Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tenggorokan Kamu sakit? Meskipun rasa sakit ini seringkali mengindikasikan adanya penyakit lain seperti flu, demam, radang amandel, atau pembengkakan kelenjar, Kamu tidak harus langsung mengonsumsi obat-obatan. 

Sakit Tenggorokan via info-bogor.com

Sakit tenggorokan atau yang akrab disebut dengan radang tenggorokan ini biasanya menghampiri pada saat musim kemarau atau pancaroba. Biasanya radang tenggorokan ini juga ditemani juga oleh batuk dan juga flu. Memang tidak mengenakkan jika sedang mengalami radang tenggorokan ini. 

Radang teggorokan ini bisa disebabkan daya tahan tubuh yang rendah terhadap flu, infeksi oleh bakteri atau virus, iritasi pada tenggorokan, dampak dari batuk kronis, berbicara dengan ngotot dalam waktu yang lama dan lain-lain. Namun, biasanya radang tenggorokan ini bisebabkan oleh bakteri Streptococcus.

Salah satu penyebab dari sakit tenggorokan adalah munculnya peradangan di daerah tenggorokan. Orang-orang menyebutnya sebagai radang tenggorokan. Tempatnya berada di pangkal tenggorokan.

Biasanya jika disorot menggunakan baterai akan terlihat peradangan dan warna kemerahan dan ditandai dengan rasa gatal dan sakit ketika menelan makanan.
Radang tenggorokan sendiri dikarenakan daya tubuh kurang baik jadi gampang sekali terkena infeksi.Perubahan cuaca sedikit saja mampu membuatmu terkena radang tenggorokan. 

Radang tenggorokan sebenarnya merupakan sakit yang tidak terlalu parah jika Kamu cepat dan tanggap untuk mengobati, namun jika tidak segera tanggap bisa jadi penyakit yang sangat parah. Kamu bisa mempercepat penyembuhan dengan beberapa bahan pengobatan alami seperti kunyit, lemon atau minyak kelapa.

Untuk selanjutnya, Kamu perlu tahu cara megatasi sakit tenggorokan. Dalam tulisan ini akan dibahas cara mengatasi sakit tenggorokan khususnya dengan cara dan bahan alami. Dengan pengobatan bahan alami dijamin aman dan relatif tanpa efek samping. 


Penyebabnya

Sebelum kita bahas caranya sebaiknya kamu tahu apa sih penyebab sakit tenggorokan itu? Sakit tenggorokan itu disebabkan oleh berbagai faktor seperti terkena flu, terkena infeksi oleh bakteri atau virus, iritasi pada membran mucus tenggorokan, akibat batuk kronis, akibat bicara dalam jangka waktu yang lama dan lain-lain.

Jangan biarkan rasa sakit berlarut-larut. Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh virus dan bakteri yang mungkin masuk ke dalam saluran tenggorokan kita. Untuk mengobati sakit tenggorokan sendiri sebenarya Kamu hanya perlu memanfaatkan cara-cara atau obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Jadi, tanpa obat dari dokterpun kamu bisa meringankan sakit akibat sakit tenggorokan.

Jika tenggorokan terasa kering, bengkak dan sakit saat menelan, mungkin kamu sedang mengalami radang tenggorokan. Lantas bagaimana kamu dapat mengenali jika itu radang tenggorokan, berikut ciri-ciri jika kita terserang radang tenggorokan:

- Sakit kepala
- Badan terasa lelah dan lemas
- Bintik-bintik merah diwajah
- Kesulitan dan rasa sakit saat menelan
- Tenggorokan terasa sakit
- Amandel membengkak
- Tubuh menjadi demam tinggi
- Sering batuk karena tenggorokan gatal
- Perut terasa cukup sakit, bahkan kadang juga disertai dengan muntah

Sakit tenggorokan biasanya akan sembuh dengan sendiri, meski pada beberapa kasus ada yang berkembang menjadi serius. Namun, kamu tidak perlu cemas. Berikut beberapa pengobatan yang dapat kamu coba:

Berkumur dengan kunyit dan air garam

Kunyit via cybex.deptan.go.id
Caranya yaitu campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Selain itu, Banyak orang tua menyarankan anaknya untuk mengunyah kunyit ketika terserang penyakit radang tenggorokan. 

Hal ini bukan tanpa alasan, karena ternyata kunyit memang mampu menyembuhkan sakit tenggorokan. Cara yang lebih efektif, larutkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam 1 cangkir air panas, tambahkan garam secukupnya aduk rata. Minum larutan tersebut.


Berkumur dengan air garam

Air Garam via agungse9.blogspot.com
Meskipun terdengar kuno, namun berkumur dengan air garam akan lebih efektif dan lebih cepat dalam melegakan sakit tenggorokan. Selain sebagai antiseptik, garam memiliki sifat dalam membersihkan lender pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit.

Selain itu, berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Kenapa? Karena garam dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan. 

Cara menggunakannya yaitu tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.


Minum jus lemon tanpa gula

Minum jus lemon via drmeelainling.com
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Hindari penambahan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Cara ini diyakini bisa meredakan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Cairan ini juga akan membersihkan lambung dan menenangkan usus. Lemon kaya vitamin C dan mineral-mineral lainnya yang bersifat alkali. 

Jangan cemas dengan rasa asamnya. Berlawanan dengan keyakinan umum, lemon tidak meningkatkan kadar asam, bahkan menyembuhkan kadar asam berlebih.


Saat mencapai lambung, efek alkalinya akan meredakan asam berlebih. Lemon ini akan lebih berkhasiat jika dikonsumsi saat lambung dalam keadan kosong. Hindari minum lemon setelah makan karena justru bisa meningkatkan asam lambung.


Oleskan minyak kelapa

Minyak Kelapa via radaronline.co.id
Minyak kelapa merupakan antimikroba alami. Minyak ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh. Hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa kemudian pijatkan ke tubuh sekali atau dua kali sehari. Selain itu, bisa juga digunakan saat memasak. Minyak kelapa merupakan sumber energi bagi tubuh.


Hindari gula dan semua makanan olahan

Hindari gula via pixabay.com
Gula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Karena itu, ada baiknya dihindari. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan juga mempunyai dampak yang sama. Jadi, ada baiknya menghindari keduanya.


Percepat pemulihan dengan lemon dan jus sayur

Cobalah jus sayur via juicedispenser.wordpress.com


Tubuh menghabiskan cukup banyak energi untuk mencerna makanan. Karena itu, ada baiknya Kamu menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, jus sayuran atau lemon tanpa gula.


Dengan begitu tubuh bisa menyimpan energi lebih banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit. Tipe diet puasa seperti ini akan mempercepat pemulihan.


Minum madu

Konsumsi madu via pixabay.com
Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, meski sampai saat para ahli belum sepenuhnya memahami cara kerja dari makanan ini. Namun yang pasti, madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. 

Cara penggunaannya yaitu campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air panas.


Teh hijau

Green tea via pixabay.com
Sebuah riset menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan ekstrak teh hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormon interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang lebih baik, Kamu dapat menambahkan madu ke dalam secangkir teh hijau.


Cuka sari apel

Cuka sari apel via kerajinanhomeindustry.blogspot.com
Meski tidak bisa menemukan bukti ilmiah tentang cara kerjanya, tetapi banyak orang mempercayai khasiatnya. Cara menggunakan yaitu campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air hangat, kemudian dikumur dan telan.


Pertimbangkan mengonsumsi vitamin D

Susu madu via www.foodspotting.com
Sebuah riset pada 2007 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen Vitamin D setiap hari, tiga peluangnya lebih kecil mengalami gejala pilek dan flu. Dengan kata lain, jika Kamu mengonsumsi vitamin ini, maka daya tahan tubuh akan membaik dan gejala sakit tenggorokan berkurang.

Perlu diingat, semua cara di atas sebaiknya dilakukan sebelum sakit tengorokan Kamu parah. Bila sakit tak kunjung membaik dalam tiga hari, saatnya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Minumlah segelas susu hangat yang dicampur satu sendok madu itu dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan kamu.


Ramuan air hangat herbal

Jahe ramuan kerbal via www.jamuborobudur.com
Teh, lemon, jahe, kayu manis, madu, jeruk nipis, adalah bahan-bahan yang bisa kamu tambahkan untuk membuat ramuan air herbal. Minum selagi masih hangat sehingga memberikan rasa yang nyaman di tenggorokan. Dan apabila dikonsumsi setiap hari, maka perlahan sakit tenggorokan tersebut bisa segera teratasi.


Makanan halus

Konsumsi bubur via intaidapur.blogspot.com
Haluskan makanan yang akan dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan. Dan selama itu, kurangi makan makanan yang berbumbu serta menu makanan yang pedas-pedas untuk mengurangi peradangan.


Steaming
Ambil seember air panas, kemudian tambahkan tetesan minyak kayu putih di sana. Kemudian dekatkan hidung di ember tersebut, dan vacuum dengan handuk sehingga uap bisa terhirup. Cara ini akan membantu melegakan pernafasan dan tenggorokan, serta membuat dahak yang menempel di tenggorokan bisa keluar.


Perbanyak konsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah dan sayur


Jangan salah kira loh ternyata cabai itu kaya akan vitamin C. Bukan bijinya loh namun kulitnya. Cara mengetahui sayuran dan buah yang mengandung vitamin C itu biasanya yang berwarna orange.


Hindari asap dan debu

Asap via nasional.news.viva.co.id
Karena dapat mengiritasi tenggorokan kamu lebih lanjut. Jauhi rokok atau lingkungan yang penuh asap rokok. Peringatan juga nih bagi yang merokok, jangan sembarang merokok yaa.. Kan kasihan yang sedang flu. 


Bicara atau menyanyi seperlunya saja

Bicara seperlunya via christians.deviantart.com

Berikan tenggorokan amu istirahat. Tindakan tersebut membantu kamu untuk pulih lebih cepat. Mungkin pernyataan diam itu emas lebih pantas. Itung-itung puasa berbicara yaa... Hihihi


Pertimbangkan untuk mengonsumsi permen atau obat pelega tenggorokan

Permen mint via pixabay.com
Terkadang makanan tersebut bisa membantu meringankan sakit tenggorokan Kamu. Namun juga bisa memperparah karena zat Sakarin yang tergandung dalam permen. Pilih saja permen dengan rasa Pepermint yang no sugar. Selain dapat melegakan tenggorakan juga bisa melegakan hidung yang mampet.

Jika sakit tenggorokan kronis, kurangi hal-hal yang menyebabkan iritasi seperti penggunaan pelembab udara dekat tempat tidur.

Bagi yang terbiasa tidur dengan menggunakan AC, sebaiknya kurangin dulu... ini juga demi kesehatanmu kok. Masak gak sayang sama badan sendiri. Usahakan badan tetap dalam keadaan hangat.


Cengkeh

Cengkeh via life.viva.co.id

Hayo siapa yang tidak tahu cengkeh? Kalau gak tahu Googling dong. Hehehe...Mengunyah cengkeh dapat mencegah iritasi pada tenggorokan. Meski awalnya terasa panas, namun panas tersebut hanya sebentar dan tenggorokan Kamu akan terasa lebih baik.


Konsumsi sup


Daripada memakan goreng-gorengan, beralihlah memakan sup saat berbuka atau sahur. Misalnya sup ayam yang memiliki banyak nutrisi baik untuk membantu melawan infeksi yang terjadi di tenggorokan.

"Sodium yang terdapat pada garam dan kaldu memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan," kata seorang pakar nutrisi di Amerika Serikat, John A. McDougall, MD.

Kurangi goreng-gorengan dan perbanyak minum air

Kurangi gorengan via www.sunpride.co.id

Gorengan adalah musuh utama saat sakit tenggorokan, sebaiknya kurangi atau berhenti makan makanan yang digoreng meskipun tidak dapat Kamu tahan. Sebaliknya, perbanyaklah minum air terutama air hangat saat buka, sahur dan malam hari.

"Tentunya air adalah pengganti cairan tubuh yang paling tepat serta dapat mengurangi iritasi berlebih pada tenggorokan," ungkap Linder.


Minum obat batuk

Minum obat batuk via life.viva.co.id
"Walaupun tidak batuk, obat batuk kering dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan. Cara ini juga ampuh untuk mencegah sakit batuk yang dapat terjadi karena tenggorokan yang kering," kata Linder.

Jika obat batuk itu diminum saat sahur, sebaiknya minum yang memiliki formula tanpa rasa kantuk agar aktivitas tidak terganggu. Tetapi jika diminum setelah berbuka, konsumsi yang dapat menyebabkan kantuk akan sangat membantu untuk tidur.


Perbanyaklah minum air putih

Minum air via rizkysatya11ips4.blogspot.com

Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh merupakan suatu hal yang penting, apalagi jika saat ini Kamu sedang mengalami sakti tenggorokan atau radang. 

Terpenuhinya jumlah cairan dalam tubuh akan menjaga membrane mucus tetap lembab sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat, begitupula kemampuan tubuh dalam melawan ancaman gejala flu lainnya. 

Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan Kamu dengan baik. Namun, jika bosan dengan air putih, sesekali bisa menyelanginya dengan teh hangat atau air jahe.

Supaya lebih manjur bacakan doa atau kata-kata positif terhadap air supaya molekul air menjadi cantik dan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.


Minum obat anti inflamasi

Cara paling efektif dalam mengatasi sakit atau radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi obat anti-inflamasi non-steroid, seperti tablet yang mengandung Ibuprofen. Tablet dengan kandungan Ibuprofen akan dengan mudah Kamu jumpai di apotek dan toko obat. 

Bukan saja dapat mengatasi radang, obat ini akan mampu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan.

Istirahat yang cukup

cukup istirahat via www.signaturemd.com
Istirahat merupakan solusi paling bijak untuk mengatasi segala keluhan dalam tubuh termasuk ketika sakit tenggorokan. Munculnya keluhan pada tubuh bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. 

Istirahat terbukti dapat menurunkan rasa sakit pada tenggorokan, sebab pada umumnya pemicu sakit tenggorokan dipicu oleh virus influenza yang dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.


Konsumsi antibiotik

Pada umumnya, penyebab sakit tenggorokan dipicu akibat bakteri, biasanya bakteri yang menjadi sumber penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogeneis. Dengan demikian solusinya tak lain adalah dengan pemberian antibiotic. 

Untuk memastikan penyebab infeksi, ada baiknya mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh dokter. Jika pada akhirnya Kamu diberikan obat antibiotic maka jangan lupa untuk menghabiskannya.


Mengkonsumsi sup ayam

ciricara.com
Mengatasi sakit tenggorokan berikutnya dengan sup ayam. Sup ayam dikenal sebagai makanan yang bisa meredakan flu dan pilek. Sup ayam berguna untuk mencegah virus masuk kedalam tubuh.

Untuk menambah khasiat sup ayam Kamu bisa tambahkan lobak, wortel, kacang polong, seledri atau sayuran lainnya.

Mengkonsumsi teh hangat



Teh merupakan zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Teh dipercaya secara turun temurun dan secara medis merupakan zat yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh. 

Minumlah teh hangat untuk membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan, supaya khasiatnya lebih ajib, tambahkan madu atau jahe. Madu berfungsi juga sebagai pembunuh bakteri dan jahe sebagai penghangat tenggorokan.


Daun kemangi


Untuk cara menggunakan daun kemangi sebagai obat sakit tenggorokan ini caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus daun kemangi lalu meminumnya, atau boleh juga dengan menggunakan air rebusan tadi sebagai air kumur. Lakukan tips ini sampaia kira-kira sakit tenggorokan Kamu membaik.


Makan pisang

Makan pisang via pixabay.com

Buah yang identik dengan bentuknya yang panjang dan warnanya yang kuning ini mempunyai kandungan vitamin B6, C dan kalium yang cukup tinggi. Yang mana ketiga zat tadi sangat baik untuk penyembuhan sakit tenggorokan Kamu. 

Selain itu pisang juga sangat mudah untuk ditelan oleh tenggorokan karena memang tekstur buahnya sangat lembut.


Tanaman Pecut Kuda

Pecut kuda via lamandel.com
Sediakan 50 g herba Pecut Kuda segar, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, lalu peras dan saring. Selanjutnya, minum air yang terkumpul, lakukan secara rutin 3 kali sehari selama 3-5 hari. 

Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Bandotan

Kembang bandotan via www.deherba.co.id

Kita bisa menggunakan herba Bandotan baik yang segar maupun kering. Cuci 30-60 g daun Bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, peras dan saring. Tambahkan larutan gula batu ke dalam air perasan secukupnya dan aduk sampai rata. 

Minum ramuan dan lakukan 3 kali sehari.

Kembang Turi

Kembang turi via intisari-online.com
Untuk mengatasi radang tenggorokan, ambil segenggam daun Turi merah direbus dengan air bersih secukupnya. Setelah dingin disaring, airnya dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan kumur-kumur sebanyak 4 kali sehari.

Nah, jika tiba-tiba mengalami sakit tenggorokan jangan panik dan jangan resah, segeralah terapkan tips-tips di atas supaya sakit tenggorokan Kamu bisa teratasi. Selamat mencoba. Salam Sehat!

Oleh: Siti Fatimah

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni