencoba meningkatkan kesehatan usussaat berada di rumah, tetapi jika terus menjadi masalah kamu harus mencari bantuan dokter. 

Cara untuk meningkatkan kesehatan usus meliputi konsumsi suplemen probiotik untuk membantu meningkatkan kualitas flora usus. Mengambil enzim pencernaan dengan makanan atau mengambil beberapa cuka sari apel untuk membantu pencernaan.

Ambil rumput gandum atau suplemen klorofil. Suplemen klorofil yang berpikir untuk bertindak sebagai pengharum alami, yang dapat membantu untuk menjaga kamu dari serangan bau sepanjang hari. Tambahkan suplemen klorofil untuk rejimen vitamin.

Hilangkan stres

Jauhi stress via pixabay.com

Stres juga bisa menjadi masalah bau badan yang kamu alami. Stres merangsang kelenjar apocrine, yang merupakan jenis kelenjar yang menyebabkan bau badan. Ini berarti bahwa ketika cemas atau marah dan di bawah tekanan kamu akan lebih mudah untuk menghasilkan bau badan lebih. 

Meditasi dapat membantu mengurangi jumlah stres yang dirasakan. Bermeditasi selama 15 menit setiap hari dan kamu mungkin menemukan bahwa stres menjadi lebih mudah dikelola. 

Yoga adalah cara lain yang baik untuk mengurangi stres kamu.

Coba detoks

Minum jus salah satu detoks via vemale.com

Membersihkan tubuh kamu, terutama jika masalah bau badan berasal dari usus atau makanan yang kamu sudah makan, dapat membantu mengurangi bau badan dan membuatmu di jalur menuju berbau bersih dan segar. 

Ada banyak jenis detoxes, jadi rencanakan untuk berbicara dengan dokter sebelum mencoba satu, terutama salah satu membersihkan yang lebih ketat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan jika memiliki kondisi medis.


Minum cukup

Minum yang cukup via pixabay.com

Tetap terhidrasi. Minum banyak cairan sepanjang hari dapat membantu untuk mencuci keluar racun dalam tubuh. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan usus yang baik, yang pada gilirannya dapat membuat kamu tidak bau badan. 

Wanita dewasa rata-rata umumnya membutuhkan 2,2 liter air, sedangkan rata-rata pria dewasa umumnya membutuhkan 3 liter.

Olahraga

Olahraga via pixabay.com

Berolahraga secara teratur. Sementara ini mungkin terdengar berlawanan karena berolahraga membuat kamu berkeringat, semakin banyak latihan fisik benar-benar dapat membantu untuk memerangi bau badan dalam jangka panjang. 

Berolahraga dapat membantu kamu berkeringat racun yang telah dibangun dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan bau badan. Namun, pastikan untuk mandi setelah berolahraga dan kering secara menyeluruh, seperti yang disebutkan di atas.


Konsultasi dokter

Konsultasi ke dokter via pixabay.com
Jika bau badan tidak kunjung hilang, konsultasikan dengan dokter jika bau badan adalah masalah permanen. Jika telah mencoba langkah di atas dan tidak ada hasil yang memuaskan, kamu mungkin memiliki kondisi medis yang menyebabkan bau. 

Pergi ke dokter atau dokter kulit untuk membahas masalah bau badan dan mendapatkan diagnosis. Kamu mungkin didiagnosis dengan Bromhidrosis, suatu kondisi yang menyebabkan orang memiliki bau badan yang berlebihan.

Dokter dapat meresepkan antiperspirant. Ini dapat menyebabkan iritasi kulit, jadi pastikan kamu hanya menggunakan ini jika memiliki masalah medis yang sebenarnya seperti Bromhidrosis atau hiperhidrosis

Botox juga dapat memblokir kelenjar keringat dan menghilangkan keringat. Sekali lagi, kamu tidak ingin melakukan hal ini kecuali jika memiliki masalah medis yang sebenarnya, karena itu selain mahal dan menyakitkan. Efek hanya dapat berlangsung selama beberapa bulan dan tidak selalu solusi jangka panjang.

Beberapa tips di atas semoga bermanfaat dan bisa sebagai tambahan referensi untuk kamu atau orang yang dikenal memiliki masalah bau bdan. Jika orang yang dikenal memiliki masalah alangkah baiknya jika membantunya menyelesaikan masalah. Bukankah lebih indah jika dapat membantu orang lain?

Oleh: Wiwid Waqiatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni