Fakta-Fakta Mengejutkan Mengenai Perang Dunia 1

Perang Dunia I adalah perang yang terjadi di abad 19 tepatnya pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Dimulai dari beberapa begara di Eropa yang saling menyerang hingga akhirnya mewabah kesuluruh dunia. Banyak penduduk dunia yang meninggal akibat perang ini, hal ini juga disebabkan adanya kemajuan teknologi seperti pesawat tempur, tank, senjata api, dan munculnya persenjataan baru yang dimiliki setiap negara.

Perang Dunia 1 via pixabay.com
Kemajuan masa kini tidak akan terjadi tanpa adanya sejarah.

Banyak fakta mengejutkan mengenai Perang Dunia I, yuk simak biar wawasanmu semakin bertambah!


Peperangan Parit

via sites.google.com
Untuk membentuk benteng pertahanan para tentara membentuk parit untuk perlindungan mereka. Kawat berduri, karung pasir dan dinding untuk menambah pertahanan. Musuh akan sulit mendekat atau menguasai karena pasukan bisa datang kapan saja melalui parit.
Ruang gerak mereka tidak bisa sebebas diruang terbuka. Mereka harus bertahan dalam ruang yang sempit. Tak hanya itu saja mereka hidup dalam kegentingan yang luar biasa, di mana bom siap meledak dalam parit mereka. 

Prajurit yang telah mati pun dibiarkan begitu saja, sedangkan yang masih hidup harus rela tidur bersama mayat, makan seadanya dan kemungkinan besar terkena infeksi virus . Inilah ruang sempit kehidupan mereka selama di parit. Kehidupan diperparah ketika datangnya hujan yang menyebabkan tanah menjadi lumpur serta darah mengalir melalui prajurit yang telah mati.

Bau bangkai yang menyengat juga menimbulkan psikolog mereka goyah. Banyak yang melarikan diri dari peperangan karena tidak tahan dengan kondisi seperti ini. Bayangkan saja sedikit saja kamu menongolkan kepala maka sniper siap menembak kepalamu. 

Dalam peperangan parit ini Jerman telah melanggar peraturan Konvensi Den Haag dengan menggunakan gas klorin pertama kalinya di front barat. Itu sangat berbahaya.

Cerita peperangan parit ini telah banyak dibukukan oleh para prajurit yang berhasil selamat dari tempat mengerikan ini.


Perang Laut

via www.naval-history.net
Saling menunjukan siapa yang paling kuat di atas laut. Kekaisaran Jerman memiliki banyak kapal penjelajah yang tersebar di seluruh dunia. Mereka lebih menyerang kapal dagang sekutu milik Angkatan Kerajaan Britania Raya. 

Britania Raya tak ambil diam, di mulai memblokade laut Jerman. Selain  itu Britania Raya sengaja membuang ranjau ke laut Internasional dengan tujuan agar tidak ada kapal yang berani memasuki wilayah samudra.

Tahun 1916 berubah menjadi perang laut terbesar yang bernama Pertempuran Jutland, tepatnya di U Both Jerman berhasil menenggelamkan 6.596 kapal. Laut Utara lepas pantai Jutland. Selama perang berlansung kapal milik Jerman masih tertahan di pelabuhan.


Serangan musim semi Jerman 1918

via www.bbc.co.uk
Tujuan dari serangan ini untuk memecah pasukan Britania dan Perancis. Serangan ini dijuluki operasi Michael. Akhirnya parit Britania Raya dan Perancis berhasil diterobos. 


Emansipasi wanita mulai muncul pada perang Dunia 1

Henry Ford via makered.org
Ini adalah dampat yang baik untuk para wanita, jika sebelum perang ini wanita tidak dilazimkan untuk bekerja. Berkatnya wanita mulai mengambil alih pekerjaan pria. Ini artinya antara pria dan wanita ditempatkan sejajar. 

Tak hanya emansipasi wanita yang muncul, emansi Afro Amerika mulai dihilangkan. Dimana tidak ada lagi perbedaan antara kulit hitam dan kulit putih. Hal ini terbukti dengan Henry Ford telah memperkerjakan kulit hitam dalam perusahaannya. 


Amerika Serikat tumbuh menjadi kekuatan militer terbesar di Dunia

via www.ww1-propaganda-cards.com
Amerika Serikat bergabung dalam peperangan ini pada tanggal 2 November 1917 dengan bergabung di parit Barthelemont, Perancis. Yang membuat Amerika kuat adalah persenjataan yang komplek. Namun secara waktu Amerika Serikat telat dalam andil Perang Dunia 1.


Penerbang yang handal, Red Baron

Red Baron via www.crackedhistory.com
Manfred von Richthofer asal Jerman ini menjadi pilot muda yang sangat ditakuti pada masa itu. bagaimana tidak pesawat tempur jaman dahulu masih terbuat dari kayu kain, namun Richthofer mampu meraih 80 kemenangan. 

Pada kemenangan ke 16 Richthofer mendapat penghargaan The Ace dari Jerman. Tanggal 12 Januari 1917 mendapat gelar Pour Le Merite atau Blue Max. Untuk menunjukan dirinya Richthofer mengecat pesawatnya dengan warna merah agar para sekutu tahu itu adalah dirinya. Semakin dia tangguh semakin banyak sekutu yang ingin memburunya salah satunya adalah tentara Inggris. Mereka memberi cat merah pada hidung pesawat sebagai bukti ingin memburu Richthofer.

29 April 1917 Richthofer berhasil menembak 4 pesawat dalam sehari, peristiwa itu disebut dengan “Bloody April”.  Juli 1917 Richthofer  pernah ditembak dikepala hingga para jendral memutuskan dia untuk pensiun dan dilarang bertempur. Dia hanya diperbolehkan bertempur jika keadaan sangat mendesak.

Namun, sehebatnya jagoan dia pasti akan kalah, tepatnya 21 April 1918 dia ditembak dari belakang menembus dada. Jasadnya ditemukan oleh tentara Inggris dan dimakamkan secara militer.


Pesawat tempur yang digunakan selama perang

via en.wikipedia.org

The Flying Bomb Fieseler  FI 103R-IV “Reichenberg”

Pesawat ini adalah buatan nazi yang mematikan, dimana hanya 1% pilotnya dapat selamat setelah mengendarai pesawat ini. Bom dapat diarahkan hingga detik terakhir. Dasar konsep pembentukan pesawat ini berawal dari sebuah pertanyaan. Bagaimana kita bisa mengikat salah satu pilot kita ke rudal itu? 


Pabrik Royal Aircraft BE9 “Pulpit”

vi www.ceriwis.com
Baling-baling pesawat ini sangat berisik alias bising, pilot sangat kesulitan berkomunikasi dengan pilot yang dibelakangnya. Kebayangkan kalau mereka ngomong pasti teriak-teriak dan mengulangi kalimat yang sama. Gimana ya kalau pembicara bilang A dan pendengar mendengarnya B, wahh bisa-bisa salah sasaran nih..

Senapan mesin berada di depan baling-baling pesawat, bahkan jika benda yang jatuh di depan baling-baling akan kesedot kebelakang. Wah jadi resiko besar kalau yang tersedot adalah pilotnya.


Albratos D III

via hyperscale.com
Ini adalah pesawat tercanggih pada masa itu. Red Baron sangat menfavoritkan pesawat ini. Pada desain awal boiler pesawat dipasang tepat diatas kepala pilot. Bayangkan deh jika terjadi kerusakan, banyak peralatan panas menimpa langsung wajah pilot. Banyak pilot yang tidak berani memumpangi pesawat ini.  


Camel Sopwith

via www.aresgames.it
Figther terbaik sepanjang masa, bagaimana tidak Camel Sopwith berhasil menjatuhkan 1.200 pesawat. Jika dilihat dari desain memang kurang menarik namun sangat solid. Pesawat ini bersayap ganda dan dikendarai Arthur “Roy” Brown.


Fokker Dr 1 Triplane 

via en.wikipedia.org
Pada awal pemakaiannya banyak para pilot yang gugur, sehingga Fokker Dr 1 Triplane harus dimodifikasi. Dalam modifikasinya hanya perlu mengubah mesin dengan menggunakan Mercedes DIII, V-11 dan pemasangan sayap model biplane. Untuk masalah kecepatan tidak perlu dirubah lagi.


Berkat modifikasi tersebut Fokker Dr 1 Triplane berhasil mengantarkan Red Baron meraih gelar The Ace. 


Perjanjian perdamaian 
Perjanjian Versailes 

Perjanjian Versailes adalah perjanjian perdamainan yang secara resmi mengakhiri perang dunia 1. Dalam perjanjian ini Jerman harus memikul tanggung jawab yang besar yaitu Jerman harus melakukan perbaikan-perbaikan di beberapa negara sekutu. Karena dianggap sebagai pemicu Perang Dunia 1.

Perjanjian ini diumumkan oleh Liga Bangsa-Bangsa pada tanggal 10 Januari 1920. 


Perjanjian Saint-German

Isinya wilayah Austria di bagi menjadi 3 yaitu Austria, Hunggaria dan Cekoslavakia. Dan sebagian wilayah Austria diserahkan pada Italia, Yugoslavia, Polandia, Rusia dan Rumania. Dengan diadakan perjanjian ini juga membatalkan perjanjian Austria dan Jerman yang didaulat akan dapat membentuk kekuatan besar.


Perjanjian Laussane 

Dengan isi, darah Kontantinopel harus dikembalikan pada Turki. Turki tidak perlu membayar kerugian, tidak perlu mengurangi angkatan perang dan harus melindungi minoritas. Turki harus melepaskan daerah yang bukan bangsanya.


Natal mendamaikan dalam sesaat

via jiscww1.jiscinvolve.org
Tahun 1914 pada malam Natal tentara blok sekutu dan blok Sentral di Font Barat bernyanyi dan berdoa bersama. Namun setahun kemudian para penjaga diperintahkan untuk menembak mati siapa saja yang berani melakukan hal itu lagi. Mungkin salju yang turun meluluhkan hati para tentara yang keras.


Dokter banyak berlatih

via madefromhistory.com
Selama perang para dokter banyak mendapat pelajaran mulai dari menganalisis tulang, menemukan obat baru untuk penyakit baru, cara mengobati berbaga penyakit dan operasi pembedahan. Bagaimana tidak para dokter juga ditempatkan pada lini depan untuk menangani tentara yang terluka.


Dampak negatif bagi veteran

via sites.google.com
Setelah perang usai banyak veteran yang mengalami trauma psikolog. Mereka lari bersembunyi ketika mendengan kata bom, dan takut melihat seragam tentara. Tak hanya itu banyak dari veteran yang mengalami kecacatan fisik akibat perang ini seperti kehilangan kaki sebelah, tangan sebelah. Inilah harga yang harus dibayar oleh mereka para tentara yang hanya menerima perintah.


Genosida dan pembersihan etnis

via poisonpage.blogspot.com
Genosida adalah cara yang peling kejam di mana untuk menguasai daerah tersebut para etnis asli dibunuh dan bantai secara kejam. Orang Armenia dibunuh sebanyak 1,5 juta di Instambul. Banyak dari mereka yang lari untuk bersembunyi namun mereka juga tertangkap. Wanita ditelanjangi dan di salip. Anak-anak kurus bahkan kekurangan gizi, ini adalah pelanggaran 4 HAM. 

Pembantaian orang Armenia ini dilakukan oleh beberapa orang Turki diakhir-akhir perang. 


Perang paling berdarah

Serangan seratus hari

Memakan korban sebanyak 1.855.369, pertempuran ini juga dikenal dengan pertempuran Amiens. Perang ini dilakukan sekutu terhadap kekuatan di blok barat. Namun pada akhirnya Jerman harus menerima kekalahan akibat sekutu berhasil menembus Line Hindenburg. 


Serangan musim semi Jerman

Menelan 1.539.715 korban, Jerman banyak kehilangan para tentara mudadan terpaksa harus mengambil orang tua dan anak-anak akibat dari blokade benteng-benteng Inggris. Jerman mendapat bantuan tentara muda dari Amerika Serikat. 

Namun semua usaha untuk menerobos benteng Inggris sia-sia karena Jerman bergerak terlalu cepat sehingga tidak dapat meyiapakan sulplai yang banyak. Alhasil daerah yang sudah dikuasai gagal dipertahankan. Jerman kehilangan 680.000 orang dan sekutu kehilangan 850.000 orang.


Pertempuran Somme

Ini adalah perang antara Aglo-Perancis dan Jerman. Dalam perang ini tentara inggris terbunuh sebanyak 60.000 orang. Ini adalah kehilangan yang terbesar bagi Inggris. jerman dipaksa mundur oleh sekutu dan harus menetapkan wilyah tersebut sebagai kekuasaan sekutu. Masing-masing harus membayar mahal terutama sekutu, dia kehilangan 100 tank, 782 pesawat dan 623.906 orang. Sedangkan Jerman hampir 600.000 orang. 


Pertempuran Verdun

Petempuran ini adalah pertempuran terpanjang dan mengerikan antara Jerman dan Perancis di Blok barat. Taktik yang digunakan Jerman adalah membunuh sebanyak-banyaknya tentara Perancis agar sekutu merasa kewalahan dan memaksa untuk mundur. Padahal tujuan utama Jerman ingin menguasai kota. Namun Perancis tetapkeras kepala dan terus melindungi Verdun.

Jumlah kerugian kehilangan tentara sangat tidak sebanding, Perancis kehilangan 542.000 jiwa sedangakan Jerman kehilangan 435.000 jiwa. Sungguh angka yang tidak seimbang.


Pertempuran Passchendaele

Banyak tank hancur, medan perang berubah menjadi lumpur beserta orang-orang yang mati tenggelam didalamnya. Tujuan dari pertempuran ini untuk mengendalikan desa Passchendaele dari Jerman. Agar Jerman menjauh dari pelabuhan Chanel, tak hanya itu perang ini juga untuk mengalihkan perhatian Jerman dari Perancis di Aisne. 

Perang ini adalah bentuk nyata dari militer yang yang buruk. Tidak ada pihak yang diuntungkan bahkan inggris hanya mendapat tempat sedikit untuk usaha mereka. 


Perang Serbia

Berawal dari Gavrilo Princep seorang nasionalis dari Sebia yang membunuh pewaris tahta Austria-Huggaria. Hal ini menyebabkan kemarahan besar Austria-Hunggaria dengan mengivansi Serbia. Selanjutnya Rusia resmi menyatakan perang dengan Austria-Hunggaria dan Jerman menyatakan perang terhadap Rusia. 

Austria, Jerman, Bulgaria kehilangan 313.500 bila digabugkan, sedangkan Serbia kehilangan 320.000 pasukannya. 


Pertempuran pertama Mernes

Perang pecah pada tanggal 5 hingga 12 September 1914, antara Perancis-Inggris dengan Jerman. Pertempuran Mernes I mengaglkan serangan Jerman dengan taktik perang parit di blok barat.    


Cikal bakal terlahirnya NAZI

via www.huffingtonpost.com
Berasal dari kelompok rahasia yang kemudian berubah menjadi partai paling konvensional. Pada akhir Perang Dunia I Jerman harus membayar atas ulah yang dibuat. Hal ini berdampak pada perekonomin Jerman sendiri. Hal ini membuat Hitler mulai membangkitkan Jerman seperti yang dulu.  

Hitler dinobatkan menjadi pemimpin Nationalsozialistiche Deutsche Arbeiterpartei (Partai Pekerja Nasionalis Sosialis Jerman). Partai ini adalah salah satu yang menganggap Versailes  adalah kejahatan dan kelompok Yahudi ada dibelakangnya. Dari situlah kekejaman Hitler mulai menjadi momok yang menakutkan bagi kaum Yahudi.

Para tentara masih terheran mengapa mereka harus ditarik mundur dari garis depan peperangan padahal mereka masih bertahan dalam wilayah musuh. Ini adalah akibat dari perjanjian Versailes. 


Runtuhnya Kesultanan Ottoman

via en.wikipedia.org
Pihak musuh terus menerus menyerang hingga akhirnya Kesultanan Ottonam hancur. Dari awal pertempuran komunikasi pada garis depan sudah rusak. Inggris sebenarnya mengincar markas utama. Pada tanggal 30 Oktober 1918 Ottonam kehilangan Damaskus. Pada akhir hari pertempuran inggris berhasil menawan 25.000 tentara Ottonam. Sedangkan 10.000 tentara Turki dan Jerman melarikan diri dari pertempuran yang dasyat ini.

Allenby memang jendral yang cerdas, hanya dalam beberapa hari saja dia sudah mampu mematahkan militer Ottonam dan kota-kota seperti Dmaskus, Beirut, Homs, Alepo jatuh ditangannya. 

Dalam perjanian Versailes Turki mengalami kerugian yang besar karena tanah yang sejatinya milik Turki dirampas secara besar-besaran. 

Terbentuknya negara Israel dan cikal bakal perang Israel dengan Palestina

via www.telegraph.co.uk
Awalnya negara Inggris ingin menguasai dunia dengan care lewat jalur perdagangan. Namun beberapa jalur perdagangan telah dimiliki kaum Yahudi. Dahulu Yahudi itu tersebar di beberapa negara di Dunia karena mereka tidak memiliki wilayah yang pasti untuk ditinggali bersama kaumnya sendiri.

Kaum Yahudi mengadakan pertukaran dengan Inggris yaitu Yahudi rela memberikan jalur perdagangannya asalkan mereka diberi tempat untuk hidup. Inggris memberikan mereka tanah di sekitar Palestina. Dalam perjannjiannya Israel boleh menempati wilayah tersebut asalkan tidak boleh merebut tanah Palestina.

Namun kenyataannya sangat pahit, hingga era modern ini Israel terus menyatakan perang terhadap Paletina. Padahal Palestina sudah memberikan izin pada mereka untuk hidup disekitar Palestina.   

Nah sobat Nilni, di atas adalah hal-hal mengejutkan yang terjadi dan ada pada masa Perang Dunia I. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu semuanya, dan membuat kamu lebih tidak melupakan sejarah. Sampai jumpa dan selamat hari pahlawan.

Oleh: Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni