[NOSTALGIA] 15 Tipe Guru yang Pasti Kamu Jumpai di Masa Sekolah

Satu hal yang pasti sangat dekat dengan anak sekolah tentunya adalah guru. Memang benar bahwa guru merupakan orang tua kedua dari anak – anak sekolah. Dengan para guru itu pula anak – anak usia sekolah banyak menghabiskan waktu mereka sehari hari.

Tentunya dengan berbagai macam latar belakang dari para guru tersebut maka muncul pula berbagai tipe atau karakter dari guru – guru tersebut ketika mengajar atau menghadapi anak – anak sekolah itu sendiri. Masing – masing karakter dari guru – guru ini juga tentunya member dampak pada murid – murid mereka. Ada yg menyukai guru tipe tertentu dan ada pula yang membenci.

Nah berikut ini adalah daftar tipe – tipe guru yang tentunya bervariasi dan selalu dijumpai di berbagai sekolah mulai dari SD, SMP, maupun SMA.


Guru Killer


Untuk tipe guru satu ini, tentunya dimanapun ada. Hampir semua siswa entah itu SD, SMP, atau SMA pasti punya satu nama atau mungkin lebih dari guru mereka yg masuk kategori ini. Tidak bisa dipungkiri kategori ini memang sangat popular untuk cenderung dibenci anak sekolah. Intinya guru seperti ini mampu membuat para siswanya merasa sangat tidak nyaman dengan cara masing – masing. Kalian pasti sudah pernah menemui guru semacam ini yg biasanya justru meninggalkan keasn mendalam. Satu hal yang pasti adalah guru seperti ini justru yang sangat mampu membuat siswa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.


Guru Bersahabat



Nah untuk tipe guru seperti ini pantas rasanya untuk disebut sebagai penyeimbang dari guru killer. Tipe ini merupakan guru yang sangat baik kepada para siswanya dan bahkan bisa disebut sebagai sahabat oleh para siswanya sendiri. Terkadanag guru tipe ini juga menjadi tempat curhat bagi para siswanya yg mempunyai masalah diluar sekolah. Kenyamanan adalah hal yang mampu diberikan oleh tipe guru seperti ini.


Guru Pembenci



Meskipun seorang guru biasanya sudah berumur tetapi ada juga yang masih bersikap seperti orang yang bukan seusianya. Karakter guru pembenci mirip dengan remaja yang dapat dengan mudah membenci temannya sendiri tanpa alas an yang jelas atau kuat. Guru seperti ini sering merepotkan siswanya sampai. Bahkan siswa yang teramat pandai atau rajin bisa saja mendapat nilai jelek dari guru tipe ini hanya karena siswa tersebut dibenci oleh guru ini.


Guru Humoris




Satu tipe ini juga merupakan favorit dar banyak anak sekolah pastinya. Di setiap sekolah tentunya ada tipe guru seperti ini meskipun hanya satu orang. Guru tipe ini selalu menghadirkan gurauan – gurauan yg menraik ketika mengajar. Hal ini tentunya menghindarkan siswa dari rasa kantuk yang memang sangat mudah menjangkit anak sekolah di kelas. Tentunya disamping gurauan – gurauan yang terlontar, keseriusan dalam mengajarkan materi pelajaran tidaklah terlupakan oleh guru tipe ini.


Guru Comel



Tipe satu ini sebenarnya agak mirip dengan guru killer. Intinya memang sama – sama terasa menyebalkan dimata siswa. Guru tipe ini biasanya sudah bisa dibilang senior baik dalah hal usia maupun dalam hal menjabat sebagai seorang guru. Biasanya juga guru tipe ini sudah lama bekerja di satu sekolah sehingga paham betul segala hal ini dan itu dari sekolah tersebut. Bahkan giru tipe ini sudah sangat paham dengan perilaku siswa. Ketika ada siswa yang melanggar peraturan atau tidak mematuhi beliau, biasanya omelan panjang dan berjam – jam akan menjadi akhirnya.


Guru Amnesia

Ini merupakan satu tipe guru yang cukup langka dan unik. Beberapa guru bertipe ini biasanya sudah berumur tetapi ada juga yang masih relative muda. Intinya adalah guru seperti ini sering lupa akan hal – hal yang sudah disampaikan ke siswanya. Satu kesempatan guru ini mengatakan akan menerangkan satu materi di pertemuan selanjutnya tetapi ketika tiba waktunya malah menjelaskan materi lain lagi.



Guru Motivator


Tipe guru seperti ini cenderung seorang guru yang sudah tua dan memang berpengalaman baik dalam mengajar dan juga dalam kehidupan. Biasanya juga guru tipe ini merupakan seorang guru BP/BK yang memang tugasnya membimbing dan memotivasi siswa untuk tetap giat belajar. Biasanya guru tipe ini akan menceritakan berbagai pengalaman yg beliau alami sendiri yang memang bias meningkatkan optimism orang yang mendengarkan. Guru tipe ini sangat dibutuhkan oleh semua siswa agar mereka tidak patah semangat.


Guru Formalis



Tipe guru satu ini sangatlah tergantung pada adanya buku pelajaran atau buku referensi. Ketika suatu waktu ternyata buku yg dipakai tertinggal maka bisa jadi guru seperti ini akan kelabakan dalam mengajar siswanya. Buku memang penting dalam mendasari guru mengajar teteapi alangkah baiknya jika tanpa buku pun guru mampu mengajar. Guru tipe ini biasanya guru yang masih relative baru dan belum terbisaa mengajar secara lepas.


Guru Peneliti


Guru tipe ini dapat meyakinkan sisanya akan berbagai hal karena disertai dengan bukti nyata yang bahkan beberapa dari bukti tersebut diperoleh sendiri oleh guru tipe ini. Normalnya guru seperti ini akan ada di bidang ilmu pasti tetapi sangat mungkin juga ada di ilmi sosial. Guru tipe ini akan sangat paham ketika tugas dari siswanya asli atau hanya meniru tugas lain. Aktifitas belajar mengajar tidak hanya dikelas tapi akan sering berada di laboratorium atau bahkan observasi langsung di lapangan.


Guru Invisible


Nah loh, tipe guru ini bukan tipe guru yang bisa menghilang, melainkan guru yang sangat jarang muncul di kelas. Biasanya yang dating ke kelas hanya berupa tugas – tugas atau hal – hal yang harus dilakukan oleh siswanya ketika jam pelajaran. Hal yang kurang baik adalah dalam segi nilai biasanya guru seperti ini hanya akan memberikan nilai sama rata karena memang pada dasarnya guru ini tidak paham betul tentang siswa – siswanya.


Guru Jaim


Tipe guru seperti ini biasanya gurun yang mementingkan penampilan atau image didepan para siswanya. Sebisa mungkin guru ini akan menghindari atau menutupi kesalahan – kesalahan yang entah sengaja atau tidak sengaja dilakukan ketika didepan muridnya. Dari segi pakaian biasanya guru ini akan terlihat paling wah disbanding guru yang lain. Buat sebagian murin mungkin guru tipe ini cukup menyejukan pandangan.


Guru Penulis


Tipe guru satu ini hobinya adalah menuliskan semua materi pelajaran di papan tulis dari buku yang dia punya. Biasanya materi yang dituliskan sudah merupakan kumpuilan atau rangkuman dari berbagai buku sehingga mau tidak mau para siswa harus mencatat. Sayangnya metode seperti ini sudah terkesan kuno sehingga terasa tidak menyenangkan bagi sebagian besar siswa. Lagipula hanya dengan membaca catatan tidak menjamin siswa akan paham dengan materi yg diberikan.


Guru Genit



Nah tipe guru satu ini bikin siswa khususnya perempual nggak nyaman. Tipe guru ini biasanya guru laki – laki yang senang berada dekat dengan murid perempuan. Biasanya juga guru ini akan lebih memperhatikan murid perempuan disbanding laki – laki. Di tingkatan yang lebih ekstrim, guru tipe ini bisa memberikan perbedaan nilai yang diskriminatif antara laki – laki dan perempuan.


Guru Hot



Guru tipe ini merupakan primadona sekolah dan biasanya menjadi favorit para siswa. Baik laki – laki maupun perempuan, guru tipe ini biasanya berpenampilan sangat menarik sehingga siswa akan sangat senang untuk melihat dan memandangi giri ini selama mengajar.


Guru Malas



Satu tipe ini merupakan guru yang akan sangat tidak membantu siswanya. Biasanya guru seperti ini tidak akan berlama lama berbicara. Duduk di kursi setelah memberikan perintah kepada siswanya merupakan kebiasaan guru tipe ini. Bahkan ketika siswa mendapati masalah dalam pelajaran, guru tipe ini tidak akan bergegas mencoba membantu siswanya tersebut.


Nah itu tadi merupakan beberapa tipe guru yang sangat mungkin ditemui oleh anak sekolah baik usia SD, SMP, maupun SMA.

Disamping tipe – tipe tersebut yang bahkan beberapa terasa tidak mengenakkan dan terkesan menganggu, satu hal yang pasti adalah bahwa mereka tetaplah sosok pahlawan tanpa tanda jasa. 

Mereka yang beresedia meluangkan waktu meski hanya sedikit untuk mengajarkan berbagai hal yang tentunya sebagian akan berguna dalam kehidupan nantinya. Jadi, selalu hargai dan hormati guru kalian meski entah seperti apa tipe dari guru tersebut. Juga jangan lupa untuk selalu berterima kasih kepada mereka.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni