Fakta yang Tidak Kamu Ketahui Tentang 'Transgender'

Tanggal 20 November adalah Hari Transgender se-dunia

Transgender via reps-id.com
Kaum transgender adalah perilaku yang tidak lazim baik pria maupun wanita. Mereka merasa dirinya adalah lain jenis dari yang dikodratkan. Merasa jiwa mereka terjebak dari tubuh yang tidak seharusnya. 

Kaum ini bisa terbentuk karena beberapa faktor, salah satunya adalah faktor lingkungan, trauma psikolog saat masa kecil, korban pelecehan dan lainnya. mereka memang kaum minoritas tapi mereka juga berhak untuk diperlakukan adil. Fakta berikut ini bisa membuka matamu bahwa kita tidak berhak untuk mengucilkannya.

Tahu negara Thailand dong, bila kamu sampai di sana bisa dipastikan deh gak bisa bedain antara wanita tulen dan trangender. Karena sama-sama cantik jangan salah ngegebetnya....
  

Sejarah transgender sudah ada sejak dulu Loh

Jaman pemerintahan Firaun Hatsheput dulu para pemahat patung diperintahkan membuat patung dengan tubuh wanita namun berwajahkan dirinya. Padaha kala itu Firaun Hatsheput memerintah pada 1479-1488 SM. Wow sudah lama sekali ya....


Ada 2 hal yang tidak bisa diubah dalam dirinya, yaitu pita suara dan kornea mata

Suara mereka tetap tidak bisa diubah, suara mereka seperti wanita atau laki-laki karena dibuat-buat. Tapi ada juga yang sudah dasarnya suaranya seperti itu. Yang kedua adalah kornea mata, gak ada kan namanya operasi kornea mata biar menjadi gen wanita. 


Mereka membenci tubuh mereka sendiri

Ada sebagian yang tidak suka dengan beberapa bentuk tubuhnya sehingga mereka mengubah dengan yang mereka mau. Operasi plastik adalah jalan satu-satunya. Biasanya yang sering mereka ubah adalah kelamin mereka. Tak hanya kelamin yang diubah wajah mereka juga diubah sesuai dengan jenis yang diinginkan. 

Tapi ada sebagian juga yang menerima bentuk tubuhnya apa adanya. Berusaha menyamankan diri padahal sama sekali tidak nyaman. 


Gaya hidup yang gila melingkupi kehidupannya

Berperilaku hiperfeminim atau hipermaskulin, membuat pandangan orang bahwa mereka aneh. Tak hanya itu mitos mengenai kehidupan kaum ini juga dianggap gila, orang berasumsi mereka dekat dengan obat-obatan terlarang, free sex dan alkohol. 

Itu hanya mitos, so tidak semua kaum trangender seperti ini. Pandangan seperti membuat mereka tidak nyaman berada di lingkungan kita loh.
   

Bingung dengan jati dirinya

Jati diri itu penting untuk setiap orang, ada masalah besar yang bergejolak di dalam dirinya. Kebingungan yang bisa membuat frustasi karena tidak menemukan jalan keluar. Tapi pada akhirnya mereka memilih menjadi diri mereka yang nyaman.

Trangender adalah masalah sosial, bukan masalah gender. Untuk gender setiap orang berhak untuk memilih karena mereka memiliki kehidupan sendiri.


Psikologis mereka mengalami gangguan

Sebenarnya perasaan aneh telah mereka rasakan sejak kecil, namun tidak menyadari adanya perasaan yang berbeda. Semakin dewasa kaum ini semakin mengerti apa yang dirasakan selama ini. Nah fase dewasa ini adalah waktu untuk mereka memutuskan apa pilihannya. 
Pikiran antara menerima kodrat apa adanya atau memilih menjadi sesuatu yang nyaman untuk hidupnya. Terlebih lagi memiliki keluarga dan teman yang harus bersiap menerima perubahannya. Tak mudah untuk melakukan itu, banyak hujatan, hinaan yang akan diterima. Tetapi mereka harus tetap berjuang untuk dirinya.

Tapi seiringnya waktu orang-orang akan mengerti mengapa hal ini harus terjadi padanya. Semua perubahan membutuhkan proses dan waktu. Jadi hargailah keputusannya dan tetap pandang dia sebagai makhluk yang biasa. 


Trangender juga masuk dalam kaum gay atau lesbian

Memang seperti itulah kenyataannya, mereka yang transgender menyukai sesama jenis. Contohnya yang awalnya pria berubah menjadi wanita mereka tertarik pada pria, begitu juga sebaliknya. Hubungan cinta mereka tak hanya sampai disitu saja namun juga mengarah pada pernikahan.

Dalam beberapa kasus ada transgender yang tidak masuk dalam golongan gay atau lesbian. Banyak yang menemukan pasangan masing-masing berasal dari kaum transgender juga. Contohnya pasangan transgender Nick dan Bianca, kodrat Nick adalah wanita dan Bianca adalah pria. pasangan unik ini juga dikarunia 2 anak loh! Karena masing-masing tidak mengubah jenis kelaminnya.


Transgender merupakan kaum liberal radikal yang datang dengan ide yang tidak masuk akal

Sifat ini muncul karena mereka ingin diterima dalam keluarga dan lingkungan sekitar. cara pandang mengenai politik juga berbeda. Ya... latar belakang agama, asal, dan lainnya yang menyebankan ini. Tapi itu bukan masalah karena kaum ini berhak untuk bersuara.


Jiwa mereka bukan pria atau wanita seutuhnya

Tidak bisa dibilang wanita karena tubuhnya adalah pria, tidak bisa dibilang pria seutuhnya karena tubuhnya adalah wanita. Pada dasarnya pria dan wanita diciptakan berbeda baik pola pikir maupun fisik. Ya... inilah apanya mereka. 

Wanita transgender masih memiliki sifat pria, di mana mereka bisa sekuat layaknya pria. Sedangkan transgender pria masih memiliki sifat feminim wanita, di mana perasaan mereka selembut sutra.  

Mereka dianggap kaum yang aneh

Yang menganggap mereka aneh adalah masyarakat, so jangan pernah menganggap aneh tapi pandanglah kaum ini berbeda. Yup... kata berbeda lebih baik ya guys... walaupun transgender tapi mereka juga perasaan. Bahkan bisa saja perasaannya lebih peka dari pada kita. Jangan pandang sebelah mata karena mereka tidak pernah memandang kita sebelah mata.   


Cara berpakaian yang berbeda

Kamu pasti sering melihat kaum transgender wanita yang sedang melakukan pertunjukan di atas panggung. Pakaian yang dikenakan sangat mencolok, ini adalah persoalan selera fashion. Mereka hanya berusaha bernampilan seperti wanita agar orang lain menganggap yang mereka lihat adalah wanita. 


Kaum transgender sering disiksa dan dilecehkan

Mereka hanya ingin diakui hak-haknya sebagai warga negara bukan untuk disiksa, dilecahkan, dan didiskriminasi. Kasus yang paling sering terjadi adalah ketika ada razia dari satpol PP, banyak para trangender yang sedang mengamen atau menjajakan dirinya diciduk oleh satpol PP. Mereka juga diperlakukan keras bahkan dipukuli atas dasar kesalahan yang menurut mereka tidak dilakukan.

Trangender memang kaum minoritas tapi mereka bukan bahan untuk disiksa.


Mereka bahagia dengan dirinya sekarang

Sejatinya manusia hanya mencari kenyaman dalam dirinya di dunia ini. Manusia tidak berhak mendiskriminasi kaum transgender dalan golongan pendosa karena menyalahi kodratnya dan tidak menerima anugrah dari Tuhan. Ini adalah soal pribadi mereka, dan sepatutnya kita tiak boleh ikut campur. 

Jalan seseorang menemukan kebahagiaan sangatlah berbeda. Mereka mempunyai cara tersendiri untuk menemukannya. Trangender adalah hal yang membuat mereka nyaman. Biarkan kenyaman ini membuat mereka benar-benar hidup. Jangan paksakan kaum ini untuk bertingkah seperti orang biasa pada umumnya.

Tubuh, perasaan dan hatinya sudah bahagia dengan keadaan yang seperti ini.  


Sosok yang kuat dan tegar

Dalam perubahannya trangender sudah terbiasa mendapat cacian, pandangan orang yang sangat menyudutkannya, bahkan kekerasan. Perlakuan yang didapatkan ini membuat hatinya sudah kebal, bahkan hanya dianggap angin lalu oleh kalangan ini. Mereka sadar menangis hanya membuatnya semakin lemah dan menjadi sasaran empuk.


Bingung mau masuk toilet Pria atau Wanita 

Nah ini nih yang selalu menjadi permasalahan buat mereka ketika berada di fasilitas umum. Ingin masuk toilet wanita takut diusir petugas karena perawakannya yang laki. Namun jika masuk toilet pria pasti ngeliat banyak pria yang kencing. 

Tapi, jika transgender wanita rasanya tidak masalah karena toilet wanita semuanya tertutup ya... berbeda dengan pria. Hehehe


Gimana dengan status di KTPnya ya...?

Ini juga permasalahan nih, terutama di Indonesia dandanannya wanita tapi kok jenis kelaminnya laki-laki. Apa yang harus dilakukan petugas, difoto terlihat jelas wanita tapi di statusnya laki-laki. Apalagi kalau ada razia kendaraan, wah wah bisa kerjaan Polisi nih. 


Apa ya, status mereka di media sosial?

Dahulu sebelum adanya undang-undang resmi mengenai transgender pilihan pada jenis kelamin hanya ada dua yaitu perempuan dan laki-laki. Namun kaum transgender tidak perlu khawatir karena media sosial sudah menyediakan istilah lain. 

Media sosial aja sudah mengakui keberadaan mereka gimana dengan kamu?


Jangan anggap aku antara ada dan tiada

mereka hanya butuh dianggap ada oleh kita, itu saja sudah cukup. Masih banyak orang yang tidak mau menerima keadaannya. So mulai sekarang buka mata kalian dan jangan anggap remeh kaum ini. Sejatinya kita hanya perlu menerima perubahannya dan hargai keputusannya.


Solene transgender pertama Indonesia yang berhasil menembus Hollywood

Solena pernah bermain dalam beberapa film Hollywod dan beradu akting dengan aktor dan aktris ternama. Puas melebarkan sayap di dunia perfilman Solena menjadi penata rambut, dia pernah menangani Justin Bieber hingga Bill Clington. 

Solena kini telah memiliki pacar berwarganegaraan Jerman dan telah kembali ke Indonesia untuk menjajal peruntungannya. Dia benar-benar merasa enjoy dengan dirinya yang penuh bakat.


Cara berjalan yang masih aneh  

Baik pria maupun wanita memiliki cara jalan yang berbeda ya.... meski dia sudah berjalan feminim atau macho tetap saja masih keliatan ciri khas kodratnya. Masih ada sedikit ngangkang dan feminya ya... coba cek aja.


Transgender menurut padangan agama Budha

Dalam agama Budha tidak melihat jenis kelamin, agama ini hanya melihat manusia dari tingkah lakunya. Menurutnya tingkah laku manusia dapat mempengaruhi kehidupannya mendatang. Apa yang diperbuat akan ditanggung dalam kehidupannya kelak. 

Budha adalah agama yang percaya adanya reinkarnasi manusia. 

Jadi bilang ingin kehidupannya baik maka jadilah orang baik.


Beberapa negara sudah melegalkan transenden

Untuk di Indonesia trangender masih legal ya guys... di Amerika Serikat, Perancis, Argentina, Meksiko, New Zealand, Urugia, Islandia, Swedia, Afrika Selatan dan lainnya. kaum transgender juga boleh mengubah statusnya tanpa harus melalui persetujuan medis maupun operasi perpindahan kelamin. Tak hanya setatus saja, negara-negara ini juga memperbolehkan trangender untuk menikah. 

Banyak aturan hukum yang menuliskan bahwa kaum ini mendapat hak-hak dan perlindungan yang sama. 

Semoga Indonesia segera meyusul......


Kenapa mereka harus ada

Kenapa? Karena adanya mereka mewarnai dunia ini, mereka mengajarkan kita bahwa perbedaan bukan hal yang mustahil untuk dapat bersatu. Perubahan mereka tidak mengganggu kehidupan kita. So, dukung dan rangkul mereka ya guys.... 


Kaum ini tetap memiliki cinta

Baik cinta sejenis maupun tidak pada dasarnya mereka diciptakan atas kasih sayang yang tulus. Hatinya dianugrahkan cinta agar dapat merasakan hangatnya berkasih dengan manusia. Meski sudah menyatakan transgender bukan bearti hatinya sudah mati. Bisa saja hati mereka lebih perasa daripada orang lain.


Sulit mendapat pergaulan

Hanya beberapa kaum transgender yang nyaman dengan pergaulan orang normal lainnya. banyak diantaranya merasa terkucilkan bila bersama dengan orang lain. alhasil mereka hanya dapat bergaul dengan kaumnya saja. Bila mereka berani keluar dari zona ini pasti dunianya akan tambah berwarna.


Biarkan mereka memilih jalannya

Jangan kekang mereka untuk menjadi dirinya sesuai kodratnya karena hanya akan berdampak buruk. Para transgender akan selalu menipu dirinya sendiri demi orang lain menganggapnya ada. Itu sama saja kita membiarkan kaum ini untuk terus berbohong dan tidak mau menerima kenyataan yang ada. 

Urusan antara Tuhan adalah urusan masing-masing. Ingat ya ini bukan aib namun hanya permasalahan sosial.



Transgender yang cantik...

Bahkan mereka melebihi kecantikan wanita pada umumnya, membuat iri kaum wanita ya... ada yang kecantikannya memang alami dan ada juga yang melakukan serangkaian operasi untuk mendapatkan tubuh yang ideal.


Dena Rachman 

via www.tempo.co
Masih inget gak dengan Renaldy Rachman mantan personel Trio Wek Wek. Berkat perubahannya ini dia kebanjiran tawaran untuk menjadi model dan berlenggak-lenggok diatas cat walk. Tubuhnya yang hampir sempurna layaknya wanita ini memang patut diacungi jempol. Banyak yang tidak tahu bahwa sebelumnya dia adalah seorang pria. 

Desainer cantik ini mengambil S2 jurusan Design, Fashion & Luxury Good di Alma Graduate School, Universitas of Bologna, Italia. Sepulangnya dari Italia Dena sempat menjadi perbincangan besar dikalangan masyarakat. Tapi pemberitaan ini dari waktu ke waktu sirna dnegan sendirinya.


Nong Poy

via www.memobee.com
Pemenang Miss Internasional Queen ini berasal dari Thailand, memang sangat cantik. Postur tubuhnya 171 cm dan berat badan hanya 48 cm memang pantas menyandang gelar ini. Selain itu Poy juga cerdas dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan kepada juri. Yang lebih menghebohkan lagi adalah wajahnya benar-benar asli cantik tanpa operasi.

Dia hanya melakukan operasi pada kelamin dan bagian tubuhnya saja. Pantas ya kecantikannya memiliki aura yang berbeda dari yang lainnya. Wajah imutnya sudah ia dapatkan sejak dia terlahir sebagai pria. 


Piyada Ithavong

via himmag.com
Model cantik ini kelahiran Laos yang menetap di Bangkok, Thailand. Banyak yang menyandingkan Piyada lebih cantik dari Poy. Bagaimanapun juga kecantikan seseorang itu berbeda-beda ya.... kecantikannya ini membuat orang salah sangka bahwa dia benar-benar wanita seutuhnya.


Lee Si Yeon

via www.kdramastars.com
Model asal Korea ini bernama asli Lee De Haak, bahkan menjadi satu-satunya model pakaian dalam transgender pertama di Korea Selatan. Bisa dikatakan tubuhnya memang sangat ramping, putih, dan mulus. Tahukan operasi plastik Korea Selatan memang sangat bagus.


Kayo Sao

via kaorinusantara.web.id
Dikenal sebagai pemain Street Fighter IV yang sangat berbakat ini memang sangat cantik. Dia sering cosplay dan menjadi model. dia membantah telah melakukan operasi plastik di wajahnya. Orang Jepang pria memang terkenal cantik ya... jadi gak heran deh...


Transgender pria yang ganteng...


Lucas Silveira

via bafon.pop.com.br
Orang pertama yang benar-benar terbuka mengenai jati dirinya. Dia adalah seorang penyanyi rock dari band The Kick. Tidak merasa masalah mengemukakan jati dirinya. Lucas piawai memainkan gitar, dan menulis lagu. Bandnya berada di bawah naungan label besar dan ternama. Album solonya pun sudah liris. 

Tak banyak yang tahu bahwa dia adalah wanita, yup... badan yang penuh tato dan style pakaian yang cowok banget. Darah Portugis-Kanada 


Thomas Beatie

via labourtv.blogspot.com
Ayah bertubuh berotot ini tidak masalah jika dia yang mengandung. Pasalnya instrinya juga seorang trangender. Dia bahagia dengan 3 buah hati dan keluarga kecil mereka. Sekilas keluarga ini terlihat seperti keluarga normal lainnya. Di usia 20an Thomas mulai menjalankan terapi hormon laki-laki.


Ian Harvie

via comeoutlaughing.com
Ia adalah seorang stand up comedian yang kiprahnya sudah diakui. Pelawak ini memang selalu tajam dalam menyampaikan jobnya. Statusnya ini tidak menjadi masalah dalam mencri rezeki, bahkan para penonton menikmati gayanya yang seperti itu. ini tandanya masyarakat disana sudah menerima kehadiran mereka yang benar berbeda.

Jadi ngertikan kenapa transgender itu harus kita hargai, dengarkan apa yang mereka katakan. Jadikan kaum ini merasa nyaman bersanding dengan kita. 

Oleh: Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni