9 Alasan Indonesia Terlihat Mengagumkan di Mata Orang Asing

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia dan memiliki lebih dari 17.000 pulau. Setiap tahun banyak turis asing yang datang berlibur di Indonesia, menurut mereka Indonesia terlihat sangat mengagumkan. Berikut alasan Indonesia terlihat mengagumkan di mata turis asing.


Komodo

via www.komodo.travel
Indonesia memiliki Taman Nasional Komodo yang telah menjadi salah satu keajaiban dunia yang baru. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia, Komodo hanya terdapat di Indonesia tepatnya di Taman Nasional Komodo, di tempat tersebut komodo dibiarkan hidup di alam liar. Komodo bisa memakan manusia karena itu ketika mengunjungi spesies ini kamu akan ditemani oleh penjaga taman. 

Taman Nasional Komodo berada di wilayah perbatasan provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman ini mencakup tiga pulau besar yaitu Komodo, Padar dan Rinca, dan 26 pulau kecil lainnya. Luas total taman ini 1.733 km² (603 km²nya berupa tanah). Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 dengan tujuan untuk melindungi komodo, kadal terbesar di dunia. Seiring bberjalannya waktu, taman ini kemudian digunakan pula untuk melindungi spesies lain, seperti spesies laut. Pada tahun 1991, taman nasional ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pulau Padar dan Rinca didirikan sebagai cagar alam pada tahun 1938. Pulau Komodo dinyatakan sebagai cagar alam pada tahun 1965, dan pada bulan Januari 1977 dinyatakan sebagai cagar biosfer oleh “Man and Biosphere UNESCO Program”. Tiga pulau dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 1980, yang kemudian daerahnya diperluas ke daerah sekitarnya dan bagian dari Flores pada tahun 1984. Pada tahun 1991 taman nasional dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sejak tahun 1995, keberadaan taman nasional komodo ini telah didukung oleh The Nature Conservancy (TNC), sebuah organisasi lingkungan hidup di Amerika. Sebuah rencana manajemen baru bersama-sama dikerjakan bersama TNC dan dilaksanakan pada tahun 2000. Rencana tersebut yaitu rencana untuk mengatasi masalah peningkatan eksploitasi sumber daya, baik laut dan darat. Kebanyakan masalah terhadap sumber daya laut berasal dari nelayan dan perusahaan komersial di luar taman. Namun, peraturan dan pembatasan penggunaan sumber daya berdampak positif pada taman. Pemberian mata pencaharian alternatif adalah bagian dari strategi manajemen.

Setelah operasi dilakukan selama 5 tahun, pada tahun 2010 keluarlah izin (PNK) Putri Naga Komodo. PNK adalah sebuah perusahaan nirlaba yang didanai bersama-sama oleh TNC dan Bank Dunia yang mengoperasikan fasilitas wisata dengan harapan untuk membuat taman finansial mandiri. Sebelumnya para nelayan menangkap ikan secara ilegal di daerah ini, kemudian TNC yang membantu melawan praktek-praktek penangkapan ikan yang merusak. 

Pada awal tahun 2012, operator selam dan konservasi menemukan banyak situs karang yang rusak. Kerusakan ini dikarenakan nelayan yang menagkap ikan secara ilegal yaitu dengan cara meledakkan bom. Nelayan menggunakan pupuk dan minyak tanah dicampur dalam botol bir sebagai bahan peledak atau menyemprotkan sianida ke karang untuk menyetrum dan menangkap ikan. Dalam dua tahun terakhir lebih dari 60 nelayan ilegal ditangkap, bahkan salah satu tersangka ditembak dan dibunuh setelah nelayan mencoba melarikan diri dengan melemparkan bom ikan.


Snorkling

via jadiberita.com
Laut-laut di Indonesia merupakan tempat yang sempurna untuk snorkling. Indonesia adalah rumah bagi 20% terumbu karang di dunia, sehingga kamu dapat menemukan tempat terbaik untuk melakukan snorkling. Terdapat banyak kesempatan yang tersedia untuk penyelam  pemula dan berpengalaman, dengan banyaknya toko-toko penyewaan peralatan yang ditawarkan. Indonesia juga memiliki banyak bangkai kapal di lepas pantainya, yang membuat penyelaman menjadi menarik. 

Salah satu tempat terbaik untuk snorkling yaitu di Raja Ampat. Di tempat ini terdapat berbagai macam keanekaragaman hayati seperti ikan dan terumbu karang.

Pada tahun 2002, The Nature Conservancy melakukan survei ilmiah di Kepulauan Raja Ampat untuk mengumpulkan informasi tentang ekosistem laut, dan hutan bakau. Survei menunjukkan bahwa di Raja Ampat terdapat karang yang dipastikan jumlahnya sebanyak 537 spesies. Selain itu, yang menakjubkan terdapat 1.074 spesies ikan.

Salah satu alasan keanekargaman hayati disini yaitu karena terisolasinya daerah tersebut. Perjalanan ke daerah ini menggunakan perahu ditempuh selama 10-hari, dan tempat ini masih jarang di jangkau oleh wisatawan.

Kebanyakan bagian kepulauan ini merupakan daerah kapur, dan beberapa gunung berapi, yang semua daerahnya ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan hijau dan pohon-pohon kecil dan merupakan bagian dari provinsi baru yaitu Papua Barat. 


Makanan

via masteresep.com
Indonesia memiliki aneka ragam jenis makanan. Beberapa makanan yang populer di Indonesia adalah sate, nasi goreng, gudeg dan juga rendang. 

Rendang adalah hidangan daging pedas yang berasal dari etnis Minangkabau Indonesia. Sebenarnya salah satu makanan khas Minangkabau ini biasanya disajikan pada acara-acara seremonial dan untuk menjamu tamu. Rendang juga disajikan oleh suku Melayu di Malaysia, Singapura, Brunei, dan juga di Filipina Selatan. Rendang secara tradisional dihidangkan oleh masyarakat Minangkabau pada acara-acara perayaan seperti upacara adat, pesta pernikahan, dan Hari Raya (Idul Fitri). Pada tahun 2011 sebuah polling online yang diikuti oleh 35.000 orang yang diprakarsai oleh CNN International memilih Rendang sebagai makanan nomor satu dari 50 makanan Paling Lezat di dunia.

Selain makanan, Indonesia juga merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Kopi yang terkenal diantaranya Kopi Luwak, kopi yang terbuat dari kotoran Luwak alias musang yang telah memakan biji kopi. Kedengarannya kotor tetapi sebenarnya langka dan merupakan kopi yang cukup mahal.


Borobudur

via saripedia.wordpress.com
Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia. Candi ini terdiri dari enam platform persegi, kemudian diatasnya terdapat tiga platform melingkar yang dihiasi oleh 2.000 relief dan lebih dari 500 patung Buddha. Sebuah kubah utama yang terletak di platform atas dikelilingi oleh 72 patung Buddha yang masing-masing duduk di dalam stupa yang berlubang. Candi ini seperti sebuah monumen yang menakjubkan. Salah satu waktu terbaik untuk menjelajahi candi ini yaitu pada pagi hari ketika kamu dapat menyaksikan matahari terbit sambil berdiri di bagian paling atas candi.

Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Dinasti Sailendra, dirancang dengan gaya arsitektur Buddha Jawa yang memadukan kultur asli Indonesia yaitu memuja leluhur dan konsep Buddha yang mencapai Nirvana. Candi ini juga menunjukkan pengaruh seni Gupta yang mencerminkan pengaruh India di wilayah tersebut. Candi ini merupakan sebuah kuil untuk Sang Buddha dan tempat untuk ziarah Buddhis. Perjalanan untuk peziarah dimulai di dasar monumen dan mengikuti jalan di sekitar monumen dan naik ke atas melalui tiga tingkat simbol kosmologi Buddhis: Kamadhatu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia bentuk) dan Arupadhatu (dunia yang tidak berbentuk). Candi memandu peziarah melalui tangga dan koridor dengan 1.460 relief cerita pada dindingnya. Borobudur memiliki ansambel terbesar dan paling lengkap dari relief Buddha di dunia.

Bukti menunjukkan bahwa Borobudur dibangun pada abad ke-9 dan ditinggalkan setelah penurunan kerajaan Budha pada abad ke-14 ketika islam mulai masuk ke Jawa. Seluruh Dunia mengetahui keberadaannya berkat Sir Thomas Stamford Raffles karena pada tahun 1814, saat Inggris menguasai Jawa, dia menyarankan untuk melakukan pemugaran pada candi ini. Proyek pemugaran terbesar dilakukan pada tahun 1975 sampai tahun 1982 oleh pemerintah Indonesia dan UNESCO. Dan candi ini menjadi candi yang terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO.

Borobudur masih digunakan untuk beribadah setahun sekali oleh umat Buddha untuk merayakan Waisak.


Gunung Berapi

via gojausan.blogspot.com
Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Australia, serta lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Di Indonesia bagian selatan dan timur terdapat sabuk vulkanik yang memanjang dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara dan Sulawesi, dimana sisi gunung dan dataran rendah vulkanik didominasi oleh rawa-rawa. Total sebanyak 129 gunung berapi di Indonesia merupakan 13 persen dari seluruh gunung berapi di dunia. Gunung api di Indonnesia membentang sepanjang pulau dan disebut sebagai cincin api Indonesia.

Beberapa gunung berapi di Indonesia banyak menyimpan keindahan pemandangan yang menakjubkan. Ada beberapa gunung di Indonesia yang memiliki danau di sekitarnya dan bahkan kawah. 

Salah satu gunung berapi di Indonesia yang terkenal yaitu Gunung Bromo yang terletak di Kawah Tengger, Jawa Timur. Gunung ini berstatus sebagai merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo merupakan bagian dari rantai Gunung berapi yang berada di ujung timur pulau Jawa. Yang menarik daerah di sekitar gunung Bromo adalah rumah bagi masyarakat Hindu Tengger, berbeda dari dataran rendah Jawa yang berpenduduk mayoritas Muslim.


Pantai

via lazyflowerisme.wordpress.com
Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan garis pantai lebih dari 80.000 km dan merupakan garis pantai terpanjang ke empat sedunia, hal ini tentu saja membuat ndonesia memiliki banyak lokasi pantai yang indah. Kamu bisa menikmati beberapa olahraga air seperti surfing, parasailing, banana boat atau hanya berbaring di tepi pantai. Kamu dapat bermain di pantai Kuta, Bali yang populer, atau pantai merah muda yang terdapat di pulau Komodo.

Beberapa pantai di Indonesia terdiri dari pasir fluvial dan kerikil, atau tebing. Terumbu karang membentuk pantai pasir putih atau kuning, sedangkan pantai sedimen yang berasal dari batuan vulkanik biasanya berwarna hitam atau abu-abu, seperti di Bali utara dan selatan Jawa. Di zona granit di Riau, dan Bangka Belitung, pasir kuarsa putih serta batu-batu granitlah yang mendominasi.

Pantai biasanya ditumbuhi oleh vegetasi pantai berupa pohon kelapa dan cemara. Bukit pasir pantai kurang berkembang di daerah tropis yang lembab, tapi di pantai selatan Jawa dan Sumatera, pantai didukung oleh bukit dan beberapa di antaranya ditumbuhi vegetasi hutan. Lava dan abu dari letusan gunung berapi dapat mengangkut sejumlah besar sedimen piroklastik ke pantai, seperti di Gunung Merapi selatan Jawa dan Gunung Agung di Bali. Sedang pantai di beberapa daerah, digunakan sebagai tempat penyu bertelur dan pantai ini dilindungi oleh pemerintah.

Gelombang atau ombak di perairan Indonesia sebagian besar dihasilkan oleh angin lokal yang bertiup lembut di zona khatulistiwa tetapi bertiup kuat di pantai utara dan selatan bagian timur laut dan tenggara. Samudera terbentang di pantai selatan yaitu Samudera Hindia dan pantai utara barat daya yaitu Samudra Pasifik, disini gelombang yang tercipta sangat besar.

Beberapa pantai dianggap suci dan biasnya digunakan untuk prosesi ritual. Kuil laut didirikan di Bali, Lombok, dan Jawa untuk menenangkan dewa atau dewi laut. Beberapa pantai di pesisir selatan Jawa dianggap suci karena berhubungan dengan sosok Nyai Roro Kidul, Ratu Laut Selatan. Sesuai dengan keyakinan Jawa, orang diperingatkan untuk tidak memakai baju hijau di pantai ini karena warnanya suci baginya dan memakainya mungkin menyinggung dan menyebabkan orang tersebut tenggelam ke laut. Ritual biasanya dilakukan di pantai Parangtritis, Pangkamuran, Karang Bolong, Ngliyep, Puger, dan Banyuwangi.


Masyarakat

via tribune.com.pk
Penduduk Pribumi adalah istilah yang mengacu pada kelompok penduduk Indonesia yang memiliki warisan sosial budaya yang sama dan anggotanya dianggap sebagai penduduk asli negara Indonesia. Orang Pribumi terdapat sekitar 95% dari penduduk di Indonesia. Budaya Pribumi memainkan peran penting dalam membentuk kondisi sosial ekonomi negara Indonesia.

Kelompok etnis terbesar di Indonesia adalah etnis Jawa yang yaitu sebanyak 41% dari total penduduk Indonesia. Orang Jawa terkonsentrasi di pulau Jawa tetapi jutaan orang telah bermigrasi ke pulau-pulau lain di seluruh Nusantara. Etnis Sunda, Melayu, dan Madura adalah kelompok terbesar berikutnya. Banyak kelompok etnis, terutama di Kalimantan dan Papua yang hanya memiliki ratusan anggota. 

Pembagian dan klasifikasi kelompok etnis di Indonesia tidak kaku dan dalam beberapa kasus tidak jelas diakibatkan oleh adanya migrasi, juga pengaruh budaya dan bahasa; misalnya beberapa orang mungkin setuju bahwa Banten dan Cirebon merupakan kelompok etnis yang berbeda, namun beberapa orang mungkin menganggap mereka sebagai sub-etnis Jawa. Kasus yang sama juga terjadi dengan orang-orang Badui yang memiliki begitu banyak kesamaan dengan orang-orang Sunda sehingga dapat dianggap sebagai kelompok etnis yang sama. Contoh etnis hybrid adalah orang Betawi, hasil campuran dari etnis pribumi dengan Arab, Cina dan India sejak era kolonial Batavia (Jakarta).

Bagi orang asing penduduk Indonesia terkenal sebagai orang yang hangat dan sangat ramah. Masyarakat Indonesia juga sangat bangga dengan sejarah, budaya, satwa liar, makanan dan banyak hal lainnya.


Orangutan

via zooborns.typepad.com
Pulau Kalimantan ditempati oleh tiga negara Brunei, Malaysia, dan sebagian besar Indonesia dan di seluruh hutan hujan di Pulau Kalimantan kamu dapat menemukan orangutan yang liar. Salah satu cara terbaik untuk melihat mereka adalah dengan menyewa perahu Klotok menyusuri Sungai Sekonyer atau mengunjungi cagar rehabilitasi Camp Leakey Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting.

Orangutan memiliki rambut yang panjang, sangat cerdas dan merupakan spesies yang dekat dengan dengan manusia dan hanya ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

Orangutan memiliki lengan yang besar. Seorang laki-laki dapat meregangkan lengannya sepanjang sekitar 7 kaki atau 2 meter dengan tinggi badan sekitar 5 kaki (1,5 meter). Ketika orangutan berdiri, tangan mereka hampir menyentuh tanah.

Lengan yang dimiliki orangutan sangat cocok dengan gaya hidup mereka yang menghabiskan 90 persen waktu mereka berada di pohon-pohon hutan hujan tropis yang merupakan rumah mereka. Mereka bahkan tidur di cabang pohon yang tinggi. Mereka menggunakan daun besar sebagai payung dan tempat berlindung dari hujan biasa.

Hewan primata ini mencari makan pada siang hari. Sebagian besar makanan mereka terdiri dari buah dan daun yang dikumpulkan dari pohon-pohon di hutan. Mereka juga makan kulit kayu, serangga dan, pada kesempatan yang langka mereka memakan daging.

Orangutan lebih soliter daripada kera lainnya. Ketika mereka bergerak melalui hutan mereka membuat banyak suara gemuruh untuk memastikan bahwa mereka berada di jalan masing-masing. "Panggilan panjang" dapat terdengar 1,2 mil (2 kilometer) jauhnya.

Ibu dan anaknya memiliki ikatan yang kuat. Bayi orangutan akan tinggal bersama ibu mereka selama enam atau tujuh tahun sampai mereka memiliki keterampilan untuk hidup sendiri. Orangutan dapat berumur panjang dan bertahan selama 60 tahun di penangkaran.

Karena orangutan hidup hanya di beberapa tempat, dan begitu bergantung pada pohon, mereka sangat rentan terhadap penebangan pohon. Penebangan pohon dan kegiatan manusia lainnya, seperti berburu, telah membuat orangutan terancam punah.


Spa dan relaksasi

via bellevuemassagespa.com
Indonesia merupakan negara yang ahli dalam perawatan spa dan relaksasi, sebelumnya spa hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan namun, saat ini siapapun dapat menikmati spa yang menenagkan. Pemandangan yang tenang menjadikan latar belakang yang sempurna untuk peremajaan dan melarikan diri dari kesibukan sehari-hari.

Jika kamu sedang mencari tempat untuk bersantai dan mendapatkan layanan pijat yang baik, maka Indonesia adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi. Setiap perawatan spa yang kamu bayangkan dapat ditemukan disini, mulai dari dibungkus dengan rumput laut sampai spa ikan, serta memiliki aromaterapi untuk pijat yang menakjubkan. Banyak dari layanan ini ditawarkan di hotel-hotel di Indonesia sebagai layanan yang terpisah atau bahkan di pantai saat kamu menikmati matahari. 

Ambil kesempatan untuk mengisi ulang tubuh dan jiwa kamu dengan mengunjung salah satu spa terbaik dunia, seperti di Bali, Jawa dan Jakarta. Dari mulai pijat dan meditasi, perawatan wajah dan body scrub, spa dijamin dapat membatu kamu untuk merasa santai. Apapun jenis spa yang kamu pilih, itu akan menjadi tempat yang ideal untuk mengistirahatkan tubuh dan jiwa dan melupakan semua kesibukan kehidupan modern.

Sebagai penduduk Indonesia kita patut bangga dengan keanekaragaman budaya, bahasa dan kekayaan alam yang Indonesia miliki. Dan kebanggaan ini hendaknya menimbulkan rasa tanggung jawab untuk bersama-sama melindungi kekayaan yang Indonesia miliki.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni