Tips Tuntas Mengerjakan Tugas Rumah

Tidak sedikit orang-orang mengeluh ketika mendengar kata “tugas”. Tugas sering dianggap momok yang sangat berat dan sangat tidak diinginkan atau dijalankan. Namun, selama hidup kamu pasti akan mendapatkan tugas. Bisa saja menerima tugas di kantor, sekolah bahkan di dalam rumah sekalipun.

Tugas rumah sering diberikan dari guru atau dosen kepada pelajar maupun para mahasiswa atau mahasiswi agar semakin paham kepada ilmu yang telah diberikan atau ilmu yang sedang dipelajari. Tugas yang diberikan bisa jadi sangatlah banyak mulai dari mengerjakan laporan praktikum, mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, dan tugas-tugas lainnya.

Tugas-tugas yang menumpuk tersebut akhirnya di bawa pulang dan tentunya sangat tidak menyenangkan jika kamu pulang dengan membawa beban tugas. Terkadang karena terlalu banyak mendapat tugas rumah, kamu sering bingung untuk memilih mana tugas yang ringan sehingga bisa dikerjakan dengan cepat sehingga dapat diselesaikan dalam sehari dan mana tugas yang berat karena memakan banyak waktu dalam mencari data penunjang.


Bila tidak dapat mengatur tugas dengan baik, maka dalam pengerjaannya akan menjadi kacau balau. Saat menerima tugas, tentu kamu berharap agar tugas yang diterima dapat terselesaikan dengan baik dan sempurna namun dengan pengerjaan yang kacau, hal ini justru dapat berbalik menjadi hancur karena bisa jadi belum ada tugas yang terselesaikan.

Tugas bisa datang kapan saja dan dimana saja. Terkadang tugas yang diberikan dalam satu hari bisa beragam dan dalam jumlah yang sangat banyak. Untuk itu kamu perlu mengenali dulu tugas yang diberikan kepadakamuapakah itu tugas mandiri atau tugas kelompok.

Untuk tugas mandiri tentu perlu menyusun bahan-bahan atau data-data yang berkaitan dengan tugas tersebut secara individu dan bila tugas yang diberikan untuk kelompok, maka dapat membagi tugas kepada setiap anggota kelompok sehingga tiap anggota memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi dari tugas yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa langkah agar tugas dapat terselesikan dengan baik.


Tulis poin utama tugas


Tugas yang diberikan di sekolah atau di kampus terkadang ditulis di selembar notes, dicoret-coret di buku soal atau di bagian belakang buku. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menyiasati itu semua adalah dengan cara merangkum tugas-tugas apa saja yang diterima pada hari itu di dalam kalender atau pun ke dalam buku catatan kemudian menuliskan poin-poin apa saja yang diperlukan dalam pembuatan tugas tersebut.

Tujuan dari menuliskan poin-poin utama dari tugas secara rinci adalah untuk memudah dalam memilah antara mana tugas yang memerlukan persiapan lebih banyak dan mana tugas yang memerlukan persiapan lebih sedikit.

Poin-poin yang dapat ditulis di catatan antara lain, kapan batas hari terakhir pengumpulan tugas tersebut, dimana tugas tersebut harus dikumpulkan, kepada siapakamuharus mengumpulkan tugas, tugas tersebut dikumpulkan dalam bentuk apa (slide show, essay, makalah, laporan), ketentuan apa saja yang diperlukan dalam tugas tersebut (margin, font,  spasi, ukuran huruf).


Pemahaman tugas

Berikutnya kamu bisa melihat seberapa penting tugas-tugas yang telah diberikan. Setiap tugas memiliki “bobot” masalah yang berbeda-beda. Dengan melihat “bobot” tugas yang diterima, maka dapat mengetahui sejauh mana pemahamanmu akan tugas yang diberikan.

Kamu tentu tidak ingin pada saat menyelesaikan tugas hanya berdiam diri dan hanya membolak balikkan kertas di halaman yang kamu sendiri tidak tahu jawaban dari pertanyaan soal tersebut karena hal ini akan sangat menyita waktu.

Pemahanan akan tugas yang diberikan sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap hasil yang nantinya akan didapat. Kamu bisa melihat sejauh mana pemahamanmu terhadap suatu tugas dengan cara melihat berapa banyak jumlah soal yang dihadapi dan setelah melihat soal tersebut kamu dapat menghitung berapa soal yang dapat dikerjakan dalam tempo singkat.
Apabila telah melakukan hal ini, maka kita dapat memperkirakan seberapa tinggi tingkat kesulitannya dalam pengerjaannya nanti.

Persiapan ruangan

Dalam mengerjakan suatu tugas kamu pasti memerlukan sebuah ruangan. Buatlah tugasmu di
ruangan yang membuatmu nyaman untuk mengerjakannya. Ruang yang baik untuk menyelesaikan suatu tugas adalah di dalam ruangan yang sangat tenang sehingga dapat terhindar dari berbagai macam gangguan dan bisa fokus dalam mengerjakan tugas.

Kamu bisa saja menggunakan kamar tidur selama mengerjakan tugas dan untuk sementara waktu perlu menyingkirkan komputer, ponsel, video game, gitar atau pun benda-benda lain yang mampu merusak daya konsentrasimu.

Kamu juga dapat menyiapkan cemilan atau minuman untuk mendukung aktivitasmu sehingga tidak perlu pergi ke luar ruangan untuk melakukan keperluan lain. Jangan lupa untuk berbicara dengan orang-orang yang ada di dalam rumah sehingga penghuni rumah mengetahui jika sedang tidak ingin diganggu selama proses pengerjaan tugas.

Selain mengerjakan tugas di dalam kamar, kamu juga dapat mencoba untuk belajar di tempat lain seperti perpustakaan. Perpustakan yang dipilih bisa perpustakaan sekolah atau pun perpustakan umum. Dengan sedikit meluangkan waktu di dalam perpustakaan, kamu dapat menambah sedikit infromasi tentang tugas yang didapat.

Suasana perpustakaan yang tenang dan memiliki banyak sumber informasi tentu akan sangat memudahkanmu dalam mengerjakan suatu tugas. Ada kalanya belajar di satu tempat saja akan membuat beban tugas semakin sulit.

Kamu bisa mengakalinya dengan belajar di tempat lain seperti membaca buku di taman atau membaca ketika sedang menggunakan kendaraan umum. Kegiatan ini mampu menjadikan otak menjadi lebih segar ini sehingga beban pikiran akan berkurang.


Prioritas tugas


Ketika akan memulai mengerjkan tugas, perlu untuk menentukan prioritas tugas. Kamu harus mengetahui berapa nilai yang nantinya akan didapat ketika telah menyelesaikan tugas tersebut sehingga bisa mengutamakan tugas tersebut.

Kamu dapat menentukan prioritas berdasarkan hari terakhir pengumpulan tugas atau dengan memilih dari tugas yang kurang dikuasai. Langkah ini berfungsi untuk memudahkan dalam menyesuaikan panjang hari yang dibutuhkan dalam pencarian data atau bahan referensi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Jika memiliki banyak tugas dengan waktu pengumpulan berbeda, maka sebaiknya mengerjakan tugas yang memiliki waktu pengumpulannya paling dekat dengan begitu ketika telah menyelesaikan tugas tersebut, kamu dapat langsung menyiapkan tugas untuk esok hari dengan tenang.

Dengan menyelesaikan tugas diawal waktu, maka ini akan mempermudahkanmu dalam mengoreksi tugas. Kamu bisa mengoreksi tugas tersebut pada saat-saat terakhir sehingga kecacatan dalam pembuatan tugas bisa diminimalisir dan tugas menjadi sempurna.

Apabila kamu memiliki banyak tugas dan tugas tersebut menyita cukup banyak waktu untuk mencari informasi seperti mengerjakan soal bahasa inggris yang memiliki teks panjang atau soal matematika yang memerlukan perhitungan yang panjang, lebih baik mengerjakannya terlebih dahulu dan bila tugas tersebut telah selesai kamu dapat berlanjut ke tugas yang lebih mudah.

Umumnya semakin besar “bobot” tugas yang diberikan, maka akan semakin besar nilai yang didapatkan. Namun ada kalanya, tugas yang diberikan itu penting tetapi hanya menghasilkan nilai yang sedikit. Untuk masalah ini kita lebih baik berfokus kepada tugas yang memberikan nilai lebih besar karena bila kita baik dalam mengerjakan tugas tersebut, maka semakin besar nilai yang didapat.


Perkirakan waktu

Waktu yang dimilki semua orang adalah sama, yaitu 24 jam dan dalam pengerjaan suatu
tugas, kamu tidak akan selama itu. Waktu yang dimiliki pasti akan terpotong dengan berbagai kegiatan yang dimiliki seperti pergi ke sekolah, les, kegiatan ektrakulikuler, istirahat dan kegiatan lainnnya sehingga waktu yang kita miliki akan terpotong.

Banyaknya tugas yang kamu terima bisa berbeda-beda sehingga perlu mencatat apa saja tugas yang didapat. Setelah menulis poin-poin yang dibutuhkan dalam mengerjakan tugas dan mengetahui seberapa “penting” tugas yang diberikan, kamu bisa berlanjut untuk menentukan berapa lama waktu yang dimiliki dalam mengerjakan tugas tersebut dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Hal ini berfungsi untuk membagi berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk mengejakan tugas dan berapa waktu untuk beristirahat. Waktu untuk menyelesaikan tugas dapat diatur contohnya bila pada hari Senin kamu memiliki 3 jam waktu luang, kamu bisa menyisihkan waktu selama 1,5 jam untuk fokus dalam menyelesaikan tugas dan 1,5 jam untuk istirahat.

Dalam menyesuaikan waktu silahkan sesuaikan sendiri karena kegiatan tiap orang berbeda-beda. Lebih baik, dalam menentukan jumlah waktu melebihkannya untuk mengatisipasi gangguan seperti jenuh dan bosan.

Setelah membuat rincian waktu, kamu dapat menyesuaikan antara waktu luang yang dimiliki dan lama waktu pengerjaan tugas. Selain menyisihkan sebagian waktu luang, juga dapat mengerjakan tugas tersebut dengan cara membagi tugas tersebut apabila tugas yang diterima banyak dan dikumpulkan pada hari yang sama.

Misalkan saja jika pada hari Senin memiliki 3 tugas kimia yang dikumpul hari sabtu, maka sejak hari selasa dapat membagi tugas tersebut dengan cara tiap sehari mengerjakan satu tugas. Dengan demikian tugas akan selesai sebelum waktu pengumpulan. Semakin sulit tugas yang diberikan maka akan semakin banyak waktu  yang diperlukan untuk menyelesaikannya.


Lama pengerjaan 


Dalam mengerjakan suatu tugas,kamu juga perlu mengetahui seberapa cepa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Kecepatan tiap orang dalam menyelesaikan suatu tugas berbeda-beda sehingga dapat menyesuaikan sendiri dengan kemampuan yang dimiliki.

Kamu dapat memulai mengerjakan tugas dari tugas yang agak sulit karena memerlukan pencarian data paling banyak terlebih dahulu kemudin beralih ke tugas yang lebih ringan. Dengan begitu waktu dalam mengerjakan tugas tidak akan terbuang sia-sia.
Dalam mengerjakan tugas sebaiknya kita berkonsentrasi pada satu hal saja karena jika memikirkan banyak tugas dalam satu waktu maka konsentrasi akan terpecah. 

Buat jadwal

Dengan mengetahui itu semua kamu dapat berlanjut untuk membuat jadwal tugas dalam bentuk tabel. Tabel dapat berisi waktu serta durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kamu dapat melihat apakah tugas tersebut dapat diselesaikan dalam waktu cepat atau tidak. Sehingga tidak terburu-buru dalam pengerjaannya.

Dan apabila mampu menyelesaikan tugas sebelum waktu pengumpulan maka dapat beristirahat lebih lama dan dapat mengoreksi tugas pada saat–saat terakhir karena telah menyicil tugas dari hari-hari sebelumnya. Dalam membuat jadwalmu sebaiknya patuhi,
Kamu bisa saja memasang alarm untuk tidak menunda-nunda pekerjaan dan memastikan agar mengikuti jadwal yang telah dibuat.

Kerjakan

Tugas yang diberikan tidak akan selesai dengan sendirinya tanpa ada yang mengerjakan. Percuma saja jika sudah membuat jadwal tetapi tetap tidak di kerjakan. Tidak semua tugas harus menunggu dikerjakan ketika sampai di rumah, selain mengikuti jadwal yang telah dibuatkamujuga dapat mengerjakan tugas di sela-sela waktu yang dimiliki seperti saat sedang menunggu kendaraan umum atau pada jam pergantian pelajaran.

Gunakan saja sela-sela waktu yang dimiliki secara bijak sehingga waktu tersebut tidak terbuang percuma. Tugas yang diberikan bisa saja sangat sulit sehingga tidak dapat diselesaikan secara mandiri. Terkadang kamu memerlukan bantuan dari luar. Dengan mendiskusikan masalah yang sedang dihadapi dalam mengerjakan suatu tugas maka bisa saling bekerja sama untuk mencari jalan keluar yang terbaik.

Kamu dapat bertanya kepada teman, guru, tentor bahkan kepada orang tua anda. Bila masih berada di lingkup sekolah dan tidak mengerti tugas yang diberikan kepadamu. Kamu dapat mengakalinya dengan cara ketika mendapatkan tugas langsung saja melihat halaman soal sehingga memiliki cukup waktu untuk bertanya langsung kepada gurukamumenayakan langsung kepada guru yang memberi tugas tersebut.

Bisa jadi guru tersebut akan memandu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu cukup menanyakan soal yang dirasa cukup sulit. Sehingga ketika sampai dirumah tidak perlu repot untuk mencari jawaban dari soal yang telah diberikan sebelumnya.
Namun jika segan bertanya kepada guru, dapat berdiskusi dengan teman-temanmu. 
Misalkan saja seperti saat mengerjakan tugas matematika, bisa jadi temanmu lebih paham dan mau mengajarimu sehingga kamu lebih paham dalam mengerjakan tugas tersebut. Tugas yang diterima juga bisa dibawa ke tentormu, tentor tentu akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Saat menghadapi masalah di dalam rumah, dapat bertanya kepada orang tuamu.


Istirahat


Semua orang baik pelajar maupun mahasiswa atau mahasiswi tentu ingin segera menyelesaikan tugas rumahnya. Ada yang ingin menyelesaikan tugas rumahnya secepat mungkin ketika sampai di rumah dan ada pula yang beistirahat dulu sekitar 1 jam baru mengerjakan tugasnya.

Meski sudah  membuat tabel, ada kalanya kamu merasa jenuh dan bosan sehingga merasa lelah untuk melanjutkan tugas. Hal ini sangatlah wajar karena jika dipaksakan terus hal ini justru akan membuatmu menjadi stres. Kita dapat beristirat 10 menit tiap 45 menit.

Langkah yang sebaiknya diambil ketika mengalami ini adalah dengan cara mencari kegiatan lain untuk mengistirahatkan pikiran seperti tidur, jalan-jalan atau sekedar menonton televisi. Namun setelah pikiran menjadi segar kembali. Sebaiknya melanjutkan tugas yang telah tertunda tadi.
Ketika kamu melamun bisa saja mendapatkan ide untuk menyelesaikan tugas tersebut dan sebaiknya ide yang muncul tersebut segera dicatat sebelum benar-benar lupa.

Beri hadiah

Hadiah ini diberikan untuk diri sendiri dan dapat dianggap sebagai suatu prestasi karena mampu menyelesaikan suatu tugas. Bentuk hadiah yang diberikan bermacam-macam seperti membeli es krim, membeli buku baru, dan sebagainya sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan tugas rumah dengan cara yang baik. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diharapkan “tugas” tidak menjadi momok yang menyeramkan dan mampu dianggap sebagai tantangan yang harus dihadapi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh: Desti Wahyuni

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni