Inilah Cara Orang Bahagia Mengawali Hari

Menjalani hari dengan penuh kebahagiaan dan suka cita adalah dambaan setiap orang. Tentunya termasuk kamu juga. Banyak orang bilang bahwa kebahagiaan berasal dari pikiran yang jernih dan tentunya postitif. Tetapi mungkin belum banyak diketahui bahwa terkadang kebahagiaan dalam menjalani hari bahkan bisa dimulai sejak kita membuka mata di pagi hari. 

Kamu mungkin sering merasakan bahwa mengawali hari dengan bahagia kadang bisa terasa sangat sukar karena kadang yang terjadi justru sebaliknya. Kamu bangun tidur, membuka mata dan mulai membayangkan serta mengingat-ingat banyak hal yang harus kamu lakukan hari ini. Kamu teringat rutinitasmu, orang-orang yang akan kamu hadapi hari ini, pekerjaan yang menumpuk, jalanan yang terlampau ramai, macet dan menyebalkan atau mungkin hutang-hutangmu yang belum lunas. 

Rasanya tempat tidur dan selimut bagaikan surge sekaligus tempat teraman untuk menjalani hari dan menghindari semuanya. Apakah begitu yang kamu rasakan? Tenang, kita semua pernah mengalaminya, tapi bukan berarti lantas kita harus selalu lari dari masalah. Jika memang satu hari bisa dijalani dengan bahagia, kenapa tidak?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pikiranmu mengatur emosimu, dan kebahagiaan adalah salah satu bentuk emosi. Setiap orang memiliki kendali penuh atas pikirannya masing-masing, meskipun kadang mudah untuk bicara dan sukar untuk dilakukan (karena saya juga merasakannya). 

Daripada memikirkan hal-hal yang membebanimu untuk bangun pagi dan memulai hari, kenapa tidak mulai saja untuk memikirkan bahwa kamu juga punya kekuatan untuk menjalani hari dengan hal-hal yang jauh lebih positif. Ingat semuanya berasal dari pikiran sob!

Jika kamu sadar bahwa kebahagiaan sangat penting dalam hari-harimu, maka berpikirlah layaknya seseorang yang bahagia berpikir dan melakukan apa yang biasa orang bahagia lakukan. Satu hari kadang tidak selalu berjalan mulus namun bukan berarti hal tersebut harus menjadi beban hidupmu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengawali hari dengan penuh kebahagiaan dan sukacita. Awal yang baik akan memberimu energi lebih untuk menjalani dan bahkan menutup hari dengan penuh kebahagiaan pula. 

Mungkin beberapa diantaranya kamu anggap hal remeh dan sering kamu pikirkan, namun apakah kamu pernah melakukannya? Simak bagaimana cara orang bahagia mengawali harinya di bawah ini dan jadilah bahagia sepanjang hari, sepanjang waktu.


Cobalah untuk mengingat-ingat mimpimu semalam

Ingat mimpi semalam via danielsblog.org
Tahukah kamu kalau hal tersebut bisa sangat menyenangkan? Mimpi indah akan membuat bangun pagi mu terasa sangat positif dan menyenangkan tentunya. Tapi bagaimana halnya dengan mimpi buruk? 

Bahkan kamu masih bisa bersyukur bahwa kejadian buruk yang menimpamu hanya ada di dalam mimpi dan merasa lebih tenang saat bangun pagi dengan segelas teh hangat untuk menenangkan pikiranmu.

Dengan mengingat mimpimu semalam kamu bisa sok-sokan berperan layaknya seorang pakar dan menganalisisnya, atau sekedar untuk lucu-lucuan yang bisa menghiburmu sepanjang hari. Sebuah mimpi kadang terlampau aneh dan tidak masuk akal, kamu bisa membaginya bersama teman atau keluargamu lalu tertawa bersama mereka. Mimpi adalah salah satu hal positif untuk memulai pagi.

Pastikan kamu mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas, siapkan sebuah catatan kecil di samping tempat tidur sebagai jurnal mimpimu. Keesokan paginya, saat kamu membuka mata, coba tuliskan mimpi apa yang kamu alami semalam. Seiring berjalannya waktu kamu akan lebih mudah mengingat mimpimu dan malahan bisa mendapat inspirasi dari apa yang kamu alami di dalam mimpimu, cobalah.


Pikirkan hal apa yang bisa membuatmu bahagia

Berpikir pisitif dan bahagia via pixabay.com
Pikiran bisa mengatur bahkan menciptakan emosi. Pikiran yang menyenangkan bisa menghasilkan emosi yang positif dan dalam hal ini kebahagiaan. Memikirkan hal yang bisa membuatmu bahagia hari ini meski kedengarannya sederhana dan remeh namun bisa berakibat besar pada emosimu. 

Yang perlu kamu lakukan cukup dengan membayangkan hal-hal postif yang bisa kamu lakukan di sela rutinitasmu atau sesuatu menyenangkan yang mungkin akan kamu temui sepanjang hari ini. Gunakan pikiran tersebut untuk mulai mengatasi kekhawatiran dan ketakutan tentang betapa membosankannya hari ini.

Sebagai contoh ketika kamu khawatir dengan tugasmu yang menumpuk hari ini, kamu bisa mulai berpikir bahwa saat makan siang nanti kamu akan makan masakan favoritmu di cafĂ© terdekat untuk membayar rasa lelahmu. Atau jika kamu merasa rutinitas di sekolah, kampus atau kantor terlalu membosankan, temukan sisi positifnya. 

Misalnya dengan berangkat sekolah meski membosankan, kamu bisa melihat cewek kece gebetanmu di sekolah, nyapa si dia, ngobrol bareng atau ajak nonton sepulang sekolah. Selain itu kamu juga bisa ketemu teman-teman dekat dan mungkin mulai merencanakan untuk nongkrong bareng sepulang sekolah atau kerja. Pokoknya apapun rencana menyenangkan yang mungkin bisa kamu lakukan hari ini dan jangan biarkan prasangka buruk menguasaimu.


Awali pagi dengan mengucap syukur

Bersyukur via www.yournextworth.com
Sudahilah sedihmu yang tak kunjung sudah dan segera mulailah syukurmu yang pasti indah. Bersyukur adalah praktek yang meski sederhana namun juga penting dan perlu dilakukan. Sangat mudah bagi seseorang untuk terjebak dalam siklus pikiran negatif dan pada akhirnya lupa bahwa sebenarnya banyak sekali hal-hal baik yang sedang kamu nikmati sekarang. Bersyukur berarti mulai mengingat-ingat hal baik yang kamu dapatkan atau sedang nikmati dan berterimakasih atasnya. 

Hal tersebut akan mengalirkan energi positif dalam dirimu untuk mengawali hari.
Saat beranjak dari tempat tidur di pagi hari, mulailah membuat daftar di pikiranmu tentang 5 hal baik yang kamu rasakan hari ini. Misalnya kamu bangun dengan kondisi sehat dan bugar, kelima panca inderamu masih berfungsi dengan baik, matahari bersinar dengan cerah, udara pagi yang terasa sangat  sejuk atau radio sedang memutar music kesukaanmu serta banyak hal lainnya yang bisa kamu syukuri hari ini. 

Lakukan hal tersebut setiap bangun pagi dan itu akan menggeser seluruh pola pikirmu yang negatif dan membuat hari mu jauh lebih terang dan menyenangkan untuk dijalani.


Beri tubuhmu sedikit relaksasi


Lakukan yoga via theblissstudio.com
Relaksasi fisik memberikan ketenangan pada otot-otot, syaraf dan mungkin seluruh organ tubuh kita. Tanpa relaksasi fisik di pagi hari, kamu hanya akan membiarkan seluruh tubuhmu diliputi stres dan kecemasan. Tambahkan perawatan diri dan aktivitas relaksasi dalam rutinitasmu setelah bangun dari tidur. 

Bentuk relaksasi fisik di pagi hari bisa bermacam-macam, kamu bisa pergi keluar menikmati suasana pagi sembari melakukan peregangan kecil dan menghirup udara pagi yang segar. Lakukan yoga dan meditasi singkat atau kamu bisa menyiapkan air hangat untuk berendam dan bersantai. Musik juga bisa membantumu lebih rileks, dengarkan lagu pop melankolis yang santai sambil kamu bisa bersenandung kecil untuk membantu meredakan stress. 


Lakukan latihan pernafasan di pagi hari

Latihan pernapasan di pagi hari breakingmuscle.com
Setiap hari, sepanjang waktu ada saja hal yang bisa membuatmu stres dan meningkatkan kecemasanmu. Kamu terkadang tidak sadar bahwa stres dan rasa cemas membuat pernafasan sesorang menjadi dangkal dan tidak teratur. 

Pernafasan yang buruk akan membuat otak tidak mendapatkan suplai oksigen dengan baik dan yang kamu dapatkan hanyalah rasa pusing dan mudah lelah. 

Nah, yang perlu kamu lakukan adalah latihan pernafasan setiap pagi untuk awal yang lebih baik.

Latihan pernafasan adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Cobalah pergi keluar rumah dan mulailah mengatur nafas. Rasakan setiap tarikan dan hembusan nafas yang kamu lakukan. Konsentrasi untuk nafas lebih dalam dari biasanya dan hembuskan dengan perlahan. 

Dalam hal ini kamu perlu menenangkan pikiranmu sejenak dan membiarkan tubuhmu berelaksasi secara tidak langsung. Karena pikiran yang stres serta penuh kecemasan tidak akan menghasilkan tarikan dan hembusan nafas yang dalam. Lakukan ini selama beberapa menit setiap pagi.


Jangan pikirkan pengalaman yang kamu alami

Atur apa yang dipikirkan via pixabay.com
Para peneliti mengatakan bahwa setiap orang memikirikan sekitar 60.000 hal setiap hari. Wow! Bayangkan betapa melelahkannya hal itu. Setiap hari kita tidak akan lepas dari kisah dan peristiwa yang kita alami atau keadaan di sekitar kita. 

Oleh karena itu, semakin sedikit kamu memikirkan hal-hal yang pernah kamu lalui dan hanya membiarkannya berlalu tanpa terlalu terpengaruh bahwa pengalamanmu tersebut akan menghantuimu sepanjang hari maka akan semakin besar juga kemungkinan kamu akan merasa damai dan santai sepanjang hari.


Jauhkan diri dari media sosial saat bangun tidur

Jauhi ponsel saat bangun via news.health.com
Kalau kamu adalah salah satu dari mereka yang hobi mengecek media sosial, bikin status atau memposting sesuatu di media sosial segera setelah kamu bangun tidur, maka saatnya untuk mulai menghentikan aktivitas tersebut. Pagi hari adalah awal dari semuanya dan kamu tentunya tidak akan membiarkan dirimu dijejali informasi, pikiran atau sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan. 

Pagi yang dihabiskan dengan menjaga jarak dari media sosial adalah pagi yang jauh lebih santai, damai dan menyenangkan. Kamu tidak akan menyadari betapa besar akibat yang dihasilkan dari kebiasaanmu mengecek media sosial saat bangun tidur sampai kamu berhenti melakukannya untuk sementara waktu.


Siapkan sarapan lezat


Siapkan sarapan lezat via sanfordsportsnutrition.blogspot.com
Seperti yang sudah dibilang tadi ketimbang buang-buang waktu dengan ngecek facebook atau mikirin status paling yahut dan berharap dikomen orang banyak kenapa tidak pergi ke dapur saja buat menyiapkan masakan enak dan bergizi buat sarapan? 

Kalau kamu bosan dengan telur dadar dan sereal atau mie instan ternyata tidak cukup sehat untuk pagi hari mu kenapa tidak mulai masak sesuatu yang berbeda seperti pancake, roti bakar atau salad? Uji kemampuan memasakmu dengan mengeksplorasi menu-menu baru untuk sarapan yang lezat dan bergizi.


Melakukan praktek meditasi ringan

Meditasi via www.meditationoasis.com
Praktek meditasi tiap pagi setelah bangun tidur akan membuatmu merasa lebih damai dan ‘terpusat’. Meditsi akan membuatmu merasa lebih selaras dengan tubuh dan lingkungan di sekitarmu. Praktek meditasi ringan bisa dilakukan oleh semua orang, jadi jangan terlalu khawatir meskipun kamu bukan seorang ahli meditasi sekalipun. 

Meditasi adalah kegiatan memusatkan pikiran dan berkonsentrasi untuk mendapatkan kedamaian sejati. Jika kamu ingin praktek meditasi yang lebih dari sekedar duduk bersila dan bersenandung “Ommm” banyak cara meditasi yang bisa kamu lakukan seperti penggunaan medium tarian, teknik “mindfulness”, hypnosis dan banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai tata cara dan praktek meditasi di internet


Jangan memeriksa ponsel selama beberapa saat setelah bangun tidur

Hindari ponsel saat bangun tidur via drjenna.wordpress.com
Hampir sama seperti kamu tidak harus selalu mengecek aktivitas media sosial setelah bangun tidur, cobalah untuk menahan diri tidak mengecek teleponmu sejenak sampai kamu benar-benar perlu untuk menggunakan teleponmu. Kamu akan benar-benar menemukan bahwa betapa teknologi memiliki banyak efek negative pada pikiran dan tingkat energimu. Jangan biarkan dirimu terjebak dalam teknologi terlalu dini di pagi hari. Percayalah orang-orang yang mengirim sms atau chat ke ponselmu bisa menunggu.


Melakukan olahraga pagi

Olahraga pagi via www.stepbystep.com
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, ini adalah ungkapan tepat kenapa olah raga di pagi hari baik untuk jasmani dan rohani. Olahraga menurunkan hormon stres seperti kortisol dan meningkatkan endorfin. 

Endorfin adalah zat kimia alami yang membuat tubuh merasa baik. Ketika endorfin dilepaskan melalui olahraga, suasana hatimu akan didorong untuk mengalami keadaan baik dan nyaman. Selain endorfin olahraga juga melepaskan hormon adrenalin, serotonin, dan dopamin. Bahan kimia ini bekerja sama untuk membuatmu merasa baik.
Lakukan latihan aerobik ringan seperti lari pagi, sit up, push up dan jenis olahraga ringan lainnya. 

Lari pagi bisa jadi pilihan utama karena disamping berolah raga untuk kesehatan, kamu juga bisa sambil menikmati pemandangan pagi serta berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut akan membantumu untuk merasa lebih bahagia di pagi hari.


Bermain dengan hewan peliharaan

Bermain dengan peliharaan via www.stepbystep.com
Beberapa orang suka bermain dengan hewan peliharaannya seperti anjing atau kucing di pagi hari. Mereka bangun tidur, sarapan dan menyempatkan sejenak untuk bermain dengan hewan peliharaannya memberi elusan atau menyiapkan makanan untuk mereka sebelum berangkat menghadapi rutinitas. 

Hal tersebut akan membuatmu terhubung dengan makhluk hidup lain dan mendapat energi positif dari mereka. Kamu akan merasa bahagia dan memulai hari dengan perasaan riang. Tentunya hampir tidak mungkin kamu marah atau jengkel setelah bermain dengan hewan peliharaan dan mengamati tingkah lucu mereka bukan?


Membaca buku, koran atau majalah

Luangkan membaca buku via jogjareview.net
Salah satu hal terbaik memulai hari dengan kebahagiaan adalah dengan mendapatkan inspirasi dan motivasi. Kedua hal tersebut bisa diperoleh dengan aktivitas membaca di pagi hari. Kamu bisa mulai membaca buku yang inspiratif, Koran atau majalah langgnanmu. Penuhi dirimu dengan pengetahuan terbaru serta inspirasi maka dijamin kamu akan merasa lebih bahagia dan ‘enteng’ ketika mulai menjalankan rutinitasmu.


Mendengarkan ceramah agama atau rekaman motivator yang inspiratif

Mendengar ceramah via badarsdar.wordpress.com
Selain buku, inspirasi dan motivasi juga bisa diperoleh dengan mendengarkan petuah bijak dari orang lain. Nyalakan tv mu atau putar video ceramah keagamaan untuk mendapat pencerahan rohani agar hari-harimu senantiasa berjalan dengan hakekat agama yang kamu anut. Kamu juga bisa mendengarkan ceramah motivasi agar dirimu dipenuhi pikiran positif tentang hidup dan mungkin mendapat beberapa pencerahan guna mencari solusi tentang masalah yang sedang kamu hadapi.


Pasang lagu/irama yang menyenangkan sebagai alarm

Pasang irama yang bagus via simomot.com
Jika nada alarm yang berdengung, bising atau terlalu ribut malah membuatmu makin stres saat bangun pagi maka kamu bisa coba untuk memasang lagu kesukaanmu atau jenis irama yang lembut sebagai nada alarm mu. Hal tersebut tidak akan membuatmu terbangun secara menjengkelkan seperti ketika kamu dikejutkan oleh suara “teet teet teeet” atau bunyi “kriiiiing”. Bangun pagi mu kan lebih indah ketika kamu dibangunkan oleh sesuatu yang kamu sukai.


Melihat sesuatu yang indah

Lihat yang menyenangkan via simomot.com
Sebuah cara yang bagus untuk menggeser suasana hatimu agar menjadi lebih damai dan tercerahkan secara otomatis adalah dengan melihat sesuatu yang indah. Mungkin sesuatu itu bisa berupa bunga-bunga yang bermekaran di halaman, mungkin itu suami atau istrimu. Atau bisa juga berupa pemandangan indah di luar jendela kamarmu. 

Cobalah menyempatkan diri mengambil satu atau dua menit hanya untuk menghargai keindahan apapun yang kamu nikmati. Kamu akan merasa kagum betapa cepatnya taktik ini bekerja untuk membawa suasana hatimu ke arah yang lebih tepat dalam memulai hari.


Bersihkan kamar sehabis bangun tidur

Merapikan tempat tidur offthemerry-go-round.com
Percaya atau tidak apa yang pertama kali kamu lihat bisa jadi berpengaruh terhadap apa yang kamu pikirkan. Saat bangun tidur apa yang pertama kamu lihat? Tentunya kamarmu bukan. Hal ini bisa diartikan bahwa semakin berantakan kamarmu maka itu bisa mempengaruhi pikiranmu menjadi berantakan pula. 

Untuk mendapatkan pikiran yang lebih jernih dan terorganisir, pertama kali kamu harus mulai menata kondisi sekitarmu agar lebih rapi dan terorganisir. Bersihkan kamarmu dan mulai mengatur hal-hal di dalamnya sedemikian rupa agar nampak lebih tertata. Kamu akan mendapatkan energi baru dengan suasana yang lebih bersih dan indah. Meskipun ada beberapa orang yang mengaku lebih nyaman ketika kondisi kamarnya berantakan, percayalah mungkin mereka tidak sungguh-sungguh menikmatinya. Maksudku, apa ada orang yang tidak suka dengan keindahan?


Tanyakan pada diri sendiri "Bagaimana aku bisa membuat hari ini terasa luar biasa?"

Bertanya pada diri via www.priotime.com
Ini adalah pertanyaan sederhana namun bisa begitu kuat. Dengan hanya bertanya pada diri sendiri "Bagaimana aku bisa membuat hari ini terasa luar biasa?" artinya kamu sedang membuat dirimu menyadari bahwa kamu sedang mengendalikan bagaimana harimu akan berjalan untuk kemudian mulai melakukan hal-hal yang bisa membuatnya menakjubkan! Kamu memiliki kontrol penuh atas apa yang bisa membuatmu berbahagia sepanjang hari.


Tetaplah tersenyum terlepas dari apa yang sedang kamu rasakan

Selalu tersenyum via pixabay.com
Tersenyum bukan hanya menjadi bukti bahwa kamu sedang mendapatkan kebahagiaan, ia juga bisa berfungsi sebagai sugesti untuk mengundang kebahagiaan. Tidak ada hal buruk dari tersenyum. Ketika kamu merasa pikiran buruk menghantui dan terbersit bahwa lebih baik tetap berada di tempat tidur sepanjang hari dibalik kehangatan selimut ketimbang mulai menjalani hari beserta rutinitasnya, sebuah senyuman akan membantumu merasa optimis.

Lebih baik lagi jika kamu segera beranjak dari tempat tidur untuk menatap dirimu sendiri di dalam cermin dan tersenyum pada dirimu sendiri. 

Mulailah bersyukur dan puji dirimu sendiri tentang betapa istimewanya dirimu, lalu tersenyumlah untuk mendapatkan sugesti positif dalam menjalani aktivitas hari ini. Lakukan satu atau dua menit sebelum melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Jangan lupa untuk selalu membagi senyuman pada orang lain yang kamu temui. 

Alam semesta menerapkan hokum persamaan, artinya bahwa kamu selalu mendapatkan apa yang kamu beri. Memberikan senyuman berarti memberi hal yang positif, maka bersiaplah untuk menerima hal positif juga.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai hari yang lebih bahagia. Kamu sudah menemukan rahasia bahkan kebahagiaan bisa dimulai sejak kita bangun dari tidur di pagi hari. Semoga tips di atas bermanfaat buatmu. Mengutip kalimat dari film “Into The Wild” bahwa “Kebahagiaan akan terasa nyata jika dibagi” maka bukan kebahagiaan sejati jika kamu hanya menikmatinya sendirian. 

Ketika kamu mulai merasa bahagia sepanjang hari, maka saatnya kamu menebar kebahagiaan untuk orang-orang di sekitarmu. 

Sampai jumpa di tips berikutnya dan selamat berbahagia!

Oleh: Satrio Rizki

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni