Hal-hal Menarik yang wajib Kamu Ketahui Tentang Suriname: Negara Berbahasa Jawa!

Republik Suriname adalah negara terkecil di Amerika Selatan. Negara ini terletak di bagian utara Amerika Selatan dengan perkiraan populasi sebanyak 490.000 orang. Nama negara ini diyakini berasal dari kelompok Taino yang disebut Surinen. Penduduk paling awal Suriname adalah orang Surinen India. Namun, pada abad ke-16 mereka telah tergantikan oleh penduduk Indian di Amerika Selatan. Spanyol menjajah Suriname mulai tahun 1593, tetapi pada tahun 1602 Belanda mulai menjajah tanah ini kemudian diikuti oleh Inggris. Inggris pada tahun 1667 dalam Perjanjian Breda dengan Belanda menukar Suriname dengan New Amsterdam yang sekarang New York. Pada masa kolonisasi, budak Afrika dijadikan tenaga kerja untuk perkebunan kopi dan tebu di wilayah ini. Banyak budak Afrika melarikan diri ke pedalaman, membuat budaya Afrika Barat mempengaruhi budaya sebelumnya di wilayah ini, budaya Afrika Barat tersebut kemudian disebut "Bush Negro" oleh Belanda. Setelah tahun 1870, buruh India Timur diimpor dari British India dan buruh Jawa dari Hindia Belanda.

via en.wikipedia.org
Pada masa itu Suriname dikenal sebagai Guyana Belanda, daerah koloni ini diintegrasikan ke dalam Kerajaan Belanda pada tahun 1948. Dua tahun kemudian Guyana Belanda diberikan hak untuk mengatur pemerintahannya sendiri, kecuali untuk urusan luar negeri dan pertahanan. Setelah kerusuhan yang terjadi karena pengangguran dan inflasi, Belanda akhirnya memberikan kemerdekaan penuh kepada Suriname pada tanggal 25 November 1975. 

Tahun 1980 terdapat sebuah kudeta  oleh kekuasaan militer. Selama lebih dari tahun 1980-an, Suriname berada di bawah kendali represif Letnan Kolonel Desi Bouterse. Belanda menghentikan semua bantuan pada tahun 1982 ketika tentara Suriname menewaskan 15 wartawan, politisi, pengacara, dan serikat. Anggaran pertahanan dan ekonomi meningkat secara signifikan. Sebuah pemberontakan gerilya yang dipimpin oleh Jungle Commando (kelompok gerilya Bush Negro) mengancam akan mengacaukan negara namun, dapat ditekan dengan keras oleh Bouterse. Pemilihan umum yang bebas diselenggarakan pada tanggal 25 Mei 1991, dan mencabut kekuasaan militer pada bidang politik. Pada tahun 1992 sebuah perjanjian damai ditandatangani antara pemerintah dan beberapa kelompok gerilya.

Pada bulan Maret 1997, Presiden mengumumkan kebijakan ekonomi baru, termasuk menghilangkan tarif impor pada kebanyakan barang bahan pokok, ditambah dengan kontrol harga yang ketat. Pada tahun-tahun tersebut, Belanda menyatakan akan menuntut Bouterse untuk perdagangan kokain.

Ketidakpuasan publik atas tingkat inflasi 70% pada saat pemerintahan Presiden Jules Wijdenbosch membuat diadakannya pemilihan umum pada Mei 2000, pemilihan ini setahun lebih cepat dari yang seharusnya. Terbentuk front Baru yaitu front Demokrasi dan front Pembangunan. Koalisi yang dipimpin oleh mantan presiden Ronald Venetiaan, memenangkan pemilihan. Venetiaan terpilih kembali pada Agustus 2005.


Pada bulan Mei 2006, banjir deras menewaskan lebih dari 20.000 tunawisma

via www.worldnomads.com

Pada bulan Juli 2007, pengadilan PBB menyelesaikan perselisihan maritim yang panjang antara Suriname dan Guyana. PBB menggambar ulang perbatasan maritim untuk memberikan kepada kedua negara tersebut akses ke daerah yang berpotensi kaya minyak.


Pengembalian kekuatan Mantan diktator Bouterse 

Koalisi Kombinasi Mega dipimpin oleh mantan diktator Desi Bouterse, memenangkan mayoritas dua pertiga pemilihan parlemen pada Mei 2010. Parlemen terpilih sebagai presiden pada bulan Agustus.

Pada tahun 1998, posisi perdana menteri dihapuskan. Posisi itu digantikan oleh wakil presiden yang mengambil alih Dewan Menteri. Wapres menjadi orang kedua setelah presiden dan terpilih dengan cara yang sama dengan mendapatkan setidaknya dua pertiga suara di Majelis Nasional Suriname, wakil presiden pertama yaitu Henck Arron. Sedangkan sejak 12 Agustus 2010 posiis wakil presiden didududuki oleh Robert Ameerali.


Fakta Tentang Suriname

via www.rnw.nl

Dia tas telah disajikan sedikit banyak mengenai sejarah Suriname. Kemudian, dibawah ini akan disajikan beberapa fakta mengenai negara Suriname:

Negara yang berbatasan dengan Suriname?

Suriname berbatasan dengan Guyana Perancis di sebelah barat, Guyana di sebelah timur, Brazil di sebelah selatan, dan pantai Atlantik di sebelah utara.

Apa ibukota Suriname?

Ibu kota Suriname adalah Paramaribo. Kota ini terletak di tepi Sungai Suriname dan memiliki populasi sekitar 250.000.

Mana yang merupakan kota terbesar di Suriname?

via www.forumbiodiversity.com
Ibu kota Suriname, Paramaribo adalah kota terbesar di Suriname. Pusat bersejarah Paramaribo dianggap sebagai salah satu daerah budaya yang paling menarik di Amerika Selatan. Banyak bangunan dari masa kolonial abad XVII dan XVIII masih dapat dilihat disini. Arsitektur Belanda asli terlihat lebih kuat di gedung-gedung tua di negara ini. Inilah yang menyebabkan daerah tersebut ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Apa mata uang Suriname?

Sejak tahun 2004, dolar Suriname telah menjadi mata uang Suriname, dengan kodenya yaitu SRD. Koin yang tersedia yaitu koin nominal 1, 5, 10, 25, 100, dan 250 sen, sedangkan uang kertas yang tersedia yaitu pada nominal 5, 10, 20, 50 dan 100 dolar.

Apa kelompok etnis utama di Suriname?

via bhetanews.blogspot.com
Kelompok etnis terbesar di Suriname adalah Hindustani, yang merupakan imigran dari India utara yang bermigrasi pada abad ke-19. Jumlah Hindustani sebanyak 37% dari populasi, etnis kedua terbesar di negara ini yaitu masyarakat Creole (31%), kemudian Jawa (15%), Maroon (10%), dan Amerindian (2%).

Apa bahasa resmi Suriname?

Bahasa resmi Suriname adalah Belanda, Suriname merupakan satu-satunya negara di kawasan Amerika yang bahasa resminya berupa bahasa Belanda. Negara ini menjadi anggota asosiasi dari Bahasa Union Belanda pada tahun 2004. Selain bahasa Belanda, negara ini memiliki banyak bahasa daerah, seperti: Bahasa Sranantongo, Hindi, Bhojpuri, Inggris, Sarnami, Jawa, Hakka, Melayu, dll.

Agama apa saja yang terdapat di Suriname?

Negara ini memiliki banyak kelompok agama dan etnis karena pemerintah memberikan kebebasan beragama kepada rakyatnya. 40,7% dari populasi  beragama Kristen, 20% Hindu, 13,5% Muslim, sedangkan 3,3% mengikuti agama pribumi.

Berapa tingkat melek huruf di Suriname?

Menurut statistik yang dikumpulkan oleh UNICEF, angka melek huruf di Suriname diperkirakan sebesar 91%. Universitas utama di negara tersebut adalah Universitas Anton de Kom.

Bagaimana Model pemerintahan Suriname?

Model pemerintahan Suriname adalah demokrasi yang berdasarkan konstitusi 1987. Negara ini memiliki lembaga legislatif yang terdiri dari 51-anggota Majelis Nasional unikameral, yang dipilih oleh warga lima tahun sekali. Negara ini dibagi menjadi 10 distrik administratif dan setiap kabupaten dipimpin oleh Komisaris kabupaten yang ditunjuk oleh presiden.

Siapa Presiden Suriname?

Desi Bouterse adalah presiden Suriname. Dia adalah presiden kesembilan yang terpilih pada 19 Juli 2010. Sedang, Robert Ameerali adalah wakil presidennya.

Bagaimana konsisi perekonomian Suriname?

Industri bauksit mendominasi perekonomian negara ini dengan kontribusinya sebesar 15% pada PDB dan 70% pada pendapatan ekspor. Perkiraan PDB di negara ini yaitu sebesar 4.794.000.000 dolar. Selain bauksit komoditi beras, pisang, dan udang juga merupakan komoditi ekspor utama negara ini. Perekonomian negara sangat tergantung pada perdagangan. Mitra utama perdagangan yaitu dengan Belanda, Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara Karibia.

Apa landmark penting di Suriname?

Landmark utama negara tersebut yaitu :
Jembatan Jules Wijdenbosch, yang dibangun di atas sungai Suriname dan selesai pada tahun 2000. Katedral St Petrus dan Paulus yang berusia 114 tahun, katedral tersebut sebelumnya merupakan bangunan teater yang kemudian diubah menjadi katedral.

Apa olahraga favorit negeri ini?

Sepak bola adalah olahraga utama yang dimainkan di negeri ini. Beberapa pemain Belanda yang terkenal yaitu Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Nigel de Jong berasal dari keturunan Suriname.

Bagaimana keadaan alam di Suriname?

80% daratan Suriname merupakan hutan hujan tropis, hal ini menyebabkan sebagian besar wilayah negara Suriname telah menjadi cagar alam. Beberapa spesies yang bisa dilihat di cagar alam yaitu seperti  monyet Howler, Toucans dan Jaguar.

Bagaimana iklim di Suriname?

Suriname mempunyai iklim tropis dengan angin yang kencang. Suriname adalah negara tropis yang sangat panas dan lembab karena terletak di dekat khatulistiwa.

Apa saja festival perayaan di suriname?

Dengan berbagai budaya di Suriname, festival dan perayaan yang sering dilakukan yaitu New Years Eve, Holi Phagwa, Paskah, Hari Buruh, Hari Kedatangan India, Keti Koti, Hari Kedatangan Jawa, Hari Masyarakat Adat, Hari Kemerdekaan, Natal, Boxing Day , dan banyak lagi.

Berapa banyak wisatawan asing yang mengunjungi Suriname?

Ada lebih dari 200.000 orang yang mengunjungi atau melakukan perjalanan ke Suriname setiap tahunnya.

Apa makanan khas Suriname?

Salah satu makanan yang paling khas di Suriname adalah Pom, yang berasal dari perpaduan budaya Yahudi dan Creole yang telah membentuk negara ini. Makanan ini biasanya dihidangkan pada acara khusus dalam budaya Suriname, serta untuk pesta ulang tahun atau perayaan lainnya. Hidangan ini dibuat berlapis-lapis yaitu lapisan ayam potong dan tanaman Tayer yang mengapit ayam tersebut, dan dilumuri dengan saus yang dibuat dengan tomat, bawang, pala dan minyak sebelum dimasak dalam oven.

-Lebih dari setengah penduduk negara kecil ini tinggal di ibukotanya yaitu Paramaribo yang terletak di tepi Sungai Suriname, atau sekitar sembilan mil dari pantai Karibia.

-Meskipun Suriname telah menjadi bangsa yang merdeka namun, negara ini masih mempertahankan hubungan yang kuat dengan Belanda, bahkan sering pemain sepak bola dari Suriname menjadi pemain nasional Belanda. 

-Suriname adalah negara terkecil di Amerika Selatan, baik dilihat dari segi ukuran geografis maupun penduduknya.

-Ada 2 pegunungan utama di Suriname, yaitu pegunungan Bakhuys dan pegunungan Van Asch Van Wijck Mountains. Dengan puncak tertinggi yaitu puncak gunung Juliana dengan ketinggian 1.286 meter atau 4.219 kaki yang kaya akan flora dan fauna.

via www.britannica.com

Rumor Suriname

Selain fak-fakta diatas terdapat pula rumor yang diyakini benar di Suriname, rumor tersebut yaitu:

1. Suriname dikabarkan menjadi konsumen per kapita paling tinggi pada "konsumsi" kembang api di dunia. Pesta kembang api dimulai beberapa hari sebelum Natal dan terus berlangsung pada malam hari berikutnya sampai akhir bulan pertama tahun baru. Pada malam Tahun Baru toko di pusat kota Paramaribo membuat barisan untuk menyalakan kembang api yang disebut "pagara".

2. Suriname juga dikabarkan memiliki jumlah mobil per kapita terbanyak di seluruh dunia. Rata-rata keluarga berpenghasilan menengah memiliki tiga atau lebih kendaraan (keluarga campuran cenderung tinggal pada satu rumah). Mobil juga sering dibiarkan terbengkalai di tengah-tengah tanaman rambat hutan yang menghambat tumbuhan berkembang, atau di pinggir jalan.

3. Suriname dikabarkan memiliki air minum murni yang paling lezat. Air keran yang bersih diminum oleh sebagian besar wilayah perkotaan.

4. Karena pelestarian hutan hujan tropis di Suriname, bangsa satwa liar berkembang. Namun, tetap saja pada tahun 2001, 10 dari 180 spesies mamalia negara dan 2 spesies burung yang 603 yang terancam punah. Tiga puluh tiga jenis tanaman juga terancam punah. Spesies yang terancam punah di Suriname termasuk elang peregrine tundra, lima spesies penyu (sungai Amerika Selatan, laut hijau, penyu sisik, lekang, dan belimbing), manatee Karibia, dan caiman berkacamata.

5. Orang dewasa di bawah usia 30 tidak bisa menikah di Suriname tanpa izin tertulis dari orang tua mereka.

6. Kamu tidak bisa membeli kondominium unit di sebuah gedung bertingkat tinggi di Suriname. Hanya lahan yang tersedia untuk dibeli. Jika kamu ingin sebuah kondominium, kamu harus membangun gedung bertingkat kamu sendiri atau membeli seluruh properti dari orang lain.

7. Kamu harus pergi ke dokter kamu untuk mendapatkan referensi atau surat izin untuk bertemu dengan dokter spesialis dan menginformasikan perusahaan asuransi kamu untuk membayar kunjungan tersebut. Dokter spesialis yang tersedia di antaranya yaitu: dokter mata, ahli kandungan, ahli onkologi, dan dermatologists. Asuransi gigi merupakan produk sendiri. Oleh karena itu tidak perlu untuk mendapatkan surat referensi untuk pergi ke dokter gigi.

8. Jika kamu menyewa rumah dan membeli asuransi sewa di Suriname, kamu bisa mendapatkan jaminan atas keseluruhan rumah, meskipun itu bukan rumah kamu.

9. Beberapa lampu lalu lintas di persimpangan besar bertenaga surya.

10. Pada tahun 1998, sebagai bukti komitmennya terhadap pengembangan ramah lingkungan, pemerintah menyisihkan 10 persen dari lahannya dan menciptakan Central Suriname Nature Reserve. Dua tahun kemudian, UNESCO menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia. Cadangan alam tersebut dijaga untuk tetap murni karena satu-satunya orang yang tinggal di sana adalah orang-orang yang mengelolanya. Secara total, Suriname memiliki 12 cagar alam, sekitar 14 persen dari luas lahan, dan empat dari Beberapa Daerah di gunakan manajemen untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

11. Rakyat Suriname dianggap sebagai salah satu kelompok keturunan budak yang melarikan diri dengan jumlah terbesar atau paling banyak. Setelah memenangkan kemerdekaan mereka di tahun 1700-an, para budak yang melarikan diri membentuk suku-suku terasing jauh di hutan Suriname. Perbudakan secara resmi dihapuskan pada tahun 1863, namun enam kelompok masih tetap: Djuka, yang Saramka, yang Matawai, yang Aluku, yang Paramaka, dan Kwinti.

12. Paramaribo merupakan kota kayu yang memiliki rumah gereja kayu terbesar di Amerika Selatan. The Saint Peter dan Paul Cathedral, terletak di Gravenstraat, yang merupakan sebuah gereja Katolik Roma berusia lebih dari 175 tahun. Dengan panjang 65,72 meter dan luas 18,72 meter.

13. Pizza Hut Suriname menggabungkan santapan dan makanan cepat saji. Kamu dapat menghirup anggur merah sementara anak-anak kamu bermain penuh sukacita di taman bermain dalam ruangan. Setelah memuaskan selera dengan porsi pizza yang besar, jangan lupa untuk menikmati dessert khusus. Tiramisu dan kue coklat dua dari beberapa hidangan lezat yang ada pada menu makanan penutup.

14. Hampir tidak ada SPBU self-service di Suriname, tidak seperti di negara Amerika lainnya. Bersiaplah untuk mendapatkan "layanan penuh". Kamu hanya perlu memberitahu petugas layanan berapa banyak bensin yang kamu inginkan seperti di Indonesia. 

15. Buku kelas dua disetujui oleh MINOV (Departemen Pendidikan dan Pembangunan Rakyat) mengajarkan mengenai narkoba dan bagaimana caranya agar tidak menjadi pecandu narkoba.

16. Istirahat sekolah umum yaitu selama 3 minggu saat liburan Natal dan 1 bulan (September) selama "vakantie" waktu liburan, tidak ada liburan musim panas, karena Suriname hanya memiliki dua musim yaitu musim kering dan hujan.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni