Tips Mengelola Gaji Pertama Kamu

Selesai SMA atau kuliah diantara kamu ada nganggur atau ada yang sudah terjun di dunia kerja. Bagi yang sudah bekerja bagaimana rasanya puya gaji pertama? Senang bukan. Namun, pada titik ini sudah saatnya kamu memikirkan masa depanmu sendiri, ntah ingin membeli rumah untuk calon keluarga atau membeli keinginan-keinginan yang belum terwujud.

Mengelola uang via pixabay.com


Lalu bagaimana caranya agar gaji kamu tidak menguap begitu saja? Kerja berapa tahun uang yang kamu dapat selalu habis, tabungan tidak punya apalagi investasi pasti menyedihkan bukan? Nah, tips di bawah ini adalah tips bagaimana mengelola gaji mulai dari gaji pertama kamu:


Bersedekah

Bersedekahlah via www.baitalkamil.org
Gaji pertama jangan dulu mentraktir teman, berfoya-foya atau membeli sesuatu yang tidak kamu butuhkan. Bersedekah adalah cara kita bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan rejeki berupa pekerjaan. Selain bisa membantu sesama dengan bersedekah akan bisa melipatkan gandakan rejeki yang kamu punya melalui doa-doa orang tersebut. 

Berapa banyak harus bersedekah? Cukup 5% dari gaji untuk tahap awal selanjutnya terserah kamu. Inget ya... sebagian dari rezeki kita, ada hak untuk mereka. 

Anggarkan gaji kamu

Anggarkan gaji via www.levo.com 

Saat sudah memiliki pendapatan sendiri, maka kamu harus punya rencana untuk apa uang yang didapat selama ini? Sudah tahu susahnya cari uang, bukan? Maka dari itu cara berpikir kamu harus beda ketika hanya menghabiskan uang orang tua. Kalau dulu hanya berpikir untuk kesenangan sekarang harus berpikir untuk masa depanmu. 

Buatlah anggaran kebutuhan bulanan kamu seperti anggaran untuk transportasi, makan, pulsa dan kebutuhan atas diri kamu. Ingat kebutuhan lho, bukan keinginan.

Jangan sampai anggaran bulanan kamu menghabiskan 70% dari pendapatanmu. Kalau semua habis maka tidak ada untuk anggaran tidak terduga. Misal kamu sakit atau sesuatu yang sangat-sangat mendesak.


Menabung dan mulai berinvestasi

Mulai menabung via femalefundamentals.com
Saat sudah punya gaji, segeralah untuk membuka tabungan atau kalau sudah punya maka teruskan. Selain menabung kamu juga bisa investasi. Ini penting untuk membuat sebuah rencana masa depan, tidakkah ingin menikah, menghajikan orang tua, atau ingin membuat rumah yang besar? Langkah ini harus diputuskan sekarang. Tidak apa-apa melakukan pengorbanan kecil sekarang, tetapi di masa akan datang kamu akan mendapatkan hadiah yang besar. Saran untuk kamu yang mulai berisvestasi, pilihlah investasi dengan resiko kecil atau mungkin tanpa resiko karena saat ini sedang memulai pekerjaan baru. 

Kamu bisa investasi dengan membeli emas karena harga emas terus naik dan nilai barang juga tidak akan berkurang. Namun, jika kamu mau berisvetasi dengan cara lain ya sulahkan.

Berikan orang tua kamu

Saat kamu diterima kerja pasti orang tua kamu akan sangat senang, setelah bertahun-tahun disekolahkan oleh orang tua saatnya sekarang menyenangkan orang tua. Bukan maksud untuk membalas kebaikan karena kamu tidak akan mampu untuk membalasnya, tetapi cukuplah diberi sedikit dari gaji atau memberikan kado kecil sebagai perayaan atas gaji pertama.

Hal kecil yang kamu lakukan pasti akan membuat orang tua senang sebagai expresi dari sebuah kebanggaan karena sudah bekerja sekarang.


Buat buku keuangan pribadi

Buat buku catatan keuangan via www.freeimageslive.co.uk
Dari 4 tips di atas jangan ketinggalan untuk membuat buku keuangan pribadi, dengan memiliki buku keuangan pribadi kamu akan tahu kemana saja uang keluar. Koreksi dan evaluasi untuk pembenahan bulan depan. Jangan keluarkan uang yang keluar dari konteks walaupun sangat susah karena secara spontan kita sering membeli barang yang sangat indah atau unik padahal kamu tidak membutuhkan itu.

Perlu disiplin dan tekad untuk memiliki keuangan yang sehat namun saya yakin kamu akan bisa melakukannya. Setelah semua cukup dan berjalan baik kamu baru bisa mentraktir teman atau melakukan sesuatu yang diinginkan asal masih dalam batas yang wajar kemampuanmu.

Peganglah teguh prinsip “jangan besar pasak daripada tiang” 

Beberapa tips di atas semoga bisa menjadi saran dan arahan bagi kamu yang mulai masuk di dunia kerja, sehingga tidak tersesat pada kebahagiaan semu dengan menghambur-hamburkan uang dengan tidak jelas. Dan pada akhirnya akan menyesal. Jika sudah boros di awal, maka kamu akan susah untuk sembuh. Semoga bermanfaat!

Oleh: Wiwid Waqiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni