Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara mendapatkan langsing alami sangat bisa dilakukan. Ikuti tips praktis dan saran di bawah ini untuk mendapatkan hasil terbaik tanpa obat atau perawatan. Jika kamu ingin mengurangi lemak dan mendapatkan kembali semangat muda kamu, maka kamu mungkin perlu membuat perubahan. 



Perubahan tersebut sebenarnya sangat mudah. Namun membutuhkan tekad, dan komitmen. Menurunkan berat badan harus menjadi menyenangkan dan melalui kegiatan yang menyenangkan. Kamu harus melakukan sesuatu yang positif dalam hidup. 

Dedikasikan diri untuk perbaikan diri. Metode alami tidak memerlukan peralatan atau uang dalam jumlah besar. Yang perlu kamu lakukan adalah mendorong diri sendiri dan tidak pernah menyimpang, dan kamu pasti akan melihat hasil cepat atau lambat.

Beberapa tips yang kamu coba:

Makan dan minum sehat

Makanan 4 sehat 5 sempurna! via pixabay.com

Menghentikan kebiasaan makan di depan televisi

Kebiasaan makan depan TV via health.liputan6.com

Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu yang sulit untuk dihentikan. Jadi menggantinya dengan kebiasaan baru duduk di meja untuk makan malam sebagai gantinya. 

Tahukah kamu? Menikmati makanan sambil menyaksikan acara televisi sangat menyenangkan. Namun sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang yang makan sambil nonton tv berisiko lebih tinggi memiliki kelebihan berat badan. Mereka akan makan lebih dari yang mereka butuhkan.

"Mengurangi kebiasaan menonton televisi dan paparan media lainnya dapat mencegah terjadinya obesitas kata pemimpin studi Dr.Mary Jo Messito. Penelitian ini dilakukan pada balita tetapi tidak menutup kemungkinan juga orang dewasa.


Hubungan air terhadap penurunan berat badan

Perbanyak minum air via pixabay.com
Minum air setidaknya 8 sampai 10 gelas air setiap hari. Kamu juga bisa minum susu kedelai dan jus mentah bergantian. Jika kekurangan air maka ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan menumpahkan kelebihan beban pada hati. 

Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, akan tapi ketika harus melakukan pekerjaan lebih banyak, maka ia tidak dapat membakar banyak lemak menjadi energi sebagaimana mestinya, sehingga lemak sebagian akan disimpan.

Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. Jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup minum air.



Motivasi

Motivasi! via merdeka.com 

Jika kamu membutuhkan dorongan ekstra, mintalah teman atau saudara untuk bergabung dengan dalam perjalananmu menuju sehat. Dengan begitu kamu akan mempunyai semangat untuk hidup sehat dan akan malu bila kamu melanggarnya. Sehingga berat badan juga akan tetap turun.



Ganti daging dengan tahu, jamur, dan produk pengganti daging lainnya

Ganti makanan berlemak tinggi via pixabay.com

Pastikan bahwa produk organik dan diproses. Dengan menjadi vegetarian kamu akan dapat hidup lebih sehat tanpa lemak berlebih.


Berjalan dan berlari menaiki tangga

Naik tangga via malesbanget.com

Tangga adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Denga naik turun tangga akan membakar kalori, mengurangi lemak di seluruh, dan membantu otot-otot kaki. 

Lakukan pemanasan dengan berjalan naik dan turun tangga. Misal kamu ada kelas dilantai tiga usahakan jangan naik lift, lebih sehat kalau naik tangga selain sebagai olahraga yang efektif kamupun bisa sekalian jalan-jalan.


Lompat tali

Lompat tali via utusan.com

Lompat tali yang sering kita lakukan di waktu kecil adalah cara yang mengagumkan untuk membakar berat badan. Diwaktu sendiri atau di halaman rumah lakukanlah lompat tali semampumu selama 1 menit lalu istirahatlah sebentar dan lakukan lagi sampai berkeringat. 

Olahraga sambil mengingat masa kecil sangat menyenangkan bukan? Olah raga ini juga tidak mahal dan memakan banyak tempat, di dalam kamarpun bisa melakukan olahraga lompat tali ini. 


Lakukan latihan jongkok

Jongkok via hidayat.febiansyah.name

Squats adalah cara yang mengagumkan untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot kaki. Dari posisi berdiri, hanya menurunkan diri kamu sehingga paha sejajar dengan lantai sambil menjaga punggung lurus, menatap lurus ke depan. Kemudian luruskan kaki dan berdiri. Ulangi.


Jungkir balik 

Jungkir balik via flickr.com
Ini adalah cara lain untuk menurunkan berat badan karena mereka membakar kalori dan memperkuat lengan, kaki, dan otot inti. Latihan ini membutuhkan beberapa keterampilan dan praktek, jadi jika merasa sulit, beralihlah ke olahraga lain. 
Pastikan kamu melakukan keseimbangan antara berat badan kanan dan kiri.


Berjalan 

berjalan via wolipop.detik.com
Setiap kali kamu berjalan, ambilah langkah-langkah yang lebih panjang dan ayunkan lenganmu. Ini melibatkan otot-otot kaki dan membakar lebih banyak kalori. Berjalan cepat juga sama efektifnya loh. 

Perbanyak kegiatan

Perbanyak aktivitasmu via lifejour.wordpress.com

Perbanyak kegiatan juga membantu menurunkan berat badan, kok bisa? Perbanyak kegiatan bisa mengalihkan pikiran kamu dari makan. Jika sibuk menyiapkan sebuah event pasti pikiran akan terkuras untuk memikirkan bagaimana acara dapat berjalan dengan baik sehingga energi dan kalori akan banyak terbakar untuk memenuhi kebutuhan dalma beraktifas. 

Jikapun ingin makan, maka porsi yang dihabiskan juga tidak banyak. Karena jadwal kegiatan sudah menanti untuk dilaksanakan. Wow, super sibuk ya....

Mengunyah makanan 33x

Kunyah makanan 33 kali! via rabiatulmarliana.blogspot.com

Jika kamu ingat pelajaran Biologi tentang pencernaan waktu SMP guru kita pernah mengatakan untuk membantu sistem pencernaan dalam perut kita sebaiknya mengunyak makanan yang kita makan kurang lebih sebanyak 33x. 

Mengunyah makanan lebih lama juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Otak akan menerima sinyal lebih cepat bahwa perut sudah terisi penuh sehingga mencegah kamu makan secara berlebihan. 

Selain memiliki kondisi kesehatan yang optimal, tentu kamupun mendambakan tubuh langsing. Ada berbagai macam upaya untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ramping. 

Ada satu hal lain yang mungkin sering terlewatkan, yaitu cara mengunyah makanan. Makanan yang dikunyah lebih lama atau hingga benar-benar terasa lembut di lidah bisa menjadi cara sehat menurunkan berat badan yang mudah dan efektif. 

Mengunyah santapan lebih lama akan memberi sinyal kepada otak lebih cepat yaitu sebanyak 33x. Sinyal tersebut seakan-akan memberi tahu otak bahwa perut sudah terisi penuh. Inilah yang membuat kamu enggan menyantap hidangan secara berlebihan. 

Jumlah makanan yang lebih sedikit dalam pencernaan akan memberikan sedikit kalori. Sedikit kalori sama artinya dengan membantu kamu untuk menurunkan bobot tubuh. Terlebih lagi, sistem pencernaan dapat bekerja lebih baik sehingga nutrisi yang terdapat pada makanan dapat diserap sepenuhnya. 

Tak hanya tubuh langsing yang akan didapatkan bila kamu sanggup mengunyah makanan lebih lama, pikiran yang lebih tenang pun bisa kamu dapatkan...



Sarapan pagi

Sarapan via cahselo.com

Segudang manfaat jika kamu sarapan pagi, sarapan yang paling penting adalah pemilihan menu sarapan yang sehat. Menu sarapan yang sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan, risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke loh. Menu sehat tersebut antara lain adalah sereal tinggi serat, buah-buahan dan susu tanpa lemak. 

Tahukan kamu? Berdasarkan penelitian yang dilakukan  menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi. Bahwa akibat tidak sarapan berkaitan dengan peningkatan risiko obesitas sebesar empat kali lipat.

Hiiii obesitas, kalau sudah obesitas pastinya butuh usaha keras untuk menurunkan berat badan ya, guys!

Menu sarapan sehat yang baik adalah sereal berkadar serat tinggi. Sereal sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon. 

Sereal yang baik adalah yang mengandung 6 gram serat per porsi, namun rendah gula (kurang dari 10 gram per porsi). Tambahkan susu tanpa lemak dan buah pisang, berbagai jenis buah beri, atau potongan buah apel.

Selin sereal ada beberapa jenis menu sarapan yang juga sama baiknya, misalnya roti panggang yang terbuat dari bahan gandum hitam, untuk margarin pilihlah yang bebas lemak-trans atau selai penurun kolesterol yang mengandung tanaman stanol. 

Sarapan favorit yang tidak baik seperti croissant, bacon terlalu banyak mengandung garam atau lemak, menu sarapan cepat saji terlalu banyak mengandung semua zat kecuali serat yang bermanfaat untuk kesehatan


Jangan tidur terlalu malam

Hilangkan kebiasaan tidur larut malam! via blog-berbagi.com

Begadang dapat merangsang napsu makan yang berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mengganggu kadar gula darah dan menyebabkan tubuh memproduksi sedikit leptin, hormon pengendali nafsu makan, dan menghasilkan lebih banyak ghrelin (kebalikan dari leptin). 

Karena faktor perubahan biologis ini, tak heran jika masih merasa lapar meski baru saja makan yang banyak. Orang yang sedang dalam kelelahan, biasanya lebih suka mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Akibatnya, tubuh selalu menagih karbohidrat karena gula darah turun dengan cepat dan perut selalu terasa lapar. 

Kurang tidur bisa melenyapkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya, keinginan menyantap makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat. Sehingga menyebabkan orang yang gemar begadang akan terus menginginkan asupan kalori tinggi.

Enzim Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin.

Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan. Hal ini juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat. 


Hilangkan stres

Jangan stress! via pixabay.com
Stres bisa menjadi pemicu obesitas yang paling nyata, kenapa? Karena ketika kamu stres pasti akan lari pada makanan yang bisa membuatmu nyaman seperti coklat dan es krim. Dan pada saat makan kamu tidak memikirkan berapa yang dimakan. Yang dipikirkan hanya masalah yang dihadapi sambil terus makan. 

Beberapa orang ilmuwan sudah menemukan korelasinya. Hal yang paling membahayakan dari hubungan antara stres dan obesitas adalah semakin kuatnya tertanam di dalam diri. Inilah hasil catatan Bonnie Taub-Dix, RD, of New York City, seorang ahli penurunan berat badan dan salah satu pembicara wanita di American Diettetic Association.

Salah satu yang tertulis di dalam penelitiannya adalah “Orang sering kali melarikan diri pada makanan saat dilanda stres, tapi sayangnya bukan makanan yang tepat yang mereka konsumsi," terang Taub-Dix. "Hal ini bisa membuat berat badan bertambah dan menimbulkan stres baru," tuturnya lagi.


Hubungan Secara biologis

Hormon tubuh via bocah.info

Di saat mengalami stres berat apakah kamu cenderung memilih makanan yang membuatmu merasa nyaman seperti makanan-makanan yang tinggi lemak dan gula? Para peneliti telah menemukan hormon di dalam tubuh kita yang sangat berperan dalam masalah ini. Diantaranya adalah:

Serotonin

Serotin adalah horomon di dalam tubuh yang membuat kamu merasa nyaman. Disaat mencapai titik nyaman karena makanan yang menggemukkan selama masa stres, hal itu mungkin menjadi usaha untuk mengobati diri. "Karbohidrat yang dimakan meningkatkan kadar serotonin," jelas Taub-Dix'. 

Tak heran jika orang-orang yang berada di bawah tekanan cenderung memilih makanan yang salah. Biasanya mereka cenderung memilih makanan berkarbohidrat yang mengandung lemak tinggi seperti muffins, donat, cookies, pastry, dan masih banyak lagi." ungkap Taub-Dix.

Cortisol

Stres berat juga dapat disebabkan karena tubuh tidak dapat mengeluarkan kelebihan cortisol. Cortisol adalah hormon yang menangani penyimpanan lemak dan penggunaan energi dalam tubuh kita. Cortisol juga mampu meningkatkan nafsu makan dan mendorong keinginan kita untuk mengkonsumsi makanan manis dan berlemak.

Neuropeptide 

Neuropeptida adalah protein kecil seperti molekul (peptida) yang digunakan oleh neuron untuk berkomunikasi satu sama lain. Mereka neuronal molekul sinyal yang mempengaruhi aktivitas otak dengan cara tertentu. Neuropeptida yang berbeda yang terlibat dalam berbagai fungsi otak salah satunya adalah asupan makanan. 

Studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa tubuh kita dapat memproses makanan dengan cara yang berbeda saat kita berada di bawah tekanan. Studi yang sudah dilakukan pada seekor tikus lab yang telah diberikan diet tinggi lemak dan gula dalam jumlah yang signifikan yang diperoleh lemak tubuh. 

Satu studi menemukan bahwa tikus laboratorium yang diberi diet tinggi lemak dan gula dalam jumlah signifikan yang diperoleh lemak tubuh bila ditempatkan di bawah kondisi stres.

Perhatikan yang ini juga ya...


Rasa lapar yang berlebihan 

Jangan menahan lapar via tribunnews.com

Hal ini menyebabkan kamu kesulitan untuk berpikir jernih karena kadar gula dalam darah yang terlalu rendah. Dan justru membuat kamu memakan segalanya," jelas Taub-Dix. Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya kamu jangan menahan rasa lapar bahkan tidak makan sama sekali.


Jagalah Porsi Makan

Jaga porsi makan! via female.com

Orang yang dalam kondisi stres berat, ada kecenderungan tidak memikirkan apa yang mereka makan dan porsinya. Sebaiknya makan dalam porsi yang kecil sehingga kalori yang diserap masih bisa terkontrol dengan baik. 

Jika kamu tipe orang yang suka makan, makanlah cemilan yang sehat. Disarankan mengkombinasikan camilan yang sarat dengan protein dan karbohidrat. Tubuh mampu mencerna semua makan secara perlahan, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Hindari camilan yang sarat akan gula dan lemak agar tubuh tidak membengkak.


Sebelum makan ada baiknya pikirkan kembali Apa yang kamu Makan

Pikir dulu sebelum makan via dietcepatalami.com

Disaat merasa stres, kamu akan terfokus bagaimana cara nya menurunkan berat badan secara cepat yang justru membuatmu menjadi semakin stres. Makanan yang dimakan adalah sumber energi untuk tubuh dan otak. 

Jika makan makanan yang sehat dan dalam jumlah yang benar, hal ini justru membuat tubuh dapat melawan rasa stres. Itulah cara yang paling baik untuk dilakukan. 

Cobalah untuk melakukan yoga, tai chi, atau meditasi. Olahraga secara teratur, luangkanlah waktu bersama teman-teman bisa mengurangi tingkat stres dalam hidup kamu.
Apabila kamu sangat ingin makan makanan yang tinggi lemak atau makanan yang manis, mungkin saat ini sedang mengalami stres berat. Berpikirlah bahwa kamu tidak sendiri. Yakinlah bisa melawan perasaan itu. 


Punya tujuan hidup

Punya tujuan hidup via pixabay.com

Seseorang yang punya tujuan hidup tidak akan merasa tersesat, ibaratkan jalan yang bercabang. Nah dari sekian jalan tersebut kamu hanya tinggal memilih mana yang terbaik. Lebih baik menyalurkan rasa stress dengan kegiatan yang lebih berguna dari pada melampiaskan lewat makan.


Oleh: Puri Candraditya 

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni