Tips Mengatasi Kecanduan Rokok dengan Cepat

Dilarang merokok! Area bebas kok! Sudah banyak aturan seperti itu di tempat umum, walau sudah banyak aturan yang membatasi tempat umum untuk para perokok namun berdasarkan data statis setiap tahun jumlah perokok semakin banyak. Lebih lagi para perokok sudah mulai merokok sejak mereka masih usia pelajar. 

Rokok via www.cityam.com
Waktu belajar pun banyak yang merokok di pojok sekolah, atau setelah pulang sekolah pun banyak yang tidak langsung pulang melainkan nongkrong dulu di suatu tempat dan hampir pasti mereka merokok. Meskipun yang lebih dominan adalah laki-laki.

Sebenarnya ada apa sih dengan rokok? Kenapa banyak orang yang sekali merokok tidak dapat berhenti. Meskipun rasanya tidak enak tetapi rokok memberikan efek candu bahkan untuk orang yang baru pertama kali merokok. Maka dari itu agar tidak kecanduan rokok jangan sekali untuk coba-coba. Hidup akan lebih nikat dan sehat jika tanpa rokok.

Tidak hanya pelajar, rokok seakan sudah menjadi budaya yang susah lekat dengan masyarakat sejak zaman dahulu kala. Dan sekarang rokok sudah dikemas lebih lebih menarik dan praktis daripada zaman dahulu yang harus membuat rokok sendiri. 

Sekarang rokok sudah dikemas menjadi lebih praktis meskipun sudah banyak warning dan gambar yang menyeramkan tetapi seolah itu tidak berpengaruh banyak terhadap jumlah perokok.

Rokok memang tak bisa dihilangkan begitu saja, misalkan jika pabrik rokok ditutup maka akan bannyak orang yang kehilangan pekerjaan. Namun meskipun begitu kita harus menggerakkan orang sadar kok. Merokok tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang yang berada di dekatnya. 

Untuk saya sendiri saya juga sangat benci dengan orang yang nerokok sembarangan, karena ketika saya menghirup asap rokok atau polusi maka dada saya akan sangat sesak dan tidak henti-hentinya batuk bahkan kadang sampai muntah. Bukan karena kebecian saya kepada orang yang merokok sehingga saya menulis artikel tentang atasi kecanduang rokok ini tetapi ini merupakan sebuah kepedulian kepada orang-orang di sekitar perokok. 

Karena sesungguhnnya 70% persen resiko terserang penyakit akkibat asap rokok adalah perokok pasif bukan perokok aktif. Maksud dari perokok pasif adalah orang-orang yang yang menghirup asap rokok dari orang yang merokok.

Kata orang yang kecanduan rokok, rokok adalah kenikmatan tersendiri tetapi cobalah tanya ke hati kecilnya meskipun nikmat tetapi mereka sadar betul dengan kerugian yang akan di dapat untuk kesehatan, orang-orang terdekatnya dan juga lingkungannya. Jika iya dan mereka mau berhenti merokok kamu bisa bagikan tips atasi kecanduan rokok dengan cepat. 

Untuk kamu yang perokok ikuti tips di bawah ini dan buktikan dengan waktu cepat kamu akan rasakan perubahannya. Apa saja seh tipnya?


Umumkan pada orang kalau kamu akan berhenti merokok

via capitalbenefitservices.com
Jika kamu sudah putuskan untuk berhenti merokok tidak apa-apa donnk jika semua orang tahu, maka dari itu saat kamu megambil keputusan berhenti merokok umumkan kepada semua orang kalau kamu sudah berhenti merokok. Ini bukan sekedar kata-kata pamer atau apa tetapi dengan mengumumkan kepada orang lain maka ini akan menjadi harga diri kamu dan sebuah kata yang akan mengunci diri kamu. 

Kenapa? Karena ketika kamu yang mengumumkan maka kamu tidak mungkin bisa merokok lagi karena jika kamu merokok lagi dan itu terlihat orang maka kamu akan dicap orang yang plin plan dan pembohong. Tidak mau kan seperti itu? Malu donk. Jadi cara ini adalah hal yang sangat bagus sehingga mau tidak mau kamu aka berhenti merokok jika tidak ingin dicap sebagai orang yang pebohong, bermulut besar atau pembual.

Harga diri adalalah bagian yang sangat penting bagi seorang manusia. Ada orang yang ukan pemarah bisa naik pitam kemarahannya hanya karena merasa harga dirinya terinjak-injak. Maka disini saya tantang seberapa hebat kamu menjaga harga dirimu? 
Kata-kata yang sudah diucap tidak mungkin ditarik lagi bukan? 


Buang rokok kamu sekarang

via www.justkickitnow.com
Jika kamu sudah tekad untuk berhenti tidak apa-apa  donk jika kamu membuang rokok kamu sekarang juga. Tak usah pikir bnyak lagi buang ya buang, kenapa? Karena jika kamu masih menyimpan maka godaan untuk merokok akan selalu ada. Ntah dalam keadaan sadar atau tidak kamu pasti akan merokok lagi. 

Berhenti merokok seperti memberhentikan semua kebiasaan. Sebuah kebisaan sudah tertanam di dalam otak bawah sadar kamu sehingga dalam keadaan tidak sadar pun kamu akan bisa melakukannya. Jadi buang rokok mu sekarang juga dan tidak usah memikirkan lagi tentang rokok. Semakin dipikirkan maka akan semakin sulit untuk jauh dari rokok. 
Dengan membuang rokok kamu maka kammu tidak akan mempunyai alasan untuk merokok lagi. Karena tidak mungkin kamu akan membeli lagi. 


Sibuklah dengan aktifitas yang positif dan menyenangkan

via www.discovernorthernireland.com
Apa sih yang menyebabkan kamu merokok? Perasaaan kesepian kan? Minder atau tidak tahu mau ngapain? Jika ya sibuklah degan aktifitas yang positif dan menyenangkan. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu ikuti. Ikutlah team futsal, bermain bola kampung atau ikuti semua kegiatan yang ada di kampus. 

Kalau tidak ada juga ciptakan kesibukan sendiri, jika kamu senang musik lakukan hobbi kamu di sela-sela waktu kamu, yang penting kamu senang. Banyak dampak positif yang kamu dapat jika kamu bersosial. Kamu tidak akan merasa kesepian dan banyak sekali cerita yang akan kamu dapat. Lakukan aktifitas yang mendorong rasa percaya diri kamu, berinteraksi dengan orang lain. 

Jika kamu bertemu atau mengobrol dengan orang yang lebih pintar maka timbalah ilmu dari nya, sebaliknya jika kamu bertemu dengan orang yang belum tahu apa-apa atas apa yang kamu sudah ketahui maka ajari mereka. Rasa ini akan menumbuhkan kepedulian dan indahnya berbagi dan yang pasti beransur-ansur akan menghilangkan rasa minder kamu. Karena masih banyak orang yang di bawah kamu. Jika kamu sudah merasa begitu maka kamu akan disibukan dengan hal-hal yang positif sehingga rokok sudah tidak ada di pikiran kamu lagi.


Makan makanan yang sehat



Makanlah makanan yang sehat, jika tubuh kamu sehat maka kamu tidak perlu hal yang lain lagi untuk membuat kamu nyaman. Makanan yang sehat juga akan mempercepat pemulihan dari kerusakan akibat merokok. Ketika kamu sehat maka kamu akan merasa bahagia juga. 

Intinya ada banyak sekali manfaat dari makanan yang menyehatkan. Jangan rusak kesehatan yang miliki dengan merokok, jika itu terjadi ketika kamu sudah tua dan sakit-sakitkan maka kamu akan merasakan penyesalan yang menyakitkan. Ingatlah penyesalan itu selalu datang belakangan. 


Bawa selalu permen mint

via www.exportface.com
Waktu apa saja ketika kamu merokok? Ketidak sedang semalaman mengerjakan deadline? Setelah makan? Atau waktu kamu sedang termenung menunggu seseorang? Nah untuk mengatasi keinginan merokok, bawalah selalu permen mint. Permen mint akan membantu kamu untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dimulut yang biasanya kamu akan merokok jika sudah merasa tidak nyaman. 

Akhir-akhir ini ada juga dokter yang menyarankan kepada perokok untuk mengunyah permen karet untuk mengurangi efek berbahaya dari rokok. Mengunyaj permen karet dipercay dapt mengekang keinginan seseorang untuk tidak merokok.


Cukup tidur

via valleysleepcenter.com
Setelah seharian capek beraktifitas maka segeralah mandi terus tidur. Tidur akan membantu kamu menghilangkan stres. Kebanyak orang akan merokok ketika dirinya merasa stres dan gelisah. Nah untuk meenghilang rasa itu maka lakukanlah tidur yang cukup sehingga kamu akan terhindar dari stres akibat kesibukan atau masalah yang hadapi seharian ini. Tidur cukup juga akan membuat pikiran kamu lebih segar dan jernih sehingga kamu bisa menyeleaikan masalah kamu dengan baik. 

Saat tidur juga waktu untuk tubuh kamu beregenerasi, maksudnya saat tidur adalah waktu untuk tubuh kamu mengganti sel-sel yang rusak dan menormalkan lagi fungsi tubuh agar bisa berfungsi dengan baik lagi itulah sebabkan kamu akan merasa lebih segar ketika kamu bangun tidur.


Atur target

via hirobuilt.com
Kapan kamu akan berhenti merokok? Hanya kamu yang tahu. Aturlah target kapan kamu berhenti merokok. Cara ini mungkin akan terasa sangat berat karena kamu akan merasa dipaka untu melakukan sesuatu yang tidak kamu suka. Namun saya yakin kamu pasti bisa. Jika gagal jangan berhenti berusaha, suatu saat kamu pasti akan bosan akan kegagalan itu sendiri. Dan dari alam hati kamu, kamu akan melakukan dengan senang hati. 


Minum banyak air putih

via www.dreamstime.com
Air putih mempunyai sifat mengencerkan sehingga dengan mengkonsumsi air putih yang banyak itu akan membuat racun rokok dalam tubuh kamu akan cepat hilang melalui metabolisme tubuh. Selain itu mengkonsumsi air juga bisa membantu kamu untuk berhenti merokok karena tidak akan nikmat rasanya jika merokok dengan ditemani air putih. Jadi perbanyak minum air putih, selain bagus untuk kesehatan tubuh kamu air putih juga akan sangat membantu kamu untuk berhenti dari kebiasaan buruk merokok yang bisa merusak kesehatan tubuh.


Berkegiatan setelah makan

Setelah makn biasanya akan terasa kurang jika tidak merokok. Jika kamu termasuk penganut kepercayaan itu maka sibukkan diri setelah makan, misalkan sarapanlah dulu sebelum mandi. Jadi setelah makan kamu akan mandi. Lakukan kegiatan apa saja yang penting tidak merokok. Bisa juga kamu jalan-jalan mengamati keadaan sekitar berbincang-bincang sekilas dengan orang yang kamu kenal juga merupakan hal yang bisa membuat kamu lupa akan rokok.


Berpikir positif

via kesehatan.kompasiana.com
Waktu kamu pertama kali berhenti merokok pasti akan merasa gelisah, stres, dan emosi yang berlebihan. Itu ada reaksi dari sebuah candu yang akan menstimulasi otak untuk melakukannya lagi dan lagi jika tidak maka perasaan seperti itu yang akan terjadi. Cara untuk mengatasinya adalah selalu berpikir positif, tanam kan kuat-kuat di dala hati dan pikiran kalau “aku ingin sehat, aku ingin hidup menjadi lebih baik”. 

Hindari kata-kata negatif seperi “hindari, jangan” karena itu kakan diproses otak dengan penolakan dan akhirny kamu akan semakin tektekan dan tersiksa. Seolah-olah segalanya akan berakhir padahal semua itu hanya ada pada pikiran kamu saja.


Beri hadiah kepada diri sendiri

Seperti ketika kamu juara kelas maka kamu akan mendapat hadiah ntah dari ayahmu atau dari guru kamu. Berilah hadiah pada dirimu sendiri ketika kamu bisa mencapai prestasi untuk berhenti merokok. Belilah barang yang agak mahal atau liburan kemana saja yang kamu sangat impikan. 

Yang penting itu setimpal dengan kerja keras kamu. Ketika kamu berhenti merokok maka kamu akan punya tabungan yang cukup banyak yang bisa kamu hemat daripada ketika kamu merokok. Katakanlah rokok per bungkus Rp10.000 maka setelah 30 hari kamu akan punya uang Rp300.000 untuk kamu bisa belikan barang yang kamu inginkan atau jalan-jalan kemana yang kamu inginkan. Dan selanjutnya maka tabungan kamu juga akan semakin tebal. 


Konsultasi dokter

via www.thehealthsite.com
Jika kamu adalah pecandu rokok yang tingkat akut sehingga tidak bisa disembuhkan dengan cara biasa maka kamu perlu untuk konsultasi ke dokter.

Sehingga dokter bisa memberimu resep atau saran agar kamu bisa berhenti merokok seperti memberikan obat atau suntikan yang akan memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin. 

Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Pil itu juga dapat membuat orang yang merokok kurang puas jika mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Meski hal yang tidak udah dan mungkin terasa menyakitkan ketika kamu berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat kamu merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk "merokok satu batang saja" akan sering muncul pada diri kamu. Mintalah permen pengganti nikotin. Studi menunjukkan permen karet nikotin, "lozenges", dan "patches" dapat membantu melipatgandakan peluang kamu untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. 

Kamu sudah membaca langkah apa saja yang harus kamu lakukan agar kamu bisa berhenti rokok, namun cara-cara di atas akan lebih sempurna jika didukung oleh makanan-makanan yang bisa membantu kamu berhenti merokok. Apa saje sih makanannya?


Oat

Salah satu makanan yang bisa membantu kamu berhenti merokok ada Oat. Oat  sudah dikenal mampu mengurangi ketagihan nikotin. Gabungkan oat ke dalam menu makanan kamu. Untuk efek maksium, ambil satu sendok makan ground oat (bukan oatmeal) lalu tambahkan pada 2 mangkuk air rebus dan diamkan selama satu malam. 

Pada pagi harinya, minum sebagian dari campuran tersebut beberapa jam setelah makan. Jangan mengkonsumsinya setelah jam 8 malam. Ini adalah salah satu ramuan paling efektif untuk berhenti merokok. Ada bukti ilmiah dari sistem pengobatan India yang berlangsung selama bertahun-tahun, denga mengonsumsi oat bran dan oatmeal akan memerangi ketergantungan terhadap opium. 

Oleh orang Jepang, penemuan ini diperkuat lagi oleh penelitian lain,para peneliti menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu tambahan ekstrak herbal oat setiap hari, mengurangi jumlah rokok yang mereka hisap dalam satu hari sebanyak hampir 50 persen.


Jeruk

Jeruk adalah buah yang menyegarkan dan yanng pasti semua orang tahu kalau jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Mulailah kebiasaan untuk makan sebutir jeruk setiap kali rasa ketagihan menyerang kamu. Bisa memakan jeruk ketika rasa ingin merokok muncul adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menangkal dorongan untuk merokok. 

Ketagihan nicotin biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 5 menit. Entah dimakan dalam keadaan mentah atau dalam bentuk jus, jeruk memegang suatu peranan penting dalam proses penghentian kebiasaan merokok. Aromanya yang menyegarkan bisa mengalihkan pikiran kamu dari keinginan untuk merokok. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, jeruk juga bertindak sebagai suatu pembersih. Ada bukti ilmiah mengenai hal ini. 

Sekelompok peneliti di Inggris melakukan percobaan dengan para perokok dan jeruk. Hasilnya sungguh mengejutkan. Setelah 21 hari, para perokok yang mengkonsumsi jeruk jumlah rokok yang mereka hisap menurun sebanyak 79 persen, dan 20 persen dari mereka benar-benar berhenti merokok. 

Pernyataan orang yang pernah kecanduan rokok menyebutkan bahwa dengan meminum suatu campuran dari jus jeruk dan cream tartat (satu setengah sendok teh) bisa segera menghilangkan nicotin dari dalam tubuh, sehingga menghilangkan keinginan untuk merokok. Disarankan saat terbaik untuk meminum campuran ini adalah ketika hendak tidur. 


Tomat

Buah yanng berwarna merah menyegarkan ketika matang ini juga dapat membantu mengurangi daya tarik rokok. Menggunakan jus tomat juga memberikan kamu efek yang sama seperti merokok, tapi tanpa unsur-unsur yang berbahaya. Karena aromanya mungkin ada fakta yang menunjukkan bahwa tanaman tomat dan tembakau itu berasal dari keluarga yang sama (solanaceae, yang umumnya dikenal sebagai keluarga nightshade). 

Tomat juga suatu sumber yang sangat bagus untuk lycopenes. Lycopenes itu adalah gizi-gizi di dalam keluarga carotenoid yang konon bisa mencegah kanker paru-paru. Perlindungan terhadap kanker yang diberikan lycopenes adalah karena sifat-sifat antioxidant yang dimilikinya. Jadi tomat bisa membuatmu memulihkan tubuh lebih cepat yang telah rusak akibat merokok.


Seledri 

Seledri, sayuran yang berwar hijau seperti rumput itu bisa memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel yang perlu diingat, makan banyak sayuran manis tidak terlalu baik karena jumlah glukosa yang berlebihan akan mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab terkait kesenangan dan kepuasan.


Mentimun

Mentimun adalah buah yang bisanya dijadikan lalapan, nah setiap perokok akan sangat tergantung kepada rokok setiap kali selesai makan nasi. Untuk menghindari rasa ketergantungan tersebut, kamu bisa memakan buah timun setelah selesai makan. 

Dengan memakan timun, mulut terasa bersih dari sisa-sisa makanan yang berlemak, pedas, dan asin. Buah Mentimun yang kita makan akan membersihkan daerah sekitar mulut kita dari rasa yang sebelumnya kita nikmati. Dan biasanya, setelah rasa tawar di mulut maka keinginan untuk merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang.


Garam

Mungkin ini adalah hal yang aneh tetai setiap kali kamu berkeinginan untuk merokok, cobalah makan sesuatu yang asin atau menjilat sedikit garam dengan ujung lidah. Ini dapat membunuh dorongan kamu untuk merokok.


Ginseng

Konsumsi ginseng telah terbukti untuk mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopamin neurotransmitter. Tetapi sebaiknya tidak digunakan sehari-hari. Konsumsilah gingsen 3-4 kali sja dalam sebulan atau 1 kali dalam 1 minggu.


Terong

Tidak banyak yang tahu jika terong jiga bisa membantu kamu menghilang kan kebiasaan merokok. Terong meninggalkan rasa pahit jika dimakan sebelum merokok. Beberapa ahli menyatakan bahwa makan banyak sayuran ini dapat mengurangi intensitas ketergantungan nikotin. 


Beberapa tips dan makanan pendukung di atas semoga bisa dijadikan referensi untuk kamu yang benar-benar ingin berhenti merokok. Ingatlah semua kembali pada dirimu sendiri, jik semua cara sudah kamu coba tetapi gagal maka masalah ada pada dirimu sendiri. Jadi sebaiknya bulatkan tekad sebelum memutuskan untuk  berhenti merokok. Selamat mencoba!

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni