Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh manusia. Dengan mata, maka seseorang dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting sekali bagi untuk tetap menjaga kesehatan mata. Kamu harus senantiasa menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit mata.

Mata via pixabay.com

Kamu terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kamu tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat.

Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang sewaktu-waktu. Seperti seseorang yang sering membaca buku, bermain game terlalu lama, dan sebagainya dapat terserang penyakit miopi.

Selain itu, Indikasi perasaan seseorang dan kondisinya dapat dilihat dari mata, apakah dia sedang senang, sedih, sehat, sakit dan sebagainya. Mata adalah salah satu bagian yang sangat unik dan mampu “mewakili” dirimu. 

Semua yang ada ditubuh sangatlah penting, termasuk mata, untuk itu perlu kiranya kamumengetahui bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat, segar dan bersih. 

Tidak sedikit diantara kalian yang senang mempercantik diri dengan menambahkan riasan-riasan khusus untuk mata, tujuan utamanya adalah menambahkan daya tarik untuk diri dan mempercantik. Namun sayangnya, kadang Kamu justru lupa untuk menjaga dan merawat mata agar tetap sehat, segar dan bersih.

Sebelum membahas bersama tentang bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat, segar, dan bersih. Mari coba lihat dulu bersama apa saja masalah-masalah yang sering ada pada mata. 


Kelelahan pada mata



Mata lelah disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah karena terlalu lama menonton televisi, berjam-jam bekerja didepan komputer atau laptop dan beberapa kegiatan sejenis lainnya yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama dan terus menerus. 

Pernahkah Kamu mendengar istilah computer vision syndrome, atau sering disingkat CVS, silahkan Googling untuk lebih jelasnya, yang ingin akusampaikan disini hanya sebatas dari ganguan ini yaitu yang paling sering adalah berakibat pada mata yang “menjadi” kering dan menurut beberapa pakar kesehatan hal ini sangat berpotensi menimbulkan rabun mata.

Sayang sekali ya... usia masih muda namun sudah rabun. Jangan sampai terjadi deh....

Kantung mata atau mata terkesan membengkak



Ini adalah suatu kondisi dimana muncul kerutan-kerutan yang terbentuk pada bagian bawah mata atuu kelopak mata. Dimana bentukan ini terkesan menggantung mirip kantung dan akibatnya adalah menimbulkan kesan tua dan tampak kelelahan atau selalu letih pada si pemilik mata.padahal kodisinya baik-baik saja. 

Mata yang berkantung sangat mengganggu penampilah guys. Tidak mudah loh meredam kantung mata yang terus menghitam.

Untuk kantung mata, cara merawat mata agar tetap sehat yang banyak direkomendasikan adalah:

1. Bersihkan wajah dengan cara membasuh muka dan mengeringkannya
2. Gunakan masker dari madu
3. Ada 2 cara yang banyak direkomendasikan disini, pertama adalah pemakaian madu secara langsung, dan yang kedua adalah membuat masker madu dengan cara mencapurkan madu dengan isi kapsul vitamin E.

Untuk cara yang pertama setelah bersihkan area wajah, bisa langsung oleskan madu di area bawah mata, diamkan 10 menit dan bilas dengan air dingin.

Untuk cara yang kedua sama dengan cara yang pertama hanya saja sebelumnya madu dicampur dulu dengan isi kapsul vitamin E dan membilasnya dengan air hangat.

Pesan saya, karena ini menyangkut daerah mata yang cukup sensitif maka ada baiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter mata kamu atau dengan konsultan kecantikan kamu, tanyakan kepada yang telah berpengalaman.

Nah tadi pada masalah mata tadi bisa disebabkan karena kelamaan berada di depan komputer. Berikut ini tips merawat mata dari radiasi komputer :

Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.
Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).
Jagalah jarak antara mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.
Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher.
Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata. Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata.
Istirahatkan mata sejenak. Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Kamu.
Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering. Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering.
Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer.
Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.
Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Kamu benar-benar sehat.

Penyakit mata yang sudah tak asing lagi didengar seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. 

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan mata. Berikut adalah 10 cara menjaga kesehatan mata:


Riwayat kesehatan mata keluarga

Faktor keturunan via pixabay.com

Bicaralah pada anggota keluarga terutama orang tua Kamu. Apakah orang tua kamu di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat menentukan kamu, apakah kamu beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.


Jaga jarak pandang kamu

Jaga jarak pandang mata via www.forbestvision.com

Jaga jarak pandanganmu ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal seKamur 50-100 cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitae 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.


Hindari kebiasaan mengucek mata

Jangan mengucek mata via www.optometrial.com

Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Kamu kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.


Istirahatkan mata

Istirahat via pixabay.com
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika Kamu terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.


Makan makanan yang mengandung vitamin A

Makan wortel via pixabay.com

Makan makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.


Pakailah pelindung mata

Pakai kacamata via pixabay.com

Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga sehingga bisa menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.


Periksa mata

Periksa ke dokter via pixabay.com

Periksalah mata secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.


Berhenti merokok

Stop merokok via pixabay.com

Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.


Makan banyak buah-buahan dan sayuran

Makan buah dan sayur via pixabay.com

Banyak vitamin dan zat mineral lainnya yang terkandung dalam buah dan sayuran. Daripada makan makanan yang instan dan cepat saji. Gak sulit untuk mencarinya kok. 


Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Jangan terlalu lama memakai lensa kontak via apriliajoey.blogspot.com

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada matamu. Coba sekarang pikir hanya demi fashion kamu rela meyiksa mata dengan menggunakan lensa kontak. Kayaknya gak deh, demi kesehatan masa rela.

Banyak dampak yang disebabkan dengan menggunakan lensa kontak, seperti mata iritasi dan memerah.


Jaga kebersihan lensa kontak

Lensa kontak via airwan25.blogspot.com

Bagi kamu yang penglihatan harus dibantu dengan lensa kontak, penting untuk menjaga kebersihan lensa kontak secara rutin. Untuk menghindari infeksi yang bisa terjadi di mata.


Kurangi penggunaan tetes mata

Kurangi tetes mata via pixabay.com

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali saja jangan terlalu sering. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata kamu loh.


Gunakan mentimun

Timun via pixabay.com

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata. Letakkan irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.


Perbanyak makanan hijau

Sayuran hijau via pixabay.com

Makanan hijau atau sayur merupakan hal pertama yang harus diingat demi menjaga mata. Makanlah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kacang hijau dan kubis mengandung beragam mineral, lutein, dan zeahanthi. 

Ketiga zat ini sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, makanan ini juga mengandung antioksidan yang mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.


Perbanyak makanan mengandung zat besi

Makanan mengandung zat besi via pixabay.com

Percaya atau tidak, makanan yang mengandung zinc dan selenium juga baik untuk mata. Zat ini berfungsi memerangi radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. Zinc dapat diperoleh dari susu, ikan tuna, nasi dan daging.


Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan kacamata hitam via pixabay.com

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.


Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Jangan terlalu lama di depan latar komputer via pixabay.com

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat matamu akan cepat lelah.


Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pakai kacamata via pixabay.com

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika berada di tempat dengan bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.


Janganlah membaca dalam kondisi redup

Jangan membaca saat redup via pixabay.com

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.


Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Hindari kontak dengan cahaya terang secara langsung via pixabay.com

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata pada sinar matahari, karena dapat merusaknya.


Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Fokuskan mata pada objek via pixabay.com

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat denganmu, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan.

Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata kamu selama 10 detik. Buka mata dan ulangi seperlunya.


Telur

Gunakan telur via pixabay.com

Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.


Wortel

Wortel via pixabay.com
Memang sudah rahasia umum, wortel mampu menjaga kesehatan mata. Wortel terkandung betakaroten akan menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.


Istirahat cukup

Istirahat yang cukup via pixabay.com 

Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan berada di depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dengan itu selangkanlah waktu sedikit untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh. 

Kenapa dengan objek yang jauh? karena dengan melihat objek yang jauh maka ruang lingkup mata akan terbuka dan lebih menenangkan.


Olahraga

Olahraga via pixabay.com

Meskipun sulit, apalagi kamu seorang yang pekerja keras, sebaiknya tidak meremehkan olahraga. Olahraga baik untuk kesehatan. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatanmu, terutama kesehatan mata.


Penggunaan sunglass atau kacamata dengan lensa berwarna bisa membantu mengurangi efek silau 

Gunakan kacamata berwarna via pixabay.com

Lensa berwarna kuning, amber (kuning sawo), atau cokelat adalah pilihan terbaik untuk menangkal sinar dari lampu yang berpijar. Di siang hari yang terik, gunakan kacamata dengan lensa berwarna cokelat.


Perhatikan jarak saat membaca buku

Jarak mata saat membaca via pixabay.com

Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.


Membaca buku jangan sambil tiduran

Jangan baca sambil tidur via pixabay.com

Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.


Kedipkan mata

via pixabay.com

Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.


Rutin membersihkan dan menganti alat kosmetik khusus mata

Bersihkan kosmetik wajah via pixabay.com

Bagi para perempuan, alat kosmetik khusus untuk mata sudah menjadi keharusan untuk mempercantik diri. Namun, kamu pun juga bertanggung jawab untuk membersihkannya dan secara berkala menganti alat kosmetik untuk mata tersebut.


Minum teh dan kopi

Minuman berkafein via pixabay.com

Dua Minuman ini memiliki kandungan yang baik untuk mata. Teh yang kaya akan antioksidan serta kopi yang mengandung kafein membantu menjaga kelembaban mata Kamu. Namun, sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kedua minuman tersebut.


Gunakan kacamata

Gunakan kacamata hitam via pixabay.com

Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja, sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. 

Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100% saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.


Mengonsumsi antioksidan

Jeruk sebagai antioksidan via pixabay.com

Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar matahari dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. 

Konsumsi antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.

Jaman sekarang banyak suplemen antioksidan yang mudah ditemukan. Kamu tahukan ekstrak kulit manggis yang kaya akan antioksidan. 


Mengonsumsi asam lemak omega-3

Konsumsi ikan via pixabay.com

Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. 

Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.


Pertimbangkan multivitamin

Konsumsi multivitamin via pixabay.com

Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.


Demikianlah tips-tips cara menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat dansalam sehat buat kalian semua.

Oleh: Siti Fatimah

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni