Serba-Serbi dan Fakta Tentang 'Movember'

Happy Movember in November!
Ada yang masih gak tahu niih tentang Movember? Apa hubungannya Movember dengan November? Yuk bahas tentang perayaan yang satu ini. Ini gak cuma sekedar perayaan biasa loh. Ada kegiatan amal dan tujuan yang baik dibaliknya.


via www.liverpoolecho.co.uk

Bintang pro Joe Jonas juga ikutan challenge ini loh.... Cowok berkumis memang beda ya dimata wanita. Dia menuliskan diakun Twitternya “Melakukan tugasku untuk menggalang dana dan menyadarkan bahaya tentang kanker prostat. Bantu aku dan kumisku dengan menyumbang! Terimakasih”.

Movember, charity di Australia pada 2004 berhasil menggalang dana 

Movember berasal dari kata “Moustaches” yang artinya kumis dan “November”, keduanya digambung menjadi Movember. Nama partisipan disebut Mo Bro, yup challenge ini memang ditujukan pada kaum pria. 

Tugas Mo Bro adalah mencukur habis bulu pada wajahnya pada tanggal 1 November, kemudian tantangan Mo Bro tidak boleh mencukur sedikit pun hingga akhir November. Tugasnya tak hanya sampai disitu saja, mereka juga harus mengajak orang lain untuk mengikuti challenge ini sambil menjelakan akan tujuan Movember

Movember bertujuan untuk menyadarkan para kaum pria akan bahayanya kanker prostat, testis dan kesehatan mental. Di mana penyakit ini rentan mengidap kaum pria. So, gak salah kok bila kamu melakukan tes kesehatan sejak dini. 

Pada tahun ini ada 30 peserta dari Melborne, Victoria yang menumbuhkan kumisnya selama 30 hari. Berkat kelompok inilah tercipta Movember Foundation charity. Hingga sekarang dana yang terkumpul sudah banyak loh, sekitar US $ 95 juta dengan 1,1 juta peserta.


Acara ini sudah ada sejak 1999

Tahun 1999, peserta awal 80 remaja dari Adelaide, Australia Selatan dengan bahagia menjadi Mo Bro. Mereka mencari dana dengan menjual T-shirt yang bertuliskan “Growing whiskers for whiskers” untuk disumbangkan kepada RSPCA.


Travis Garone dan Luke Slattery pencetus Movember
Ide ini berawal dari 2 orag pria ini, tentunya mereka orang Australia. Ide yang benar-benar gila....


Lomba video The Moschars 2010

Seorang peserta mengajukan lomba untuk diadakan video Movember. Yup ide yang cermerlang ini segera meluncur secara global. Aturannya peserta mengirimkan videonya dengan durasi maksimal 4 menit. Hadiah yang diberikan berdasarkan kategori yang telah ditentukan. 
Pemenang kontes ini adalah Derick Watts dan The Sunday Blues dengan video parody dari Carly Rae Jepsen “Call Me Maybe”. Namun ada juga penghargaan untuk hakim Stan Lee berlibur ke Afrika Selatan.


Kontroversi Movember di Universitas Skotlandia di Wellington

Tahun 2007 para mahasiswa yang sudah lulus dilarang untuk mengikuti challenge ini. Karena ini berkenaan dengan ujian NCEA yang menjadi alasannya. Kalau mau ujian pastinya harus rapi ya...


Pria Indonesia masih awam mengenai penyakit ini

Fakta loh hanya 20% pria Indonesia yang peduli mengenai bahaya penyakit ini. Banyak lembaga yang gencar melakukan peringatan demi membangun Indonesia yang sehat. Bagi kamu kaum pria mulailah menyadarinya. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya!


Google Crome ikut kecanduan challenge ini dengan menjadi mitra Movember Foundation charity

Tahun 2011 Google Crome bermitra untuk membuat video. Kalian boleh memanfaatkan web dan Movember.com sepuasnya untuk menyebar luaskan akan pentingnya bahaya kanker pada kaum pria, serta mengumpulkan dana.

Tak hanya Google Crome yang bermitra, beberapa perusahaan juga ikut dalam ajang ini. Seperti TOMS perusahaan sepatu membuat desain sepatu limited edition dalam merayakan Movember. Perusahaan pesawat terbang Qantas yang mempersilahkan salah satu pesawatnya untuk ditulis Movember.com. Tak hanya itu Royal Mail mencintakan stempel bergambar kumis.


Kalangan selebriti dan atlet digalang untuk menjadi duta Movember
Salah satu cara Movember.com untuk menyebar luaskan acara ini adalah dengan menggunkan pablic figur dan atlet sebagai duta. Sebut saja dari kalangan selebriti dunia ada presenter Cameron Williams, Foster The People, Morgan Spurlock, George Parros dari Ducks Anaheim, Snoop Dog, Kevin Connolly, Brody Jenner, Matt Leinart, Mr.Clean, Philip Bloom dan lainnya. kalau disebutin semua bisa menuh-menuhin.

Dari para atlet ada Andewy Symonds, Ravindra Jadeja, Shikhar Dhawan, Richie McCawJenson Button dan masih banyak lagi. Nyatanya cara ini ampuh untuk masyarakat umum untuk ikut bergabung. Namanya juga public figur ya... pasti banyak sorotan mata yang melihatnya.


Negara yang sudah terdaftar dalam Movember.com 
   
Ini dia beberapa negara yang secara resmi sudah tergabung dalam Movember.com. sayangnya Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak belum terdaftar secara resmi ya...

Ada Australia, Canada, Ireland, New Zealand, Afrika Selatan, Inggris, Amerika Serikat, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, HonG Kong, Belanda, Norwegia, Singapore, Spanyol, Swedia, Switzerland, dan lainnya.


Walaupun belum sempat jadi peserta resmi tetapi Indonesia tetap aktif dalam Jakarta Movember 

via www.stasiareport.com
Gerakan ini diinisiasi oleh Scott Hanna, acara di Jakarta ini berbeda dengan Movember Globar karena dan ayang diperoleh disumbangkan kepada yayasan yang berada di Indonesia seperti Yayasan Kanker Indonesia. Tahun 2014 kali ini Jakarta Movember akan menyumbangkan dana kepada yayasan Taufan.  

Desember awal acara ini akan ditutup dengan mengadakan lelang kumis. Hayoo siapa yang tertarik untuk melelang.

Meski petinggi negara banyak yang korupsi tapi beberapa hati orang Indonesia masih mulia dengan peduli terhadap sesama. Lagi pula kebagiaan ini lebih nikmat dari korupsi.


Deman selfie dengan atribut kumis

Untuk kalian para wanita bisa juga kok ikut merayakan, bisa dengan menyumbangkan dana atau ikutan selfie atribut kumis. Peserta cewek disebut dengan Mo Sista, peraturannya tetap sama mangajak orang lain untuk menyumbang dan menyadari bahaya penyakit kanker. 
Banyak juga loh kaum pria yang berselfi dengan kumis mereka. Sah-sah saja mereka berselfi tapi tetap inget ya apa tujuan utama Movember. 


Udah tahu belum apa itu penyakit kanker prostat?

Kanker prostat adalah suatu penyakit yang melanda kaum pria, di mana penyakit ini menyerang kelenjar prostat. Prostat sendiri menghasilkan cairan mani yang bertuga mememilihara dan menghantarkan sperma. Duh... kalau pria terkena penyakit ini bagaimana dengan masa depannya...

Bagi kaum pria hati-hati bila merasakan gejala ini, yaitu nyeri tulang, merasa tidak nyaman dengan area pinggul, bermasalah dengan buang air kecil, pembengkakan pada kaki, urin atau mani yang mengandung darah, skala buang air kecil yang berkurang.

Lebih baik mencegah dari mengobati. Mumpung masih sehat yuk jaga kesehatan sebelum menyesal.

Kesehatan itu sangat terpengaruh terhadap pola makan kita, bagi kalian kaum pria pola makan yang sehat adalah salah satu caranya. Makanan yang mengandung zat Lycopene adalah salah zat yang menjegah penyakiit ini. Lycopene banyak terdapat dalam buah dan sayuran yang berwarna merah seperti tomat, apel merah, buah naga merah dan lainnya.


Kalau kanker penis tahu gak apa bahayanya?

Para pria yang belum disunat dan pernah memiliki penyakit herpes generalis memiliki resiko lebih besar terkena kanker penis. Belum ada penyebab pasti mengenai penyakit ini. Yang pasti pria harus menjaga kebersihannya demi kesehatannya jugakan. Untuk berjaga-jaga kamu bisa melakukan tes MRI dan USG untuk mendeteksi dini, selain itu tes ini juga berfungsi mengetahui letak tumor. 

Pengobatan yang dilakukahan dengan jalan operasi pengangkatan tumor dalam kulit kurang lebih 2 cm. Namun jika kepala penis sudah parah, keseluruhan organ bisa diangkat. Kok serem sekali ya.... Kalau sudah seperti ini bagaimana nasibnya selanjutnya. Lindungi aset kalian sekarang juga....

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan selain pembedahan adalah kemoterapi dnegan menggunakan obat-obatan yang dapat membunuh sel kanker dan mengunkan terapi penyinaran. 

Tips untuk mencegahnya yaitu menjaga kebersihan intim organ, sunat atau khitanan, hindari rokok ya... tapi bagi yang tidak merokok selamat deh setidaknya hati kalian sudah tenang. Dan satu lagi tidak boleh berhubungan sek dengan berganti-ganti pasangan. Wah kalau yang ini jangankan kanker penis yang dideterita, bisa-bisa HIV/AIDS juga menjangkit tubuhnya.


Ketahui juga gejalanya kanker penis:

- Adanya bisul
- Pada kulup dan phimosis tidak dapat bergerak, saat kulup dipegang terasa ada benjolan, nodul dan nyeri. Terkadang kulup juga akan mengeluarkan nanah atau sekeresi yang bau.
- Saat mengeluarkan urine akan terasa nyeri, bahkan buang air kecil pun tidak bisa ditahan. 
- Mengalami kejala anemia, kehilangan nafsu makan yang berimbas pada penurunan berat badan.
- Pada inguinalis tepatnya terdapar di pangkal paha terdapat benjolan kelenjar getah bening.
- Penebalan kulit penis. 


Kesehatan mental

via www.yourmindyourbody.org
Kesehatan mental adalah dimana seseorang merasa sangat sejahtera dan benar-benar menikmati kehidupannya. Tidak selamanya kesehatan mental kita terjaga, namanya juga hidup pasti ada lika-liku perjalanan yang harus dilewati. Sama halnya dengan mengatasi masalah, setiap individu memiliki cara yang berbeda untuk menyelesaikannya.

Dengan adanya perubahan kesehatan mental yang selalu berubah ada baiknya kita dapat mengatasinya sehingga tidak membahayakan diri sendiri.

Memang sih wanita lebih rentan terkena depresi karena memang tercinta sebagai makhluk yang lemah lembut. Tapi tahu gak kamu kenapa angka kematian pria lebih rendah daripada wanita? Yup ,jawabannya adalah pria sulit untuk mengekspresikan diri secara spontan sedangkan wanita dia lebih ekspresif. Saat wanita marah pasti dia akan marah, saat menangis pasti akan mengeluarkan mata tanpa peduli pada sekitarnya. 

Pria itu lebih menahan marah maupun jika ingin menangis, mungkin gengsi karena tercipta sebagai manusia yang kuat harus mengeluarkan air mata. Jadi bagi kamu pria yang ingin harapan hidupnya pajang, jangan lupa untuk berekspresi. 

Jika kesehatan mental sudah terganggu pastinya juga akan berdampak pada tubuh dan bisa mengundang berbagai penyakit.

Cara menjaga kesehatan mental

Bersosialisasi, jangan jadi orang yang anti sosial ya.... 
Peliharalah tali silahturahmimu dengan orang lain. saat ada masalah kamu bisa datang untuk bercerita dan mencari solusi bersama. semakin banyak relasi yang dimiliki maka hidupmu akan semakin sejahtera. Dengan membangun terus tali silahturahmi dapat membawa manfaat yang besar dalam hidupmu.


Me time!
Penting loh menyempatkan waktu untuk diri sendiri, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu dengan hobi yang disukai. Jika ingin pergi memancing maka pergilah, biarkan dirimu bahagia sebebas-bebasnya. Hilangkan stress yang ada dalam otakmu.


Berguna bagi sesama dapat memberi perasaan senang yang berbeda

Gak ada salahnya kita menolong sesama yang membutuhkan. Menolong tak harus berupa uang ya.... kerja bakti dengan masyarakat juga bisa kok. Menjaga tetangga sebelah saat kesulitan juga penting loh, karena saat sesuatu hal yang tidak terduga di rumah, orang pertama yang mengetahui keadaanmu adalah tetanggamu.


Tangan takut untuk menantang dirimu

Tantang diri sendiri untuk dapat melakukan sesuatu, banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan. Terutama pembangunan mental yang kuat, peningkatan kepercayaan diri dan ketrampilan baru. Hayo berani gak menantang diri sendiri? Jangan bilang gak berani...


Stess itu dihadapi bukan hindari atau malah lari

via www.theguardian.com

Hal pertama melawan stress adalah menerima kenyataan bahwa faktanya memang seperti itu. hanya kamu yang mengerti dirimu sendiri, seseorang dalam mengatasi masalah memiliki cara yang berbeda.

Yoga, meditasi, pernapasan relaksasi dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta dapat membantumu meringankan stress. 


Hanya kamu yang bisa menjaga dirimu dengan baik 

Menjaga diri sendiri itu bisa dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur. Kesehatan fisik dan mental adalah kesatuan yang sangat erat. Jika salah satunya mengalami gangguan maka semuanya juga akan menerima dampak buruknya. 

Tanda kamu sudah menjaga dirimu dengan baik yaitu pikiran dan tubuhmu merasa baik di manapun kamu berada.


Tidur yang berkualitas

via www.stylelist.com
Tidur yang berkualitas itu kamu tidur dalam jumlah waktu 8 jam, nyenyak, ketika bangun tubuh merasa segar kembali dan beban kelelahan berkurang. Manfaatnya kamu memperoleh pikiran yang segar, tenang dalam mengadapi masalah dan menghindari adanya gangguang syaraf pada tubuh.

Yang sering begadang pertimbangkan hal yang satu ini.


Indonesia juga punya komunitas Movember, kamu bisa cek akun Facebook Jakarta Movember    

Di akun semua kegiatan berupa kegiatan amal juga diposting. Akun ini aktif sejak 1 November 2012, lumayan sudah berjalan 2 tahun. Kamu bisa melihat video lucu yang diposting, siap-siap ketawa deh. Kalau gak percaya sendiri deh , jangan lupa likenya di Jakarta Movember.


Yuk lihat foto-foto beberapa selebritis Hollywood yang ikut Movember 


Justin Bieber

via http://list25.com

Leonardo DiCaprio

via http://list25.com

Kellan Lutz

via http://list25.com

Damian Lewis

via http://list25.com

Kate Upon

via http://list25.com

David Beckham 



Laura Whitmore

via http://list25.com

Lady Gaga

via http://list25.com

Gimana nih kaum pria untuk menjaga kesehatan masing-masing. Bersukurlah karena ada orang yang ingin memperingantkan tetang bahaya kanker prostat, kanker penis dan kesehatan mental. Yuk sebarkan tentang bahaya penyakit ini. Inget loh para pria Indonesia masih sangat kurang peduli terhadap penyakit ini. 

Happy Movember

Oleh: Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni