Tips Menghilangkan Jerawat yang Membandel

Jerawat merupakan musuh utama penampilan saat ini. Apalagi jika pekerjaan kamu menuntut penampilan prima, sehingga wajah mesti terbebas dari jerawat. Mungkin kamu tidak suka bila mendengar bahwa kamu sedang jerawatan tapi malah diejek oleh teman-teman kamu.

Apalagi kalau jerawat kamu itu besar seperti biji semangka. Wah pasti sudah malu banget. Serasa pengen menutupi terus itu jerawat biar orang lain tidak bisa melihatnya. Perlu kamu ketahui, dan walaupun mungkin kamu tidak suka mendengarnya bahwa menghilangkan jerawat itu tidak mudah. Jika mudah, maka semua orang pasti mempunyai wajah yang mulus.

jerawat: id.wikipedia.org
Faktanya, jerawat tidak bisa disembuhkan karena jerawat adalah masalah yang bisa timbul kapan saja sepanjang kita hidup di dunia ini. Yang bisa kita lakukan hanyalah merawat wajah untuk menghilangkan jerawat yang ada dan mencegahnya agar tidak timbul atau muncul lagi.

Silakan pilih cara mana yang ingin kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat

Alami

Kelebihan: Aman untuk wajah dan ‘ramah’ di kantong kamu
Kekurangan: Rempong atau repot!


Produk Kecantikan

Kelebihan: Praktis
Kekurangan: Kamu perlu ekstra hati-hati dalam memilih produk yang tepat.


Klinik Kecantikan

Kelebihan: Kemungkinan berhasil memang sangat tinggi, karena wajah Kamu akan ditangani langsung oleh spesialis kecantikan dan hasilnya akan cepat terlihat
Kekurangan: Mahal broo..


Penyebab Jerawat

Produksi Minyak yang Berlebihan

Jerawat tidak hanya datang karena kulit wajah kamu kotor, melainkan bisa disebabkan dari faKtor dari tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal atau tidak normal kulit akibat gangguan yang berlebihan dari produksi kelenjar minyak yang dapat menyebabkan penyumbatan saluran pori-pori kulit.


Sel-sel Kulit Mati

Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebihan bercampur dengan sel kulit mati, sehingga menyebabkan jumlah sebum yang meningkat, dan campuran yang tebal dan lengket tersebut membentuk penyumbatan yang menjadi bintik-bintik hitam atau putih.


Bakteri

Bakteri p.acne yang berkembang biak dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, lalu menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi. Kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah, lalu menyebabkan radang ke kulit daerah sekitar. Hal tersebut yang akan menyebabkan timbulnya si jerawat guys.


Kosmetik


Bagi cewek yang sering bermake up pasti tidak asing dengan foundation. Tahukah kamu foundation yang terkandung pada bedak dapat menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan jerawat.


Obat-obatan

Begitu pun dengan pemakaian obat-obatan yang dapat mengakibatkan daya tahan tubuh kamu akan menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat.


Faktor Keturunan

Ketika orang tua pada masa mudanya berjerawat, dapat dipastikan anak-anaknyapun akan mengalami hal yang sama. Ya, faktor genetik memang sulit untuk dihindari ya guys.


Faktor lingkungan

Polusi yang kotor dan debu bertebaran di udara kemudian menempel pada wajah. Faktor yang sulit untuk ditangkis. Apalagi bila kamu adalah orang yang aktif di lingkungan. Makanya rajin membersihkan wajah dengan sabun wajah itu penting.


Menyentuh Kulit Wajah

Ternyata dengan menyentuh kulit itu juga bisa menyebabkan jerawat timbul lhoo? Hal ini dikarenakan kulit wajah seseorang itu sensitif dengan tangan apalagi tangan yang kotor.
Coba kamu perhatikan, bagian wajah yang sering kamu sentuh seperti pelipis dan dagu, beberapa hari kemudian timbul jerawat bukan?

Walaupun tak semua kulit seperti ini, namun alangkah lebih baiknya jika ingin menyentuh kulit wajah bersihkan tangan kamu terlebih dahulu. Ingat loh tangan kita banyak terdapat kuman. Kenapa? Karena untuk memegang benda pastinya menggunakan tangan, kan?


Faktor Gaya Hidup


Faktor penyebab seseorang berjerawat yang selanjutnya adalah karena pola hidup yang tak sehat, contohnya kamu kurang tidur dan terlelu kebanyakan merokok juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat diwajah lho.

Pilih mana antara hidup sehat dan tidak beraturan. Jika ingin wajahmu tetap mulus layaknya kulit bayi, gaya hidup sehat adalah pilihan yang terbaik. Toh yang merasakan dirimu sendiri.


Faktor makanan

Ada banyak sekali makanan yang bisa menimbulkan jerawat muncul, dan salah satu makanan yang paling mendominasi penyebab munculnya jerawat adalah makanan yang banyak terkandung lemak dan berkalori tinggi. Makanan tersebut seperti, kacang-kacangan, telur ayam bagian kuningnya, gorengan dan masih banyak makanan lainnya.

Bagi pecinta kuliner, sebenarnya nggak masalah jika kamu bisa mengatur makanan yang masuk dalam mulutmu. Tetap kontrol makananmu ya...


Kesalahan Memilih Kosmetik

Salah satu penyebab yang selanjutnya adalah karena kamu memilih jenis kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu, oleh karennya usahakan memilih kosmetik secara bijak sebelum membelinya.

Salah satu masalah yang sering timbul akibat memakai produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit adalah wajah akan berkomedo, rusak merah merah, berpori-pori besar dan tentunya berjerawat.

Saran Nilni sih, untuk mencegah itu semua, konsultasikan ke dokter kecantikan sebelum membeli produk kecantikan, dan belilah produk yang sudah memiliki izin edar produksi dari BPOM. Agar nantinya tidak membahayakan kecantikan kamu.


Hormone

Hormon berperan sangat besar dalam pembentukan jerawat. Maka tidak heran, ketika menjelang haid (bagi perempuan) pada kulit wajah sering muncul jerawat, karena pada saat itu hormon tidak seimbang. Segera lakukan dengan cara menghilangkan jerawat tersebut.

Dengan kamu mengetahui penyebab-penyebab jerawat itu muncuk, maka alangkah baiknya jika kamu menghindarinya sebelum si jerawat itu muncul. Tapi jika si jerawat itu sudah terlanjur menghampiri kamu.

Berikut Ini Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat:

Tidur yang Cukup


Kamu pasti pernah mengalami jerawat yang muncul dikarenakan beberapa hari tidur selalu larut malam. Ketika begadang maka, regenerasi sel berjalan tidak optimal dan metabolis tubuh menjadi kacau sehingga timbullah jerawat. Jerawat akan timbul karena pola hidup yang tidak bagus.
Begadang merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat. Jika ingin nambah jerawat begadang adalah pilihan yang tepat. Bukan cuma jerawat yang muncul, tapi mata panda akan menghiasi matamu. 

Mencuci Wajah 2 Kali Sehari

Mencuci wajah 2 kali sehari merupakan salah satu tips dan cara menghilangkan jerawat secara cepat, alami dan mudah. Keringkan wajah kamu dengan handuk yang bersih setelah mencuci muka, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.

Selalu pastikan kulitmu bersih sebelum tidur dengan mencuci muka supaya kulit dapat beregenerasi dengan baik.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat bagus dalam membuang sisa metabolisme tubuh. Jika air putih tercukupi maka sistem pembuangan akan lancar, sehingga sampah-sampah metabolisme yang ada dalam tubuh dapat dibuang secara menyeluruh sehingga tubuh bebas dari sampah. Ketika banyak sampah dalam tubuh yang tersimpan, maka jerawat akan timbul.


Perbanyak Konsumsi Serat, Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Salah satu fungsi serat adalah membantu system pengeluaran bekerja optimal. Serat yang sudah tercukupi ditambah dengan air putih yang cukup akan melancarkan sistem pencernaan sehingga kotoran terbuang dari dalam tubuh. Sebaliknya, orang yang tidak cukup serat dan minum air putih, maka buang air besar (BAB) tidak akan lancar.
Ternyata nggak cuma jerawat yang muncul, sembelit juga masalah penting loh. Bagi yang tidak suka makan buah dan sayur ada baiknya mulai untuk menyukainya. Kalau tidak dipaksa kapan lagi akan mulai.

Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan


Makanan seperti coklat, minuman bersoda, biskuit, permen merupakan sederetan makanan yang banyak mengandung gula yang ternyata merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat. Howard Murad, professor dari UCLA school of Medicine menyampaikan bahwa gula yang berlebihan akan meningkatkan insulin dalam darah yang memicu hormone androgen penyebab penyakit kulit berminyak.
Kulit yang berminyak akan mudah sekali muncul jerawat. Jadi mulai sekarang kurangilah mengkonsumsi makanan yang terlalu manis untuk menghilangkan jerawat.

Hindari stress

Pada saat kerjaan menumpuk dan sedang ujian di kuliah atau sekolah, hamper semua orang akan mengalami stress. Apa si yang terjadi ketika kamu stress? Yupps benar sekali, jerawat akan mulai muncul satu persatu. Hal ini hampir selalu terjadi.

Jika kamu tahu bahwa ternyata stress menyebabkan jerawat, maka mulailah rubah kondisi ini. Lebih banyaklah bersyukur dan santai dalam menghadapi apapun yang akan membantu mencegah munculnya jerawat. Selain itu, bukankah ketika kamu sedang dalam kondisi yang tenang semuanya akan menjadi lebih baik ya?


Tidak Memecahkan Jerawat

Banyak orang yang gatal tangannya jika mempunyai jerawat dan ingin sekali memecahkannya. Namun, itu bukanlah cara yang benar, memecahkan jerawat disaat belum waktunya pecah malah justru akan membuat jerawat kamu menyebar, bertambah banyak dan bekasnya sulit untuk dihilangkan.

Apalagi jika kamu memecahkan jerawat ini dalam kondisi tangan yang kotor, tentu akan semakin parah. Logika aja deh, jerawat ada karena bakteri kalau tanganmu yang kotor penuh bakteri menyentuhnya alhasil jerawat tambah banyak. Bakterinya jadi berkali dua deh.


Bahan-bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Putih Telur


Putih telur memang sangat ampuh untuk menjaga kecantikan wajah. Selain mengencangkan kulit, putih telur juga bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

Cara pemakaiannya:
  1. Bersihkan wajah
  2. Ambil satu butir dan pisahkan dari kuning telurnya
  3. Usapkan pada wajah
  4. Tunggu hingga kering selama 10-15 menit
  5. Bilas wajah dengan air bersih (air dingin jika memungkinkan)
  6. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Tomat

Tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat dan bekasnya, baik yang baru timbul maupun sudah meradang.

Cara pemakaiannya:
  1. Potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian
  2. Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada bekas jerawatnya
  3. Biarkan selama 20-30 menit
  4. Bilas wajah dengan air bersih
  5. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Kandungan jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak pada wajah. Tidak heran jeruk nipis bisa membantu menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

Cara pemakaiannya:
  1. Peras 1 atau 2 buah jeruk nipis
  2. Oleskan air perasan tersebut pada wajah terutama pada bagian yang banyak bekas jerawatnya
  3. Biarkan selama 15 menit sampai atau sampai mongering
  4. Bilas wajah dengan air bersih
  5. Lalukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Gel Lidah Buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah agar terbebas dari bekas-bekas jerawat yang membandel. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan duit, maka tanam saja sendiri lidah buaya di rumah, tanaman ini gampang sekali tumbuh kok.

Cara pemakaian:
  1. Bersihkan wajah
  2. Pilih lidah buaya yang segar (belum layu)
  3. Patahkan di bagian tengahnya kemudian pencet hingga keluar gel
  4. Usapkan gel tersebut ke wajah
  5. Diamkan selama 10-15 menit
  6. Bilas wajah dengan air bersih
  7. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat yang berlimpah khususnya untuk kecantikan dan kesehatan wajah seperti mampu melembutkan kulit wajah dan mempertahankan keindahan kulit tubuh. Selain itu minyak ini juga berguna bagi keindahan rambut.

Cara pemakaian:
  1. Sebelum tidur, oleskan minyak zaitun pada wajah
  2. Pijat wajah Anda secara perlahan selama 5 menit
  3. Bilas wajah dengan air hangat
  4. Agar maksimal, sebaiknya lakukan tiap hari sampai bekas jerawat hilang

Parutan Jagung

Jagung mengandung Vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit dalam menjaga kelembapan elastisitas kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, ada Vitamin C yang  membantu membangun jaringan ikat dan mencegah terjadinya jaringan parut (keriput) pada kulit.

Cara pemakaian:
  1. Bersihkan wajah
  2. Pilih jangung muda dan segar, bersihkan, lalu parut hingga halus
  3. Oleskan parutan pada wajah
  4. Tunggu 15-20 menit
  5. Bilas wajah dengan air bersih
  6. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu
Ampas Teh Hitam

Jika kamu suka minum teh hitam, jangan buang ampasnya begitu saja karena ini sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Ampas teh hitam juga dipercaya dan sudah terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat.

Cara pemakaian:
  1. Bersihkan wajah
  2. Oleskan ampas teh hitam secukupnya ke bagian bekas jerawat secara perlahan
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bilas wajah dengan air bersih
  5. Lakukanlah 2 – 3 kali dalam seminggu

Mentimun


Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air yang jika dikonsumsi dapat mencegah dehidresi. Selain itu, mentimun juga mengandung zat seperti : vitamin B, Vitamin C, zat besi dll yang juga baik untuk kesehatan kulit kamu. Bagaimana caranya sih?

Jika jerawat masih sedikit

Jika jerawat di wajah kamu jumlahnya masih sedikit, hanya perlu mengiris mentimun menjadi beberapa bagian tipis. Setelah itu, kamu bisa menempelkannya di bagian kulit wajah yang ada jerawatnya, lalu biarkanlah selama 20-30 menit, setelah itu bersihkan dengan air.

Jika jerawat sudah banyak

Berbeda halnya jika jerawat di wajah kamu jumlahnya sudah banyak, maka caranyapun berbeda
  1. Siapkan mentimun
  2. Kemudian cuci mentimun hingga benar-benar bersih
  3. Haluskan dengan cara diparut atau diblender.
  4. Jadikan masker
  5. Biarkanlah selama 20-30 menit
  6. Cuci bersih masker mentimun dengan air

Daun Bawang

Tak banyak yang menyangka memang jika bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang ada diwajah kamu. Untuk cara pemakaiannyapun cukup simple.

Kamu hanya perlu mengiris beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada wajah kamu. Diamkan terlebih dahulu semala kurang lebih 10-15 menit sebelum kamu membilasnya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan tips ini secara teratur.


Melon

Buah yang satu ini merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis labu-labuan. Bertekstur lunak dan memiliki warna putih hingga merah tergantung jenis melonnya. Segar dan memiliki kadar air yang tinggi, sangat baik bagi penderita panas dalam, mendinginkan perut dan membersihkan ginjal.

Sering digunakan untuk makanan saat sedang berdiet karena kaya akan serat dan melancarkan pencernaan. Memiliki kandungan vitamin A yang juga mampu mengatasi jerawat. Cukup rutin mengkonsumsi buah melon dengan dimakan langsung, diolah bersama salad buah, atau diolah menjadi jus segar.

Dapat juga digunakan sebagai masker wajah dengan mengiris tipis-tipis dan ditempelkan pada wajah selama 15-20 menit.
Jangan di lakukan semua perawatan di atas secara bersamaan. Pilih salah satu saja yang paling gampang buat kamu! Semoga berhasil guys. Salam sehat.
Oleh: Siti Fatimah

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni